TeknoPlace.Com - Dalam keseharian CCTV merupakan perangkat yang sangat membantu dalam kehidupan saat ini karena dengan adanya CCTV maka pemerintah pun dapat mengontrol tata kota termasuk kejahatan yang meraja lela, namun dalam bertahun tahun memanfaatkan CCTV baru kali ini Duo remaja asal Indonesia mampu membuat CCTV yang mampu mengenali objek tertentu dan otomatis dapat masuk dalam database.
NodeFLux merupakan startup asal Indonesia yang membuat Program CCTV pintar yang sekarang ini bekerja sama dengan pemerintah untuk mengembangkan sebuah CCTV pintar dan ternyata saat ini dimanfaatkan untuk beberapa halte di TransJakarta. CCTV ini mampu mendeteksi sebuah objek seperti mobil dan motor sehingga jumlahnya dapat diketahui secara otomatis, bahkan CCTV ini sudah dipasang di Transjakarta untuk mengetahui jumlah penumpang didalam Bus. Dengan adanya teknologi tersebut tidak diperlukan lagi seseorang untuk memantau CCTV selama 24jam nonstop karena database akan disimpan secara otomatis karena softwarenya telah diprogram untuk teknologi tersebut.


Nodeflux dibangun sejak tahun 2016 oleh dua orang lulusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB), Meidy Fitranto dan Faris Rahman yang latar belakangnya bukan berasal dari pengembang teknologi. platform tersebut menggunakan algoritme pengolahan data yang dibuat sendiri oleh Nodeflux. Sedangkan untuk membuat platform tersebut bisa mengenali objek seperti manusia dan mobil, mereka pun melatihnya dengan teknologi machine learning. Bila menilik teknologinya CCTV ini mirip dengan teknologi Chip Qualcomm yang sama sama mampu menganalisa nama bendanya satu per satu.
“Hal inilah yang membuat solusi kami menjadi sangat menantang, karena kami menghadirkan solusi di level library, dan harus bisa mendukung perangkat yang banyak (scalable). Kami pun menggunakan banyak sekali bahasa pemrograman, mulai dari C, C++, Python, Java Script, React, NodeJs, hingga Go, untuk berbagai keperluan,” jelas sang CTO, Faris Rahman. Saat ini Nodeflux juga bekerja sama dengan pengembang perumaha untuk memasang seratusan titik CCTV untuk memantau jalan raya dan tingkat kepadatan lalu lintas.
mendapat pendanaan tahap awal (seed funding) dari Adskom, Qlue, serta Prasetia Dwidharma. Baru pada bulan Februari 2017 yang lalu mereka akhirnya mengenalkan produk tersebut kepada para calon konsumen. Kehadiran Nodeflux tentu saja patut di apresiasi dan menunjukkan bahwa Indonesia juga memiliki SDM yang mumpuni untuk bersaing di dunia global. 

Posting Komentar Blogger

 
Top