TeknoPlace.Com - Setelah Axioo Venge dirilis pada 2 tahun lalu selanjtnya Axio merilis seri Venge 2 yang jaraknya 2 tahun sayangnya rilis seri ini terbilang telat karena pada tahun 2016 vendor Axioo absen untuk seri flagshipnya dan mungkin wajar saja untuk menyiapkan produk yang benar2 matang terlbih dahulu agar booming pada tahun 2017 ini. Langkah ini pun cukup berhasil melahirkan smartphone Axioo Venge 2 berkamera ganda lengkap dengan Fingerprint reader untuk keamanan yang lebih baik.
Bila Axioo Venge dijuluki smartphone pertama buatan lokal dengan RAM 3GB kali ini kami menjuluki smartphone buatan lokal dengan fitur kamera ganda pertama di Indonesia dan mungkin akan diikuti vendor smartphone lokal lainnya seperti Himax yang merilis setelah Venge 2. Axioo Venge 2 menggunakan CPU MT6737T, RAM 2GB yang menurut kami downgrade dari versi sebelumnya, selain itu layar 5.5 Inch FullHD , Fingerprint , serta Kamera Ganda 13MP+2MP dengan sensor Sony IMX135 untuk memberikan efek depth of field dan kamera depan 5MP buatan Galaxy Core GC5005. Axioo mengandalkan dual sim Hybrid berteknologi 4G yang tentu bergantian akan menggunakan dualsim ataupun single sim dan microsd secara bersamaan. Spesifikasi lengkap dapat dilihat di Link AxiooWorld berikut ini.

Design


Tampak Depan 

Tampak Belakang ( Dual Camera n FingerPrint )

 Tampak Kiri ( Volume Dan Power Button )

Tampak Bawah ( Port Micro USB ) , Speaker dan Mic


Tampak Kanan ( Slot Simcard )

Tampak Atas ( Port Audio 3.5 mm )

Berdimensi fisik 51.2mm (L) x 75.7mm (W) x 7.5mm (H) serta dengan berat sekitar 156 gr bukan menjadi halangan terbesar karena Venge 2 cukup ringan mengingat layarnya memiliki ukuran 5.5 Inch serta battery 2700 mAH. bagian depannya memiliki layar 5,5 Inch , earpiece , kamera depan serta led flash untuk selfie.
Sedangkan untuk design belakangnya dihiasi dengan dua kamera utama lengkap dengan dual led flash untuk mendukung pencahayaan, Fingerprint disematkan dibagian belakang seperti kebanyakan smartphone lainnya yang memilih selain di bagian home buttonnya.

User Interface Dan Layar


UI Smartphone Axioo pada OS Android 6.0 masih menggunakan standart AOSP seperti Pure Android pada umumnya, dengan UI ini semua system dan aplikasi yang berjalan tentu akan lebih ringan dan tidak memakan memory yang cukup besar dibandingkan dengan custom UI vendor lain seperti Samsung ataupun Xiaomi.


Venge 2 juga menjadi smartphone Axioo beresolusi FullHD 1080P dengan layar IPS sehingga layar pun cukup tajam dibandingkan seri Venge yang dirilis pada 2015 lalu. Layarnya mampu mengenali sentuhan hingga 5 point.

Fitur FingerPrint




Karena merupakan smartphone Axioo pertama yang menggunakan Fingerprint menurut kami performa Fingerprintnya cukup baik karena mampu membuka ponsel kurang dari 1 detik. Sensor Fingerprint ini mampu menyimpan hingga 5 Sidik jari yang berbeda yang tentu sebelum mengaktifkan fitur Fingerprint harus mengotentifikasi sidik jari untuk direkam terlebih dahulu, dan sebaiknya diberikan backup lockscreen seperti PIN, Pattern atau lainnya untuk mengatasi Fingerprint yang tiba tiba ngadat.
Fingerprint tidak akan bekerja saat ponsel pertama kali dihidupkan dari posisi off sehingga itu peran keamanan pin, pattern atau kode lain digunakan.


Bagusnya lagi Fingerprint dapat digunakan saat ponsel dalam posisi screen off atau layar padam sehingga tinggal menempelkan sidik jari layar pun hidup dan terbuka dan dapat juga digunakan untuk hal lain misalnya screenshoot, Selain itu Fingerprint juga dapat digunakan untuk mengunci aplikasi sehingga harus ijin sang pemilik untuk membuka menggunakan fingerprint terlebih dahulu.

Performa


Memang vendor lokal cukup kesulitan untuk mengintegrasikan chipset atau SOC terbaik besutan vendor Qualcomm karena biaya lisensi yang cukup mahal bila sebuah ponsel itu dijual hanya dalam ruang lingkup nasional saja, dan sebaliknya tentu Qualcomm memberikan harga cukup murah untuk vendor global yang ponselnya dijual di banyak negara diseluruh dunia dan mempunyai potensial penjualan yang banyak dari sebuah vendor tertentu.
Axioo Venge cukup mengandalkan SOC Mediatek MT6737T dilengkapi RAM 2GB, ini berarti RAM nya harus turun dari 2 tahun lalu yang menggunakan 3GB sedangkan pada chipsetnya sedikit  saja mengalami kenaikan dimana MT6737 sudah mendukung VoLTE , VoWifi sehingga tinggal bagaimana vendor memperbarui update softwarenya.


Mempunyai skot antutu sekitar 37939 tentu hasilnya cukup dibawah rata rata ponsel merk lain, skor ini hampir setara dengan SOC Snapdragon seri S615 yang dirilis 1-2 tahun yang lalu. Tetapi MT6737 tentu mempunyai keunggulan koneksi wireless yang lebih lengkap.

Spesifikasi By Software Dan Sensor Sensor


Axioo Venge 2 menggunakan OS Android Marshmallow 6.0 dan sayangnya sensor sensor yang diintegrasikan cukup minim yakni Sensor Gyroscope dan Barometer ( tidak dilengkapi / Titik Merah) tetap absen seperti 2 tahun lalu, padahal update 2 tahun adalah jarak yang cukup lama dan harus memperbarui diri agar tidak ketinggalan dengan vendor lain.

Battery

Battery menjadi momok menakutkan para vendor smartphone karena salah salah bisa meledak seperti kejadian Galaxy Note 7, selain itu saat ini belum ditemukannya battery pada smartphone yang tahan berhari hari seperti pada feature phone. Tentu saat ini wajar karena koneksi internet 4G sangat menguras daya smartphone apalagi jika resolusi display smartphone itu sangat tinggi.
Axioo Venge 2 dibekali layar FullHD 1080P yang meningkat dari 720P pada 2 tahun lalu, sedangkan battery nya berkapasitas 2750 mAH. Menurut test kami Axioo Venge 2 membutuhkan waktu 3 Jam 41 menit untuk mengisi battery dengan penuh dan dengan rata rata arus pengisian sebesar 1A. Sedangkan USB Doctor mencatat total kapasitas battery 2766 mAH. Baiknya perangkat ini dapat melindungi diri saat overcharge dengan kata lain saat charging penuh system otomatis memutus arus listrik secara total. Ini dapat dibuktikan saat USB Doctor hanya menampilkan arus 0.00 A saat pengisian penuh. Tentu ini sangat bagus untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.


Dalam kondisi terkoneksi seharian dengan Wifi, Venge 2 mampu bertahan hingga 13 Jam dengan total display screen on 4 Jam 42 Menit dengan sisa battery 12%, Screen on selama itu menghabiskan daya sekitar 1364 mAH. Cukup wajar untuk battery dengan kapasitas 2750 mAH.

Fitur Lain


Fitur lain dan unik yakni sebuah Screenshoot yang diakses dari menu notification drawer Toogle yang dinamakan SuperScreenshoot, menu ini terdiri dari :
Record : Untuk merekam layar atau Video Shoot biasanya digunakan untuk tutorial berupa video
Scroll   : Screenshoot dengan menggulung layar kebawah sehingga layar dapat diambil sampai bawah
Funny   : Sebuah screenshoot halaman layar dengan menambahkan berupa tulisan tangan atau coretan

Scroll ScreenShoot

GPS

GPS Axioo Venge 2 kurang diandalkan terutama untuk keperluan indoor karena dengan beberapa kali test posisi indoor cukup sulit untuk locked GPS, sedangkan pada posisi outdoor atau diluar ruangan Venge 2 mampu locked GPS sekitar 44 detik dengan jarak error 46 meter, posisi ini cukup jauh mengingat jarak error yang wajar harusnya 3-10 meter saja. Tampaknya software bisa menjadi masalah dalam locked GPS ini. Dibandingkan dengan SOC MT6735 maka lebih baik dalam mengunci GPS baik di dalam ataupun luar ruangan.

Kamera

Kamera pada Axioo Venge menjadi andalah dalam segmen ini karena Axioo menjadi vendor lokal pertama yang menggunakan konfigurasi 2 kamera, Axioo Venge menggunakan kamera 13MP besutan Sony IMX135 sebagai kamera utama ditambah 2MP untuk kamera utama kedua untuk menghasilkan efek bokeh sedangkan kamera depannya menggunakan 5MP dengan sensor Galaxy Core G5005.
Dengan bantuan fungsi 2 kamera maka perangkat ini mampu menghasilkan dengan efek bokeh layaknya DSLR namun tentu saja perangkat smartphone tidak mampu menandingi kemampuan DSLR karena ukuran dan jenis lensa yang sangat terbatas. Banyak vendor global menawarkan 2 macam konfigurasi kamera utama yang berbeda sebut saja Huawei yang bekerja sama dengan LEICA menggunakan 2 kamera dengan konfigurasi RGB dan kamera satunya menggunakan monochrome, iPhone 7 Plus menggunakan konfigurasi lensa normal dan tele, LG menggunakan 2 kamera dengan lensa standart dan lensa wide untuk penggunaan sudut pandang yang lebar.

Resolusi Video, Dan Tampilan Settingan 

SLR Dual Camera Mode Dan settingan lainnya

Contoh Hasil Kamera

Standart

 Zoom 2X


Zoom 4X

 Standart


Zoom 2X

Macro

Macro 2


Macro 3

Macro 4

HDR

Panorama

 Indoor


Ourdoor

 Outdoor


Outdoor

 Dual Camera Efek


 Dual Camera Efek


 Dual Camera Efek


Dual Camera Efek

 Low Light Indoor

 LowLight Tanpa Flash LED

Low Light Dengan Flash LED


Kamera Depan

 Kamera Depan Low Light Tanpa Flash LED

Kamera Depan Low Light Dengan Flash LED
Kelebihan :
  • Dual Camera Dengan harga terjangkau
  • Dual LED Flash Kamera Depan dan Belakang
  • Detail dan warna hasil kamera sangat bagus untuk Foto Macro
  • Layar meningkat dari HD menjadi FullHD 1080P
  • Fingerprint Cepat dibawah 1 detik dan penggunaan bisa di kustom
  • Fingerprint dapat untuk membuka dari posisi screen off
  • Fitur SuperScreenshoot sangat bermanfaat terutama untuk record screen dan Long Screenshoot
Kelemahan :
  • Efek Bokeh Dari Dual kamera Masih kasar / Bokeh hanya sebagian
  • Record Kamera Depan Maximal hanya 480P
  • Untuk seri Flasghip 2017 Spek cukup rendah yang hanya 2/16GB.
  • Tombol Power dan Volume terlalu menonjol sehingga terlihat longgar
  • Tidak ada Pengaturan mode manual untuk Kamera
  • GPS Cukup lemah saat di Indoor
  • Konfigurasi Slot SIM di 2 sisi berbeda dikebanyakan smartphone

Posting Komentar Blogger

 
Top