TeknoPlace.Com - Semakin banyaknya kebutuhan listrik di Indonesia tentu akan menambah kebutuhan komsumsi daya besarnya listrik dan banyak pengguna Internet mempunyai perangkat di rumah yang memakan listrik besar. Banyak aksesoris listrik tradisional yang sekarang ini berkembang sedangkan pada tahun 2017 Internet Of Thing mulai digalakkan dan menjadi tren global yang tentu saja Internet Of Things ini dapat dibuat di berbagai platform seperti  aksesoris listrik.
TPLink mengerti akan hal ini dan pada tahun 2017 ini juga fous mengembangkan produk iOT seperti CCTV pintar dengan kendali internet dan juga stop kontak listrik yang juga dapat dikontrol internet. Platform iOT merupakan platfotm opensource yang dapat dikembangkan oleh siapa saja dan tentu dibuat sendiri dengan berbagai tutorial yang ada namun TPLink mengembangkan perangkat iOT yang siap pakai untuk kebutuhan di rumah. HS100 adalah salah satu produk andalan yang dijual pada Quartal 1 tahun ini yang merupakan stop kontak berbasis iOT dengan kendali Internet yang dapat dikontrol melalui Wifi dan juga Internet kapanpun dan dimanapun. HS100 dapat membaca keseluruhan total energi dan daya yang dikeluarkan melalui perangkat ini. Dengan sebuah aplikasi KASA untuk Android dan iOS semua akan tertampil dilayar bahkan HS 100 ini dapat dihubungkan ke perangkat Amazon Echo yang merupakan Home Assistant dengan kontrol suara. Dengan Amazon Echo TPLink HS100 dapat dihubungkan sehingga stop kontak dapat dikontrol dengan perintah suara. Berikut ini Fitur TPLink HS100.


  • Remote Access – Atur perangkat yang terhubung ke Smart Plug dimanapun ada internet dengan Aplikasi free Kasa di smartphone Anda.
  • Scheduling – Jadwalkan Smart Plug secara otomatis untuk menyalakan atau mematikan perangkat sesuai yang dibutuhkan, seperti mengatur lampu untuk nyala pada sore hari atau mematikannya saat matahari terbit 
  • Away Mode – Menyalakan dan mematikan perangkat pada waktu yang berbeda untuk memberi kesan seolah-olah ada orang dirumah.
  • Amazon Echo Voice Control – Amazon Echo (dijual terpisah) memungkinkan Anda mengontrol perangkat yang terhubung ke Smart Plug hanya menggunakan suara Anda
Spesifikasi lebih detail dapat dilihat dihalaman TPLink Indonesia berikut ini termasuk dukungan softwarenya serta panduan FAQ nya.

Desain




HS100 Dibuat dan didesain dengan bahan material mirip Polycarbonate namun tahan terhadap panas sehingga bahannya pun cukup kokoh dengan model colokan EU. HS100 mampu menampung beban maximal 16A dengan input 100 - 240 V.
Pada bagian colokan listrik terdapat lampu LED Wifi dan Power yang nyalanya tentu tidak bersamaan. Wifi akan tetap stanby berwarna hijau saat konek dengan router namun bila hijau berkedip berarti HS100 masih membutuhkan pairing untuk terkoneksi ke router. Bila suatu lampu ditempatkan pada HS100 maka saat mengontrol On dan Off akan terdengar tombol klik. LED Power akan mati bila lampu dipadamkan melalui aplikasi dan akan hidup saat lampu juga On.





Pada bagian atas HS100 terdapat tombol kecil yang berfungsi untuk reset bila mana settingan pairing pertama gagal dan tombol reset akan berfungsi menghapus settingan sebelumnya. Tekan dan tahan hingga 10 detik untuk melakukan reset HS100.

Cara Syncing ke Jaringan Lokal dan Internet

Agar perangkat HS100 dapat bekerja secara efektif tentu kita harus pairing dengan jaringan yang ada di rumah sehingga perangkat HS100 nantinya akan menempati 1 area jaringan rumah yang mana semua perangkat yang ada dalam 1 jaringan nantinya dapat dikendalikan via smartphone baik melalui lokal wifi ataupun internet. Download Aplikasi KASA buatan TPLink dan login akun apabila belum memiliki akun buat dulu sebelumnya. Untuk lebih detailnya bisa lihat halaman web resmi dibagian support .
Pengguna juga dapat mengontrol perangkat HS100 tanpa login ke aplikasi KASA namun minusnya adalah perangkat HS100 tak dapat dikontrol jarak jauh via internet alhasil hanya dapat digunakan selama dalam area jaringan wifi saja.

1. Colokkan ke listrik perangkatnya maka SSID Wifi HS100 akan muncul dan koneksikan ke SSID tersebut untuk memulai langkah pairing di satu jaringan.


Maka aplikasi KASA akan mendeteksi perangkat HS100 dan siap untuk dipairing ke jaringan wifi. Klik View Device dan ikuri langkah selanjutnya.

2. Selanjutnya akan muncul halaman konfigurasi dan mendeteksi TPLink smartplug, tambahkan kemudian cek led Wifi yang ada pada HS100 dan pastikan Led hijau atau Wifi menyala kedip kemudian HS100 akan menscan wifi yang ada untuk berfungsi sebagai DHCP. Isi password Wifi dengan benar.


3. Proses Pairing ke jaringan dimulai dan bila berhasil akan muncul Great, maka selanjutnya aplikasi akan menuju ke halaman dashboard. Tombol logo Power digunakan untuk mengontrol On Off listrik yang ada pada perangkat HS100. Dashboard ini dapat membaca semua data yang ada seperti berapa lama listrik menyala, jumlah daya yang digunakan serta untuk jadwal dan timer.


4. Aktifkan Remote Untuk Kontrol Via Internet

Mengaktifkan fitur ini akan mengijinkan pengguna HS100 akan mengontrol HS100 via Internet baik dimanapun berada dan kapanpun juga. HS100 menggunakan platform iOT sehingga aplikasi akan mengirim data ke server cloud TPLink kemudian diteruskan ke smartphone via Internet.


5. Fitur Schedule, Away Mode dan Timer

Fitur Schedule akan memberikan jadwal mengatur HS100 sesuai waktu yang diinginkan, pilih jam yang diinginkan dan atur apakah HS100 akan diposisikan On atau Off.
Fitur Away Mode mirip dengan fitur Schedule namun dengan fitur Away HS100 akan diatur lebih detail kapan posisi On dan kapan posisi Off yang diinginkan. Fitur ini sangat berguna bila rumah dalam keadaan kosong maka pemilik HS100 akan dapat mengatur waktu on dan off sesuai keinginan sehingga seolah olah ada orang dirumah meskipun kenyataannya rumah sedang kondisi kosong.
Sedangkan Fitur Timer memberikan waktu mulai kapan On dan Off misalnya mulai 1 Jam dari sekarang ataukan 2 jam dari sekarang.


Dengan adanya perangkat ini pengguna internet tidak lagi membutuhakan mengontrol dengan manual karena dengan adanya fitur remote memungkinkan dapat mengontrol jarak jauh, fitur Away Mode nya pun sangat berguna untuk mengecoh seolah olah kita berada dirumah. Stop Kontak pintar HS100 atau yang dikenal dengan Smart Plug mempunyai kelebihan sendiri dibanding vendor lain karena fitur remote cloud dapat mengakses via Internet.  Perangkat yang dijual dengan harga Rp 449.000 ini juga mambantu untuk membaca data jumlah penggunaan perangkat listrik yang terkoneksi dengan HS100.

Posting Komentar Blogger

 
Top