TeknoPlace.Com - Pabrikan chipset platform PC terbesar ke 2 didunia baru saja merilis chip CPU terbaru Ryzen yang nantinya akan menyaingi platform Intel COre 97 yang lebih dulu hadir lama, AMD memang tertinggal jauh dari Intel soal perkembangan CPU PC karena AMD banyak berkembang didunia kartu grafis selama ini. teknologi Ryzen menggunakan octa core dengan clock dasar yang sangat tinggi yakni 3,4 Ghz namun tentu saja kecepatannya dapat ditingkatkan sesuai kebutuhanya.
Ryzen mempunyai virtualisasi yang nantinya core nya dapat digandakan menjadi 16 Core yang mirip seperti Intel Hyper Treading. Spek lainnya adalah Summer Ridge yakni gabungan 2 cache L2 + L23 yang cukup besar saat ini mencapai 20MB, dengan teknologi cache ini kinerja Ryzen terhadap beban sistem, seperti mengatur peningkatan kecepatan prosesor, suhu operasi yang sesuai, dan lain-lain akan lebih optimal.



Boz AMD sesumbar mengatakan bahwa Ryzen lebih baik dari Core i7 6700k dari sisi daya dan performanya, Boz AMD tentu saja tak main main dan tidak sekedar gimmick saja bahkan BOZ AMD yakin mampu kalahkan Core i7 dengan semua teknologi yang dipakainya. Sayangnya pengguna yang ingin mengganti Processor Ryzen harus rela mengganti Motherboard yang digunakan karena Ryzen mempunyai socket baru AM4 dan tetntu saja Ryzen tidak mendukung Socket AM3 sebelumnya. Dengan mengganti Motherboard maka pengguna pun harus merogoh kocek lebih untuk membeli motherboard baru.
AMD belum secara jelas mengungkap harga Ryzen dan BOZ AMD berjanji akan mengumumkan harga dan ketersediaan pada Q1 tahun 2017. Kabarnya AMD akan membandrol lebih murah dari harga Core i7 sesuai adat kebiasaan sebelumnya dimana AMD merupakan processor alternatif selain Intel namun cukup bisa bersaing dengan kompetitornya.

Posting Komentar Blogger

 
Top