Cara Mengaktifkan Fitur Saran Rotasi Layar Android P Pada Perangkat Android Lain 5/5 (1)

0
110
Dibaca

Teknoplace.com- Android P mungkin akan diperkenalkan tahun ini tepatnya bulan Mei nanti saat Google Developer diadakan oleh Google untuk tahun ini. Salah satu fitur Android P adalah saran rotasi layar meskipun saat pilihan rotasi otomatis di matikan sehingga tetap dapat bekerja saat saat tertentu.

Saran Rotasi adalah fitur Android P baru ini. Di versi Android sebelumnya, perangkat bisa berada dalam dua status orientasi layar yakni: terkunci ke mode potret atau rotasi otomatis diaktifkan untuk beralih antara mode portrait dan landscape. Dengan Fitur Android P ini , jika Anda menonaktifkan rotasi otomatis, Anda masih akan terkunci ke mode portrait, namun, jika Anda mengarahkan perangkat seolah-olah Anda mencoba beralih ke mode landscape, tombol baru akan muncul di navigasi itu, saat ditekan, mengunci orientasi ke mode landscape .T entu saja anda dapat kembali ke mode portrait dengan melakukan tindakan sebaliknya, atau Anda dapat mematikannya sepenuhnya hanya dengan mengaktifkan mode rotasi otomatis saja. Simak videoi ini untuk lebih jelasnya :


Cara 1

Tentu saja jika anda tidak mau menunggu lama ada aplikasi di Playstore untuk membuat fitur itu , aplikasi itu dinamakan Dynamic Rotation Control yang dapat diunduh di Playstore.

Buka saja aplikasi dan tekan tombol “mulai” di pojok kanan bawah. Ini akan meminta Anda untuk memberinya dua izin: “Gambar di atas aplikasi lain” dan “Pengaturan Sistem.” Keduanya diperlukan sebagaimana dijelaskan oleh dialog, meskipun jika Anda menginstal aplikasi melalui Play Store, izin “Menarik aplikasi lain” adalah otomatis diberikan sehingga Anda hanya perlu memberikan “Pengaturan Sistem” secara manual.

Setelah Anda selesai melakukannya, Anda dapat mengutak-atik sensitivitas, ukuran tombol, dan waktu tayang yang menyesuaikan bagaimana memengaruhi seberapa akurat deteksi orientasi untuk tombol itu muncul, seberapa besar tombolnya, dan berapa lama ‘ Akan tetap berada di layar masing-masing. Inilah yang tampak seperti tombol di layar, by the way (perlu diingat Anda harus menonaktifkan rotasi otomatis atau ini tidak akan muncul):

Cara 2

Di atas adalah screenshot navigasi OnePlus 5  dengan OS OxygenOS 5.1.0 terbaru berbasis Android 8.1 Oreo . Seperti yang Anda lihat, tombol saran rotasi ada berkat aplikasi Custom Navigation Bar. Saat ini, fitur ini hanya tersedia dalam versi beta dari aplikasi Custom Navigation Bar dan juga membutuhkan versi pro untuk membuka kunci. Anda dapat mendaftar untuk versi beta di sini . Setelah Anda selesai melakukannya unduh aplikasi di Playstore melalui Link ini Custom Navigation Bar.

Ikuti proses penyetelan untuk memberinya izin yang diperlukan untuk memodifikasi custom navigasi. Setelah Anda selesai melakukannya, cukup aktifkan opsi “rotasikan saran” di setelan dan Anda siap menggunakannya.

Fitur aplikasi ini masih dalam tahap beta sehingga bisa saja Bug terjadi di beberapa perangkat android. Tim developer tentu akan mengupdate lagi aplikasi ini nantinya.

Beri Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Masukkan Nama Anda