TeknoPlace.Com - Wifi adalah teknologi wireless yang saat ini menjadi Primadona karena saat ini hampir 80% gadget di dunia ini sudah dilengkapi piranti wireless ini dan sekaligus dengan adanya wifi ini pengguna smartphone ataupun perangkat lainnya dapat berselancar didunia maya. Wifi saat ini selalu berkembang yang dulunya berstandart teknologi ABG atau N dan sekarang yang terbaru adalah Wifi dengan standart AC. Di jaman modern ini Wifi N dan AC masih dapat dijumpai saat ini karena dirasa masih memiliki teknologi yang sangat baik karena kedua standart wifi ini mempunyai kecepatan transfer yang cukup tinggi.
Wifi N saat ini dibagi menjadi 2.4Ghz dan 5Ghz dengan transfer rate yang berbeda beda, frekuensi 2.4Ghz mempunyai kecepatan akses 450 Mbps - 600 Mbps dengan jangkauan cukup jauh sementara frekuensi 5Ghz mempunyai speed hingga 1300 Mbps namun dengan jangkauan yang lebih pendek sehingga frekuensi 5Ghz ini sering digunakan untuk kebutuhan streaming multimedia tetapi yang perlu diingat adalah perangkatnya pun harus mendukung wifi 5Ghz juga.
Nah bagaimana bila kita sering membangun Wifi di rumah atau dikantor namun areanya hanya cukup menjangkau 1 lantai saja atau bahkan kita juga akn jengkel bila kita membangun jaringan Wifi namun pada jarak 10-20 meter saja sinyal hilang tentu kita harus pintar menyiasati jika kita seorang teknisi jaringan apakah ingin menggunakan Antenna tambahan ataukan harus menggunakan Wifi Extender, nah kita akan membahas sebuah Wifi Range Extender dimana Wifi akan ditangkap dan dipancarkan kembali sehingga area akses Wifi pun akan bertambah luas, jangkauannya tentu tergantung dari perangkat daya jangkauan perangkat Wifi Extender itu sendiri. Adalah TPLink sebuah perusahaan yang bergerak di teknologi Jaringan yang saat ini memasarkan Wifi Extender terbaru yang cukup simpel sehingga kita tidak perlu menambahkan adaptor tambahan. TPLink Wifi Extender RE305 ini cukup dicolokkan ke Stop Kontak AC dengan sedikit setting maka signal Wifi akan diteruskan. Spesifikasinya dapat dilihat halaman berikut ini. TPLink Wifi Extender RE305 bekerja sangat powerful karena mendukung teknologi wireless AC yang tentu kecepatan transfer rate wifinya diatas 867Mbps, namun anda tidak dapat merepeat signal Wifi yang sumber Access Point nya hanya bekerja pada 2.4 Ghz tanpa dukungan Wireless AC, Repeater ini mempunyai kelebihan dapat bekerja di dua frekuensi sekaligus yakni 2.4Ghz dan 5Ghz. Bila anda ingin merepeat signal wifi 5Ghz atau AC tentu sumber Access Pointnya harus sama sama menggunakan signal wifi 5Ghz dan AC. Wifi 5Ghz dan AC dapat mendukung kecepatan maximal untuk data yang jauh lebih cepat, untuk streaming ataupun transfer data dengan size yang besar.

Wireless Spesification

  • Standards and Protocols IEEE802.11ac, IEEE 802.11n, IEEE 802.11g, IEEE 802.11a, IEEE 802.11b
  • Power Consumption 7.3W(max power consumption)
  • Dimensions ( W x D x H ) 3.1*3.0*3.0 in. (80*78*77mm)
  • Frequency 2.4GHz & 5GHz(11ac)
  • Signal Rate 5GHz:Up to 867Mbps
  • Wireless Modes Range Extender/Access Point
  • Transmission Power <17dBm(2.4GHz), <17dBm(5GHz)
  • Spesifikasi Lengkap
  • Price IDR : 699.000
  • AP Internet Provider : Indosat 4G LTE sebagai koneksi untuk pengujian
Penampakan

Bagian Depan Dengan Dual Antenna Yang dapat Dilipat Kebawah

RE305 terbuat dari plastic solid dengan body dengan texture berlubang di bagian samping dan bawahnya mungkin desain ini untuk menghindari panas yang berlebih untuk digunakan sepanjang waktu.  

 Signal Indikator Power, Signal Strenght, 2.4Ghz LED, 5Ghz LED serta tombol WPS

Body Samping Termasuk Colokan langsung ke Listrik AC

Pada bagian bawahnya terdapat port Ethernet dengan tombol reset yang berfungsi mengembalikkan settingan awal untuk dihubungkan ke SSID lainnya.

Secara fungsi RE305 sangat mudah dipakai dan diset untuk orang awam karena tingga mengikuti perintah yang ada di web ui ataupun via aplikasi lewat smartphone. Aplikasi yang digunakan menggunakan buatan TPLink yaitu Tether yang secara otomatis akan mendeteksi perangkat bila tersambung ke jaringan wifi perangkat itu sendiri. RE305 dilengkapi port Ethernet dibagian bawahnya sehingga perangkat ini dapat dijadikan AP dengan fitur Wifi 5Ghz atau AC tentu dengan fitur Wifi ini transfer rate akan jauh lebih cepat. 
Karena kami tidak mempunyai sumber Wifi dengan frekuensi 5Ghz atau AC maka RE305 nantinya akan kami test dengan mode AP tentu dengan mengaktifkan mode dual band 2.4Ghz dan 5Ghz dengan sambungan port Ethernet dari Router lain. Semua LED akan aktif bila dual frekuensi 2.4Ghz dan 5 Ghz aktif dan khusus LED signal akan mempunyai 2 warna untuk mengindikasikan low signal dari AP berwarna merah dan signal yang cukup kuat dari AP berwarna biru.



Membuat Koneksi Range Extender Melalui Web UI di PC

Sebelum membuat koneksi Range Extender dengan perangkat ini pastikan Wifi di PC aktif dan koneksikan Wifi PC dengan SSID default Wifi dari RE305 bernama TPLink_Extender_2.4Ghz/5Ghz, setelah terkoneksi ke Wifi RE305 buka browser dan arahkan url PC ke tplinkrepeater.net maka secara langsung akan diarahkan di halaman login page RE305 dan masukkan login default admin dan password admin. Kemudian ikuti langkah dibawah ini :

 Masukkan login admin dan password admin, maka akan memuat username dan password ulang

 RE305 akan menscan seluruh jaringan Wifi, Pilih salah satu

  Masukkan password sumber dari AP nya , Jika AP Pusat tidak mempunyai fitur 5Ghz Skip saja

 Ganti Nama SSID RE305 untuk membedakan dengan SSID AP Pusatnya

RE305 akan reboot dan secara otomatis mengaktifkan Wifi Extender sebagai perpanjangan dari Wifi AP pusatnya tentu dengan nama SSID sendiri.

Menu Menu dan Tools WEB UI Range Extender RE305

 RE305 Status setelah Wifi tersambung

 System Tools Menu
RE305 Mode Sebagai AP dan Extender

Membuat Koneksi Extender via Aplikasi Tether buatan TPLink

Cara untuk mengkoneksikan Extender ke jaringan Wifi lain caranya sama dengan Web UI namun cara ini lebih mudah tanpa menggunakan PC sehingga lebih simpel, pengguna harus mendownload aplikasi Tether di Playstore untuk Android dan koneksikan ke SSID seperti pada di PC.

Koneksikan SSID RE305, Buka aplikasi Tether dan masukkan login admin dan password admin


Aplikasi akan menscan jaringan Wifi yang ada di sekitar dan aplikasi akan memberikan pilihan apakah akan mengaktifkan frekuensi wifi 2.4Ghz atau 5Ghz bahkan dua duanya pun bisa, karena AP kami hanya menggunakan 2.4Ghz jadi kami memilih 2.4Ghz. Kemudian masukkan password wifi yang sama dengan Wifi AP nya.


Sampai tahap ini pengguna dapat mengganti nama SSID bawaan AP menjadi bebas misal adalah SSID saya rename menjadi RE305, aplikasi akan memberikan informasi host apabila sudah sesuai tekan finish maka aplikasi akan mengapply dan memperpanjang Wifi AP untuk diteruskan perangkat RE305. Merename SSID di RE305 akan mempermudah membedakan antara Wifi AP dan Wifi RE305.

Menggunakan Sebagai Access point 

Kelebihan fungsi ini adalah RE305 dapat dijadikan sebagai Akses poin sehingga perangkat akan berdiri sendiri untuk memencarkan akses Internet yang didapat dari router lain, fungsi AP ini dengan adopsi port ethernet dengan dihubungkan ke router lain melalui kabel LAN. Mode Akses poin akan mengaktifkan Wifi 5Ghz dan AC sehingga berjalan bersamaan dengan Wifi 2.4Ghz. Untuk merubah mode AP hanya bisa dilakukan via WEB UI di Browser sehingga tidak dapat melalui aplikasi. Dalam mode ini bila frekuensi 2.4 dan 5Ghz berjalan maka hanya LED Power, LED 2.4 dan LED 5Ghz yang aktif , sehingga LED Signal akan aktif hanya dalam mode repeater saja. Langkah2 untuk setting sebagai AP adalah sebagai berikut :
Masuk ke settingan melalui Web UI di PC denan mengetikkan tplinkrepeater.net maka akan dibawah ke halaman Login dan tekan Mode pada kanan atas dan pilih sebagai access point, maka perangkat akan reboot dan hubungkan kabel LAN dari router lain.

Status saat pertama akan dijadikan Mode AP

Setting pada bagian Wireless dan isikan parameter 2.4Ghz dan 5Ghz nya

Menu Advanced Setting dan System Tools

Setelah semua parameter terisi akan mendapatkan status baru dengan demikian RE305 terkoneksi dengan router lain melalui kabel LAN

 Wifi 5Ghz sudah terdekeksi di perangkat smartphone

Perbedaan transfer rate Wifi 2.5Ghz dan 5Ghz

Fight RE305 VS Mi Repeater V1


Karena kita membandingkan kedua perangkat ini tentu saja kita ambil perbandingan fungsinya sebagai repeater karena RE305 memiliki keunggulan sebagai AP sedangkan Mi Repeater hanya bisa untuk merepeat signal wifi saja, Mi Repeater hanya berjalan pada frekuensi 2.4Ghz dibandingkan RE305 yang dapat berjalan di dualband tentu bukan lawan sepadan tetapi kita hanya memperbandingkan sebagai fungsi repeaternya saja. 
Hasil perbandingan antara kedua perangkat yang berfungsi sebagai repeater didapat sebagai berikut:


RE305 membutuhkan waktu sekitar 1 menit mulai dari mendapatkan power listrik hingga terkoneksi,sedangkan speed internet yang didapat dari AP dan dari RE305 yang sudah di repeat tidak begitu berbeda jauh. Speed internet dari AP Pusat didapat berkisar 18-19 Mbps sehingga nilainya pun tak berbeda jauh sesuai aslinya. Sedangkan jarak dari AP ke RE305 berkisar 10m dan jarak RE305 ke smartphone adalah 3 meter dengan transfer rate wifi rata rata 50 Mbps.


Berbeda dengan Mi Repeater membutuhkan waktu sekitar 18 detik mulai dari mendapatkan power listrik hingga terkoneksi,sedangkan speed internet yang didapat dari AP dan dari RE305 yang sudah di repeat tidak begitu berbeda jauh. Speed internet dari AP Pusat didapat berkisar 18-19 Mbps sehingga nilainya pun tak berbeda jauh sesuai aslinya. Sedangkan jarak dari AP ke RE305 berkisar 10m dan jarak RE305 ke smartphone adalah 3 meter dengan transfer rate wifi rata rata 49 Mbps.

Perbandingan Kekuatan Wifi 2 Perangkat

Kali ini kita akan bandingkan kekuatan wifi atau wifi strength antar kedua perangkat, test uji coba ini ditest dalam kondisi range 0 meter , 10 meter dan 60 meter sehingga kami dapatkan data dibawah ini. RE305 mempunyai strenght signal yang lebih baik dalam range 60 meter dan tentu saja dengan antenna external memberikan RX dan TX yang lebih baik dibanding Mi Repeater. Perangkat Mi Repeater hanya sanggup menjangkau range maximal 40 meter saja dengan kedua kondisi perangkat diujicoba tanpa halangan tembok.






Perbandingan Speed Internet

Gambar A , B dan C



Topologi hasil test

Sedangkan ujicoba kecepatan internet kali ini menggunakan range 10 meter dan membandingkan antara smartphone terkoneksi ke AP pusat, RE305 dan Mi Repeater dan hasilnya saat smartphone terkoneksi ke AP Pusat didapat speed hanya 2,85 Mbps , sedangkan RE304 dan Mi Repeater mendapatkan speed 19.17 Mbps dan 18,94 Mbps. Dengan percobaan diatas Wifi Extender sangat membantu memperluas wifi bahkan menambah speed sesuai AP pusatnya sbg server yang terkoneksi ke internet. Wifi extender memberikan jangkauan lebih luas serta menstabilkan kecepatan internet menjadi sama rata sehingga speed nya pun tidak down speed menjadi lambat.

Result

RE305 Adalah perangkat wireless simpel dan kecil serta mudah dibawa kemana mana sayangnya RE305 mempunyai power AC sehingga tidak bisa digunakan disembarang tempat menggunakan power portable seperti PowerBank. Namun kemampuannya menjadi AP Wifi dan berjalan di dualband sangat powerfull karena sudah dilengkapi dengan Wifi AC yang speednya tentu sangat ngebut, kemampuan ini dapat digunakan untuk mengakses perangkat jaringan local seperti IP Camera, Video Streaming via NAS tanpa jeda sedikitpun.
Penggunaan setting yang mudah baik melalui aplikasi dan desktop cukup mendapatkan apresiasi mengingat banyak Extender lain dengan bahasa non English mungkin sulit dipahami. tentu TPLink dengan memasarkan perangkat resmi ini didesain khusus untuk negara Indonesia sehingga mudah dipahami. Kemampuan dual mode baik AP dan Repeater akan membantu untuk menjalankan jaringa wireless sehari hari ataupun bisa menjadi backup bila router utama mengalami kendala sehingga RE305 sangat berguna. Walaupun kecil tetapi dilengkapi external anttenna yang sanggup menjangkau area 25 meter.

Kelebihan : 
  • Dual Mode AP dan Repeater
  • Dual Band 2.4Ghz , 5Ghz dan AC
  • Mempunyai External Antenna
  • Bentuk Simpel tinggal colok ke stop kontak
Kekurangan ;
  • Waktu terkoneksi saat menjadi Repeater cukup lama yakni 1 menit

Posting Komentar Blogger

 
Top