TeknoPlace.Com - Tidak heran TPLink menjadi produsen terdepan di Indonesia karena dengan berbagai macam type nya memasarkan produknya di Indonesia, tak hanya type Bisnis, TPLink juga memasarkan untuk pengguna rumahan reguler yang ramah kantong dengan desain kece. Banyak produk yang dihadirkan seperti yang sudah saya ulas sebelumnya yakni WR941HP, dan terbaru adalah WR945N.

TPLink WR945N adalah sebuah router mungil yang juga berfungsi sebagai AP, bentuknya cukup kecil seukuran smartphone 5.5 Inch, bahkan saya sandingkan dengan smartphone 4,7 Inch saja ukurannya tidak terlalu jauh. TPLink WR945N dilengkapi case metal dan cukup ringkas untuk diletakkan diberbagai macam posisi, namun sayangnya TPLink WR945N tidak dilengkapi mounting atau lubang untuk digantungkan didinding, sepertinya router ini hanya cocok untuk diletakkan diatas meja kantor ataupun tempat lainnya yang datar. Dengan case metal maka juga berfungsi sebagai pendingin dikala router diajak bekerja 24 jam non stop tiap hari,  sirkulasi udara tetap terjaga karena alumunium mungkin bekerja layaknya Heat Sink. Spesifikasi lengkap Klik Disini

Paket Penjualan 
  • Router TPLInk WR945N
  • Kabel LAN
  • Adaptor
  • Manual Book

Case Metal menyerap panas hingga 50%




 Port Belakang
Design


Penampakan WR945N 

Port Network 

 Penampakan bagian belakang 

 Perbandingan dengan Smartphone 4.7 Inch

Penampakan Body Case Metal 

 Penampakan Case Belakang Tanpa Mounting Wall

Testing Speed Wireless Dan Jarak Jangkauan

Adu Vs ASL 2655 Berbasis OpenWRT


ASL 2655 Jarak Vs TPLink WR945N Jarak  <1 Meter dan  Jarak 30 Meter

 Wireless Speed <1 Meter  ASL 26555 Vs WR945N

  Wireless Speed 30 Meter  ASL 26555 Vs WR945N

Hasil Testing Speed dan jangkauan WR945N Jarak 40 Meter Cukup memuaskan

Perbandingan Dengan TPLink WR941HP < 1 Meter dan 30 Meter

Menurut Data diatas transfer rate wireless WR945 cukup mengejutkan walapun jangkauan kurang kuat namun dengan adanya Chip Qualcomm yang diusungnya performa rate wifi masih cukup kencang bila dibanding ASL 26555, namun Wifi ASL 26555 hilang pada jarak diatas 25 meter. Pada jarak dibawah 1 Meter WR945N mampu menodorkan transfer rate wifi yang rata rata sekitar 55Mbps sedikit lebih ungul dibanding ASL 26555 namun pada jarak diatas 20 meter WR945 jauh melebihi router ASL 26555.
Secara teknis WR945N dibekali Chip superior Qualcomm yang mampu menyodorkan beberapa perangkat nirkabel dan transmisi data yang lebih cepat dan stabil. Wireless WR945N juga dibekali 3x3 MIMO antenna yang berkekuatan 450 Mbps dengan frekuensi 2.4 Ghz saja sehingga router ini tidak dibekali wifi AC 5Ghz mengingat harganya resmi yang Rp 400.000 saja.


Elegant ditempatkan diatas Meja Kerja

Setup mudah dengan menggunakan TPLink Tether yang dapat di Unduh di Toko Aplikasi

Seperti halnya dengan WR941HP, dengan dukungan aplikasi Android dan iOS maka setup pun cukup mudah, setelah menggunakan SSID dari TPLInk WR945 maka aplikasi akan otomatis mendeteksi dan cukup login maka pengaturan simple dapat dilakukan dengan mudah, seperti mengganti SSID, Password, Mode Setup dan lainnya. Aplikasi dapat diunduh disini untuk pengguna Android, Sedangkan penggunaan dan berbagai menu TP Tether dapat diliat di Review WR941HP di Link Ini

Pengaturan WEBUI TPLink WR945N

Selain dapat diatur melalui aplikasi Android settingan lengkapnya via WEB UI dapat diakses melaui IP 192.168.0.1 dengan megakses SSID perangkat itu sendiri sehingga halaman pengaturan login akan terbuka dengan mengetikkan user dan password : admin.
WR945N mendukung untuk penggunaan dual Wifi atau 2 SSID sehingga nantinya dapat diatur password masing masing contohnya untuk pemakaian pribadi dengan SSID sendiri dan pembatasan jaringan wireless khusus untuk tamu, bandiwith ya pun dapat diatur untuk masing masing tiap SSID dan range IP perangkat yang tersambung. Terdapat 2 mode pada rputer ini yakni sebagai Router dan Access Point, sayangnya mode Repeater harus absen dibanding seri 941HP pendahulunya.

Penampakan pengaturan WEBUI

Quick Setup
Status Overview


System Tools
Basic Security
Bandwith Control Rule List
DDNS


Virtual Servers
Guest Network Setting
Bandwith Control Setting
Guest Wireless Network


Direntang harga Rp 400.000 Router ini cukup memuaskan, bahkan transfer rate wireless nya cukup memuaskan pada jarak diatas 25 meter, Desain yang cukup menawan dibalut case metal sangat terasa dan sangat membantu untuk pendinginan hardware pada router ini. Apalagi diusung dnegan bentuk yang mungil dan tidak lebih dari tablet 7 Inch sangat cocok untuk diletakkan diatas meja kerja atau ruangan sehingga tidak memenuhi tempat.
3 antenna yang masing masing panjang 21cm siap menyuguhkan performa kecepatan hingga 450 Mbps dengan 3x3 MIMO apalagi dilengkapi dengan chip Qualcomm yang tergolong handal untuk koneksi wireless nya.

Kelebihan
  • Desain Mungil dan Sangat elegant
  • Case Metal untuk membantu pendinginan didalam body Router
  • Dual SSID untuk Tamu
  • Jangkauan cukup jauh Up to 30 - 40 Meter dengan speed rate yang rata2 1 Mbps.
  • Triple Antenna 3x3 MIMO
  • Chip Handal Qualcomm
Kekurangan
  • Tidak adanya Slot USB
  • Tidak mempunyai mode Repeater
  • Tidak Adanya Mounting di Dinding

Posting Komentar Blogger

 
Top