Sony Umumkan Sensor Kamera Smartphone Beresolusi 48MP Pertama di Dunia

0
48
Dibaca

Teknioplace.com –  Sony Corp jepang mengumumkan seri terbaru sensor kamera IMX 586 dengan resolusi 48MP atau 4000 x 6000 Pixel yang diklaim tertinggi saat ini bahkan pabrikan lain belum mampu menyaingi Sony dalam hal ini. Sony memang pembuat sensor kamera smartphone terdepan saat ini yang mana lebih dari 50% pendapatan sony berasal dari penjualan sensor kamera smartphone. Tentu kualitas gambar atau foto tidak semua dihasilkan dari Sensor namun banyak yang mempengaruhi karena Pixel yang lebih kecil dapat menghasilkan noise yang cukup mengganggu bila memotret dalam kondisi kurang cahaya.

Seperti sensor IMX 586 buatan sony ini yang mana pixelnya cukup kecil namun Sony berhasil mengatasi dengan teknologi Photo Quad Bayer yang mana membuat tiap pixel dapat menggunakan 4 signal dari 4 pixel lainnya. Dengan penggunaan Quad bayer maka sensifitas cahaya setara dengan resolusi 12MP yang berukuran 1.6 Micron padahal IMX 586 hanya mempunyai ukuran 0.8 micron saja.

Teknologi ini sudah banyak diadopsi oleh Nokia PureView dan Huawei P20 Pro secara software namun dengan penggunaan sensor kamera IMX 586 maka teknologi ini pun akan lebih baik karena langsung ditanamkan secara hardware. kelebihan IMX 586 lainnya adalah mempunyai diagonal 8mm sehingga bila digunakan pada smartphone tidak akan menonjol kecuali vendor menggunakan lensa yang lebih besar. Modul sensor Kamera IMX 586 akan tersedia untuk para vendor mulai 2019 mendatang yang dijual oleh pihak Sony dengan harga Rp 392.000. tentu dengan harga tersebut vendor akan berlomba membuat smartphone beresolusi 48MP pada tahun depan.

Beri Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Masukkan Nama Anda