TeknoPlace.Com - Masih terbiasa menggunakan port USB atau kabel USB 2.0 dan 3.0, namun saat ini perangkat perangkat baru sudah dibekali USB type C atau dikenal dengan USB 3.1 tetapi memiliki beberapa kelemahan salah satunya adalah aksesoris yang lebih mahal serta tidak mudah didapat. USB Type 2 cukup lambat untuk transfer sebuah file besar, namun keberadaan USB 3.0 cukup membantu dnegan kecepatan yang lebih, Kurang cepat? Gunakan saja USB C untuk transfer rate yang jauh lebih cepat.


Kurang cepat lagi? USB 3.0 Promoter Group atau konsorsium USB 3.0 yang beranggotakan Apple, HP, Intel, Microsoft, dsb, kembali mengumumkan sebuah teknologi baru dari USB-C yang bernama USB 3.2, dengan port USB 3.2 ini transfer rate mampu menembus kecepatan 20Gbps, bayangkan saja nantinya mengkopi file 20GB hanya beberapa detik saja. Sedangkan USB C atau USB 3.1 hanya mampu mentranfer rate up to 10Gbps saja.
USB 3.2 mendukung multi-lane operation yang memungkinkan mentransfer data dari jalur lain secara bersamaan sehingga memungkinkan penggunaan USB 3.2 Hub. Sebenarnya USB Type C 3.1 mendukung penggunaan USB 3.2 namun harus sedikit menyesuaikan dengan host dan device yang harus diperbarui agar mendukung. Sayangnya Penggunaan USB 3.2 tidak akan dirilis dalam waktu dekat ini namun kabarnya USB 3,2 akan dirilis pada September mendatang atau paling telat akhir tahun 2017. Sepertinya USB 3.2 nantinya akan mulai tren di berbagai gadget paling cepat tahun 2019 karena tentu berkaitan dengan hardware dan regulasi yang ada.

Posting Komentar Blogger

 
Top