TeknoPlace.Com - Kamera sepertinya tidak lepas dengan kehidupan sehari hari bagi mereka yang mempunyai ekonomi kelas menengah keatas dan kamera ini dapat mempunyai berbagai macam fungsi seperti kamera foto dan ada juga kamera IP atau yang disebut CCTV namun mempunyai kemampuan untuk diakses melalui internet. Salah satunya adalah TPLink yang beberapa waktu lalu merilis IP Kamera NC450 sebagai penerus NC220 yang sudah dirilis tahun lalu. CCTV bisa dibilang sebagai pencegahan untuk hal hal yang tidak diinginkan di rumah anda sehingga bisa menjadi teman untuk perangkat keamanan yang dapat dilihat secara online kapan saja dan dimana saja namun NC450 tak hanya sekedar CCTV biasa karena banyak fitur didalamnya seperti 2 ways audio, Wifi Connection, Night Vision dan Motion Detector.
Tplink NC450 dilengkapi resolusi lebih besar yaitu 1MP Max. 30 fps 1280x720 (HD) dibanding NC220 yang hanya VGA saja sedangkan desainnya lebih bulat seperti CCTV pada umumnya. Pembaruan Tplink NC450 juga disediakan hadirnya slot SDcard yang absen pada seri sebelumnya. Fungsi lainnya adalah komunikasi 2 arah karena Tplink NC450 sudah dilengkapi microphone dan Speaker internal. Dengan perangkat ini pengguna dapat memantau rumahnya apabila ditinggalkan karena Tplink NC450 dapat mengirimkan email atau alarm notifikasi bila ada gerakan yang mencurigakan. Kemampuan  NC450 dapat digerakkan keatas dan kebawah hingga 75 derajat dan diputar ke kiri atau kekanan hingga 110 derajat. Spesifikasi lengkap dapat dilihat di Link berikut.
TPLink merupakan salah satu jenis Cloud Camera artinya kamera ini mempunyai prinsip kerja terhubung ke Internet agar segala tugasnya dapat di kontrol melalui smartphone baik dari mana saja dan kapan saja sehingga kamera ini membutuhkan server cloud agar agar aplikasi dari smartphone dapat membaca perangkat NC450 yang nantinya server cloud ini bertugas menerima data dan mengirimkan kembali data ke aplikasi termasuk notifikasi dan ditampilkan ke smartphone. Server CLoud ini juga akan membantu mengirimkan data yang dibutuhkan oleh pemiliknya seperti notifikasi Motion untuk Email, Foto dan Video.

UnBoxing



Extension Power Cable

Kelengkapan :
  • NC450 IP Camera
  • Mount Holder Camera
  • POE Injector
  • Detachable Wifi Antenna
  • Power Adapter
  • Extension Power Kabel
  • RJ45 Ethernet Cable
  • Quick Guide
Desain



75 Derajat/300 Derajat PAN /110 Degree Tilt

Stereo Speaker 2 Ways Audio Support

Wifi Antenna, LAN Port , Port Power And Reset (WPS )

Stereo Speaker 2 Ways Audio Support
Saat perangkat ini tiba di meja kami pun cukup terkejut dengan box atau kemasan yang cukup besar berdimensi 270 x223 x 135mm sedangkan kamera nya sendiri mempunyai dimensi sekitar diameter 330mm dengan tinggi 109mm. TPLink NC450 mempunyai LED infra merah yang tetap dapat memantau kondisi dengan gelap karena dilengkapi dengan teknologi Night Vision sehingga perangkat ini pun tidak mengalami kendala yang berarti saat dikegelapan.
Body TPLink NC450 bermaterial plastik dengan beberapa interface dibagian belakangnya yakni Slot MicroSD, Ethernet Port, Power Port dan tombol reset sedangkan di sekelilingnya terdapat LED koneksi dan speaker external yang berfungsi untuk percakapan 2 arah atau 2 way audio. Dengan fungsi 2 arah tersebut baik pemilik kamera NC450 dan penghuni sekitar dapat berbicara dan mendengar seperti layaknya kita menelepon. Perangkat ini dilengkapi dengan Antenna External dengan transmit power sekitar 20dBm serta mendukung wireless lan IEEE 802.11 b/g/n hingga 300 Mbps. Untuk lebih lengkap soal data teknis bisa dicek di Link berikut ini.

Sync NC450 ke Jaringan atau Cloud 

Lalu bagaimana mengkoneksikan  kamera NC450 ke jaringan agar terhubung dan dipantau secara Online dimanapun? tentu untuk menghubungkan ke jaringan yang pertama kali dilakukan adalah menghubungkan NC450 ke jaringan lokal melalui kabel LAN, Kabel LAN akan berfungsi untuk mengenali perangkat CCTV ke aplikasi Tp Camera yang ada di smartphone. Langkah langkahnya adalah sebagai berikut ini :




Jika belum memiliki akun TpLink Cloud daftarkan dahulu Email anda sehingga dengan mempunyai akun TpLink CLoud semua aktifitas kamera akan dapat dipantau jarak jauh. Jika anda tidak ingin mendaftarkan ke CLoud Tplink anda dapat memilih Local untuk mengakses kamera namun dengan memilih cara ini maka kamera tak dapat diakses dari jaringan 3G./4G secara jarak jauh.
Setelah login tambahkan kamera melalui tanda + dan pilih jenis kamera mode TPLink yang dipakai selanjutnya anda tingga mengikuti perintah selanjutnya.

Langkah 2 ( Hubungkan Port LAN kamera ke Router melalui Kabel RJ45 )


Kemudian pastikan LED pada Kamera NC450 menyala hijau yang merupakan tanda perangkat terhubung ke jaringan router. Tap Continue maka aplikasi akan menscan dan menambahkan Mac Address kamera pada aplikasi kemudian akan disimpan agar dapat diakses kemudian pilih koneksi seterusnya apakah akan menggunakan Wifi to Wifi atau menggunakan LAN to LAN agar kamera terhubung ke Cloud server TPLink.
Jika user menggunakan Wifi maka pengguna dapat mencabut kabel LAN sehingga kamera akan terhubung dari Wifi ke Wifi. Sampai dengan tahap ini kamera sudah dapat diakses melalui jaringan 3G/4G.

Langkah 3 ( Masukkan Password Wifi Router)



Masukkan Password Wifi yang terdeteksi agar Kamera NC450 terhubung ke cloud server TPLink, setelah password wifi dimasukkan maka perangkat NC450 sudah siap online dan  berikan nama kamera bila kamera menggunakan lebih dari 1 buah.

Langkah 4 ( Aplikasi Siap Digunakan )



Menilik Soal lensa kamera perangkat NC450 ini dilengkapi sudut pandang lebar atau FOV sebesar 75 derajat dengan resolusi 1MP dan jika untuk merekam video akan menghasikan resolusi HD 1280 x 720 30Fps dengan format H.264.  Kemampuan Sudut pandangnya atau FOV nya NC450 dibekali 300 derajat PAN ( menoleh kekanan dan kekiri ) dan Tilt ( Menoleh keatas dan kebawah ) hingga 110 derajat. meskipun PAN nya tidak sampai 360 derajat kemampuan ini sudah cukup bagus karena jika ditempatkan dilangit atau atap rumah sudah mumpuni untuk digunakan sehari hari.
Sensor nya menggunakan CMOS 1/4" Progressive scan CMOS sensor dengan aperture F/2.0, f: 3.6 mm sehingga size aperture ini cukup cocok untuk kondisi yang kurang cahaya.

Interface Setting

Selain menggunakan aplikasi Smartphone bila pengguna dapat mengakses live streaming kamera ini melalui cloud yang disediakan oleh TPLink di tplinkcloud.com sehingga kita dapat mengetahui real time tangkapan kamera melalui akses web di PC.

Halaman Login TPLink Cloud

Pengaturan dan IP Lokal Akses Kamera NC450

Live View
Didalam manual book dan web resmi TPlink mengatakan bahwa IP Lokal default adalah http://192.168.0.10/ namun tidak dapat diakses setelah sempat kami coba dan ternyata cara mengetahui IP nya adalah login ke Cloud TPlink maka dalam menu setting akan tertera IP Adress dari kamera yang kami tandai kotak merah pada gambar diatas.
TPLink CLoud akan mengenali user login yang digunakan saat sync pertama kali sehingga saat TPLink Cloud di akses melalui login maka NC450 sudah ada dalam daftar perangkat karena menggunakan ID User yang sama, sehingga tentu dapat diakses di beberapa perangkat lainnya dengan user login yang sama.

Berikut adalah beberapa screenshoot pengaturan lokal via web interface






Demo Gerakan Kamera 

Disini akan menampilkan Video gerakan Kamera NC450 beserta Pandangan secara Live Time nya saat kamera cloud ini digerakkan :


Penempatan Kamera Dan Fitur Utama



Fitur Utama pada NC450 adalah Motion, 2 Ways Audio , Night Vision dan Dapat di akses dimanapun anda berada.
  • Motion memberikan notifikasi gerakan setiap ada gerakan yang tidak diinginkan misalnya saat malam hari, kamera akan mengirimkan notifikasi ke aplikasi smartphone ataupun dapat dikirimkan melalui Email pengguna yang sudah didaftarkan. 

  • 2 Ways Audio memberikan komunikasi 2 arah berguna saat memantau kondisi karyawan disuatu tempat sedangkan anda berada pada luar kota. Bila ingin menegur karyawan pengguna dapat berbicara melalui mic diaplikasi smartphone sehingga dapat didengarkan oleh karyawan,begitu juga karyawan anda dapat membalas percakapan anda lewat kamera ini karena NC450 juga dilengkapi mic internal yang dapat dikirimkan ke smartphone.
  • Night Vision akan memberikan penerangan saat dalam kegelapan karena NC450 dilengkapi LED yang prinsip kerjanya mirip dengan infra red sehingga kamera tetap akan menangkap kondisi sekitar meski dalam kegelapan, tak heran jika nantinya akan menangkap hantu pada malam hari dalam kondisi yang gelap.
  • Dapat Diakses dimanapun Setelah kamera diset pertama kalinya otomatis kamera akan terdaftar di cloud TPlink sehingga pengguna dapat mengakses dari gadget, PC kapanpun dan dimanapun tanpa rasa khawatir.
Contoh Hasil Foto Dan Video Siang Hari







Contoh Hasil Foto Dan Video Malam Hari ( Night Vision )





Cloud Camera TPLink NC450 memenuhi kebutuhan rumah pintar pengguna sehingga pemilik rumah dapat meninggalkan hunian mereka dengan tenang ataupun saat meninggalkan anak bertugas ke luar kota sehingga kita tinggal akses ke cloud atau aplikasi maka live view akan terlihat semua. Kamera NC450 dijual dengan harga Rp 1.2 Juta dengan fitur yang cukup lengkap. Pandangan atau Live View ditampilkan dengan FOV yang cukup lebar 70 derajat agar pandangan lebih luas terlihat.
Namun berbeda dengan CCTV pada umumnya yang lebih simpel tanpa menggunakan perangkat DVR tambahan karena ada slot memory yang dapat digunakan untuk merekam video dan mengambil gambar. Yang diingat adalah saat awal menggunakan kamera ini NC450 harus terhubung ke Router kemudian login ke aplikasi maka NC450 akan otomatis terdaftar dalam cloud server TPLink. NC450 dapat diakses dari beberapa gadget sekaligus ataupun melalui PC dengan web interface melalui tplinkcloud.com sehingga Orang tua yang tak memiliki smartphone pun dengan mudah dapat mengakses tampilan cloud dari TPlink.
Sayangnya tegangan yang digunakan adalah 12V dimana Cloud camera ini tentu hanya bekerja dengan adaptor 12V khusus sehingga bagi yang menggunakan input 5V seperti powerbank untuk keperluan lainnya tidak dapat digunakan. Saat kondisi malam Cloud Kamera ini cukup dihandalkan dalam kondisi gelap terbukti saat merekam video dalam kondisi gelap gulita cukup mengaktifkan mode malam maka live view pandangan masih terlihat penampakannya, tentu ini sangat membantu saat diaktifkan selama 24 jam penuh atau untuk keamanan rumah saat malam hari sehingga gerakan gerakan yang tidak diinginkan tentu akan terpantau melalui aplikasi dan notifikasi via Email pengguna.

Posting Komentar Blogger

 
Top