TeknoPlace.Com - Energi adalah bagian dari kehidupan manusia yang pada jaman dulu berupa alam dan Api sekarang menjadi tenaga listrik yang dipakai untuk sumber tenaga beberapa alat bantu kehidupan manusia sehari hari. Sumber listrik mempunyai berbagai macam jenis dari yang berukuran besar seperti PLTN ataupun portable berupa powerbank. Power bank pertama kali muncul yaitu di sebuah acara bernama Las Vegas International Consumer Electronics Show pada tahun 2001. Power bank yang pertama kali dikenal dengan nama Power Mobile Bank menjadi prakarsa munculnya portable external battery atau power bank yang selanjutnya beredar di Tiongkok sebagai pusat produskinya hingga banyak beredar dipasaran seperti saat sekarang ini. Power bank sebenarnya sudah mulai masuk ke pasaran Indonesia sekitar pada tahun 2006.
Banyak powerbank bermunculan sejak pertama kali diperkenalkan seperti Yaobaoo dan merk merk lainnya termasuk Samsung dan LG. Salah satu yang kita bahas saat ini adalah Powerbank keluaran produsen Tiongkok TPLink yang dikemas dalam produk premium dengan segudang fitur proteksi seperti over-current, over-charge, over-discharge, dan pemanasan berlebihan sehingga memastikan keamananan dan kehandalan dalam pengisian untuk menghindari potensi bahaya ke perangkat Anda. Semua keamanan itu ada dalam 2 produk Powerbank TPLink PB10400 berkapasitas 10400 mAH dan PB15600 berkapasitas 15600 mAH. Spesifikasi PB10400 Dan PB15600 :


TPLink PB10400

TPLink PB10400 mempunyai kapasitas 10400 yang dibungkus dengan body polycarbonate yang mirip seperti ceramic, kemungkinan body dari Powerbank PB10400 ini tahan terhadap panas karena body ini terlihat cukup kokoh dan solid saat dipegang terutama dibanding Powerbank lainnya yang sudah kami review sebelumnya.
selain mempunyai 1 Port MicroUSB dan 2 Port USB TPLink PB10400 mempunyai indikator 4 LED serta tombol untuk indikator battery sekaligus untuk mengaktifkan senter dengan LED.

Unboxing


Dalam kemasannya TPLink PB10400 dilengkapi dengan Kabel charging dan Buku Manual dan uniknya dilengkapi dengan Pouch sebuah kantung untuk menyimpan Powerbank yang memudahkan dibawa kemana mana.


 2 USB Port 1A dan 2A Serta Tombol Senter dan Indikator Battery


Fitur Senter LED Dan Body begian ini bermotif Prisma

Sebenarnya Powerbank dikatakan baik bila efisiensi power yang ada didalam Powerbank minimal mempunyai nilai 90% keatas sehingga antara charging atau arus masuk saat charging powerbank dan discharging atau charging ke smartphone mampu mengeluarkan arus sesuai kapasitas battery dalam smartphone tersebut. Banyak diluar sana Powerbank abal abal yang mengklaim hingga 50000mAH namun saat discharging ke smartphone 1-2x terpakai energi yang ada didalam Powerbank habis tak tersisa.

Keweisi KW20

Tentu untuk mengukur suatu tegangan dan arus pada powerbank membutuhkan suatu tools yakni sebuah USB Tester digital yang sanggup mengukur tegangan dan arus secara bersamaan. Dalam uji kali ini kami menggunakan tools USB Meter Keweisi KW20 yang dapat menampilkan Tegangan, Arus, Timer pengisian dan kapasitas Arus yang masuk dan keluar. Meskipun tools ini tidak mempunyai akurasi 100% paling tidak tools ini dapat dijadikan perbandingan untuk mengukur efisiensi yang dapat dicari dengan jumlah Total Arus masuk (Charging) ke Powerbank dan perbandingan Total Arus yang keluar ( Discharging ). USB Tester ini mampu membaca tegangan hingga 12V dengan jumlah capacity maximal 99999 mAH.
Untuk melakukan Charging ataupun Discharging sebaiknya gunakan kabel dengan kualitas bagus dan pendek karena kabel pendek akan menyalurkan arus yang lebih besar daripada kabel panjang.

Charging


Charging Capacity 10428 mAH

Arus Charging ke Powerbank Rata rata 1.95 mAH

Sekarang coba menggunakan tools dari keweisi ini sebagai tolak ukur charging input masuk dari Powerbank itu sendiri dan perlu diketahui keweisi ini mempunyai kesalahan error sekitar 1-2 % saja sehingga alat ini hanya sebagai perbandingan antara input masuk dan keluar.
PB10400 membutuhkan waktu sekitar 6 jam 48 menit dengan Charging total sekitar 10428 padahal Powerbank ini mempunyai kapasitas 10400 mAH.sehingga alat ini mempunyai kesalahan error 0.2% saja. Sekarang kita mendapatkan data sat charging yaitu 10428 mAH.

Discharging

Discharging Capacity 6682 mAH

Arus yang dikeluarkan untuk charging tablet 1.34 mAH

Discharging adalah jumlah kapasitas arus yang keluar untuk di charge ke smartphone, dalam tool ini kita mendapatkan kapasitas total 6682 mAH sampai Powerbank mati kehabisan daya simpannya. Tentu ini berbeda dengan Input yang masuk yakni 10428 karena bisa saja kesalahan alat ini ataupun faktor lain. Pengujian Discharging menggunakan tablet dengan kapasitas 4000 mAH dan Powerbank dapat mengisi hanya 1.5X saja.

Pengujian

Karena Powerbank ini mempunyai Battery Lite Ion yang rata rata mempunyai tegangan 3.7V maka tegangan pada Powerbank harus di konversi ke 5V karena perangkat Gadget saat ini rata rata menggunakan tegangan 5V untuk input.


Dengan efisiensi sebesar 86.5% maka powerbank ini mendekati real terhadap siklus pemakaian discharging ke gadget tetapi kembali ke alat USB Tester tersebut karena kesalahan error 1- 2% bisa saja terjadi dari penggunaan USB tester. 

TPLink PB15600

Beralih ke Powerbank PB15600 yang mempunyai arti berkapasitas 15600 mAH, body powerbank type ini lebih berat dan terlihat bongsor karena mempunyai dimensi tentu yang jauh lebih panjang daripada PB10400. Sesuai teoi bila Powerbank berkapasitas lebih besar tentu ukurannya akan jauh lebih besar karena cell dalam battery didalamnya jauh lebih banyak dan berisi.
Tetapi pada beberapa jenis battery teknologi baru seperti Li Polimer mempunyai ukuran lebih tipis tetapi tetap terlihat lebih besar. 

Ketersediaan paket penjulan berbeda dengan PB10400 yang dilengkapi Pouch atau kantong unik tetapi PB15600 tidak dilengkapi Pouch ini, karena hanya dilengkapi kabel charging dan manual book saja.
2 Port USB , 1 Micro USB dan LED Torch
Powerbank PB15600 dilengkapi 2 smart port USB , 1 Micro USB untuk Charging ke Powerbank dan sebuah LED Torch untuk senter.
Bagian Port pengguna akan menemukan 2 buah port 2.4 Ampere dan satu lagi berukuran 3 Ampere, sebenarnya port ini cukup pintar karena mampu mendeteksi arus pada perangkat yang akan di charging sehingga arus yang dikeluarkan tidak maximal keluar hingga 3 Ampere. Kedua port ini sifatnya mempunyai port yang berbeda 2.4A dan 3A sehingga kita tidak mengetahui mana port yang berarus 2.4A dan 3A.
Port akan mendeteksi secara otomatis sesuai perangkat charging yang akan dikeluarkan apakah 2 atau 3 Ampere maximal.

 Body terlihat cukup bongsor dengan lapisan motif prisma pada bagian sampingnya dengan 6 LED indikator kapasitas battery

 Certification dan Trade Mark

Motif Prisma dengan body polycarbonate yang mirip seperti Ceramic dan tahan panas Dan Tombol On Off untuk LED Torch serta Battery LED

Perbandingan PB10400 Dan PB15600

Komponen Didalam PB15600

Pengujian 

Kedua Powerbank diatas mempunyai berbagai macam security keamanan sehingga powerbank akan dapat melindungi diri sendiri dari overcharge yang berlebihan dan juga melindungi perangkat setelah charging penuh hingga 100%. Pengujian ini dilakukan dalam 2 tahap yakni Charging dan Discharging :
  • Pengujian charging dilakukan powerbank dalam keadaan mati total hingga penuh 100% , 
  • Sedangkan pengujian Discharging dilakukan Powerbank benar benar sampai mati total kehabisan daya.


Powerbank penuh pada kapasitas 13933 mAH dengan waktu charging 8 Jam 24 Menit

Charging Capacity

Dengan pengujian menggunakan alat USB tester yang ditempatkan antara Wall charging dan Powerbank didapat kapasitas Charging penuh adalah 13933 mAH. Dalam posisi Full Charged Powerbank akan menghentikan arus secara otomatis untuk keamanan, terlihat pada Ampere meter tertera 0.00 mAH artinya arus sudah benar benar di cut total.
Sehingga kita sudah mendapatkan data Charging Capacity ke Powerbank itu sendiri. Untuk mengisi charging ke Powerbank sebaiknya gunakan kabel data yang pendek karena kabel pendek akan lebih cepat transfer rate arus yang jauh lebih besar pula dibanding kabel yang panjang, namun tentu tegangan yang didapat adalah sama yakni rata2 5V sesuai tegangan yang ada di Wall Charging.

Kabel 80 cm Transfer rate Arus Hanya 0.8 - 1.1 mAH

Kabel 40 cm Transfer rate arus Up to 1.9 -2.1 mAH.

Discharging Ke Tablet Transfer rate Arus 1.81 mAH.

Karena da;am pengujian Discharging benar benar dilakukan sampai daya powerbank habis maka USB tester juga iku Off displaynya karena tidak mendapatkan arus listrik dari powerbank solusinya kami mencharging Powerbank 5 menit dan mencoba menghubungkan USB Tester kembali untuk mendapatkan Discharging Capacity.
Dalam menggunakan tablet berkapasitas battery 4000 mAH, Powerbank hanya mampu mengisi kurang dari 2.5X untuk mengisi perangkat tablet berkapasitas 4000 mAH sampai Powerbank benar benar mati total. Kali ini kita mendapatkan data Discharging Capacity yakni 9909 mAH
Sekarang kita hitung efisiensinya karena kita sudah mendapatkan 2 data yakni Charging Capacity sebesar 13933 mAH dan Discharging Capacity sebesar 9909 mAH. Methode yang digunakan adalah sama seperti PB10400 yang harus dikonversi ke 5V karena tegangan Powerbank dan peragkat gadget saat ini yang memiliki input 5V sedangkan battery Lithium Ion mempunyai tegangan rata rata 3.7V ( Sumber Baca disini )

Result


Dengan tabel tersebut diketahui hasil akhir Powerbank TPLink PB15600 mempunyai efisiensi power 96% yang real bisa digunakan untuk mencharging sebuah perangkat dengan power yang lost sekitar 4% saja dalam hal ini. Jumlah prosentasi efisiensi power tersebut tentu sangat baik mengingat mendekati power total dari keseluruhan perangkat yakni 100%.
Power lost ini dapat disebabkan banyak pengaruh yakni bisa disebabkan dari perangkat gadget itu sendiri, Kabel yang digunakan serta kelembapan dalam penyimpanan powerbank itu sendiri bahkan jika dalam waktu rentan lama tidak digunakan maka akan mengalami self discharge karena cell battery didalam yang berubah ubah menurut lingkungan sekitar.

* Disclaimer : Penggunaan alat USB tester merupakan hanya sebagai input perbandingan dan mempunyai error sekitar 1% , tentu tidak dapat sebagai acuan 100% sebagai alat pengukurnya. Bila kenyataan berbeda dalam penggunaan maka USB tester bisa saja berbeda hasilnya

Kelebihan
  • Banyak fitur pengaman pada kedua Powerbank Ini
  • PB15600 memunyai efisiensi power 96% yang tentunya sangat baik
  • PB15600 Mempunyai Smart Port yang arusnya akan otomatis diatur 
  • Body dan Material kedua Powerbank ini yang sangat baik dan tahan panas
  • Terdapat LED Torch pada kedua Jenis Powerbank Ini
  • PB10400 disertakan paket Pouch
Kekurangan
  • PB10400 Efisiensi Power hanya 86% saja, karena masih dibawah 90%
  • PB15600 bongsor dan cukup besar dan berat
  • Harga Cukup mahal PB10400 Rp 299.000 dan PB 15600 Rp 349.000
  • PB15600 memakan waktu 8 jam pengisian ( charging )

Posting Komentar Blogger

 
Top