TeknoPlace.Com - Features phone saat ini masih menjadi tren dikalangan orang tua karena orang tua lebih jarang mengoperasikan smartphone daripada ponsel features phone, lalu apa bedanya features phone dengan smartphone? Feature phone adalah ponsel biasa tanpa menggunakan OS sedangkan smartphone menggunakan OS Pintar seperti Android , iOS dan lainnya. Features juga masih menjadi halangan berkembangnya 4G karena masih banyak pengguna ponsel features phone yang mempunyai koneksi hanya 2G karena frekuensi 2G tidak bisa digeser untuk alokasi jaringan 4G.
Lalu bagaimana solusi nya para Orang tua agar dapat menggunakan ponsel namun dengan koneksi 3G atau bahkan 4G. Satu satunya cara adalah membuat sebuah desain features phone yang lain daripada yang lain contohnya adalah ponsel buatan Anak bangsa ini yakni IQ100 yang merupakan buatan PT TSM Indonesia yang menggunakan OS Android sehingga ponsel akan berubah menjadi features phone ke smartphone namun dengan tetap mengandalkan model features phone. Cara ini tentu dapat menggiring masyarakat Indonesia untuk lebih maju tanpa meninggalkan smartphone sehingga koneksi 2G akan ditinggalkan nantinya.
Ponsel ini sejatinya telah muncul di MWC 2017 lalu di Spanyol dan menjadi satu satunya features phone dengan konsep smartphone. Menurut kabar ponsel ini akan dijual di Indonesia pada Juli mendatang dengan harga sekitar 500.000an saja.

UI Dan Desain


Seperti kebanyakan smartphone lainnya , Ponsel ini juga mirip seperti UI pada Android namun tentu ponsel ini yang hanya menggunakan OS Android Kitkat 4.4.4 tetap apa adanya seperti Smartphone Android Kitkat lainnya. Ponsel ini berbentuk Candy Bar dengan keypad seperti ponsel Nokia atau features phone pada umumnya. Jangan berharap mengoperasikan ponsel ini dengan Touchscreen tentu dengan harga yang murah navigasi hanya bisa menggunakan trackpad atau keypad yang ada dalam body ponsel. Tetapi Keypad ini tidak seperti Blackberry yang menggunakan keyboard QWERTY.




Battery
Dengan body kecil mustahil untuk membenamkan battery yang cukup besar sehingga tentu ponsel ini cukup boros battery bila data internet selalu aktif terlebih lagi bila koneksi 4G diaktifkan. Karena masih dalam prorotype ponsel ini belum dijual bebas dipasaran karena masih dikembangkan baik disisi hardware dan desain software serta bagaiman cara agar hemat daya dengan battery yang kecil. Sehingga dalam tahap awal ponsel ini tidak dibekali Google Service untuk menjaga daya battery yang nantinya akan berakibat syncing di backround terus menerus yang akan menguras battery.
Menurut kabar Pengembangnya saat dijual nanti Google Service mungkin turut akan disertakan dengan hasil software yang lebih optimal baik manajemen battery dan kinerjanya.




Spesifikasi 

Bagaimana disisi Spesifikasi untuk ponsel yang tidak bisa dibilang features phone ini? Seperti apakah jeroan spek ponsel ini apakah anda bisa menebaknya? Ya ponsel ini menggunakan CPU Low End Snapdragon 210 yang diimbangi dengan RAM 512MB saja, tentu speknya tidak dibuat untuk kerja berat karena mempunyai hardware terbatas namun aplikasi messenger seperti Whatsapp, Twitter dll tetap mendukung meski akan kesulitan untuk multitaskingnya.
Disisi storage internalnya ponsel ini dibekali 8GB dengan dukungan slot microSD, karena menggunakan chipset Snapdragon 210 mirip yang digunakan Evercoss Gen X makan kedua slot dualsimnya mendukung koneksi 4G.
Sayangnya disektor Kamera , ponsel ini masih dikembangkan dan setelah selesai pengembangan mungkin akan dirilis kepasaran.

Display
Layar yang hanya sekitar 2.4 Inch tentu tidak nyaman untuk dilihat apalagi nantinya akan ditujukan orangtua yang gaptek. Mungkin lebvih cocok untuk menjadi ponsel cadangan.Belum diketahui berapa resolusi layar yang sebenarnya namun menurut pengembangnya resolusinya hanya QVGA atau dikisaran 320X240 Pixel. 

Bagaimana apakah anda tertarik membeli ponsel ini nantinya?.Mungkin saja desain model ini akan menjadi tren baru ponsel smartphone Android dengan harga yang cukup murah yang tentu saja nantiny akan menggeser era 2G demi mengembangkan era 4.5G atau bahkan 5G.

Posting Komentar Blogger

 
Top