TeknoPlace.Com - Bluetooth Special Interest Group yang merupakan pengembang dibalik standart Bluetooth mengumumkan kehadiran Bluetooth versi 5,menurut pengembangnya Bluetooth versi 5 memiliki jangkauan 4x lebih luas dan 2 x lipat yang kecepatannya lebih tinggi dari sebelumnya. Sebelum Bluetooth 5 muncul memang banyak yang meprediksi bahwa Bluetooth vers 5 antinya akan lebih luas jangkauannya dan lebih tinggi kecepatannya.
Standarisasi Bluettoth dengan teknologi nirkabel terbaru ini menawarkan koneksi lebih stabil , tenaga yang lebih besar serta keamanan yang lebih baik lagi. Menurut SIG Bluetooth 5 nantinya akan hadir diberbagai perangkat wearable terbaru, otomasi rumah, smartphone, dan perangkat elektronik lainnya dalam 2 sampai 6 bulan kedepan, tidak menutup kemungkinan Bluetooth versi 5 akan berjalan beriringan dengan Wifi yang saat ini sudah banyak digunakan.
Bluettoh versi 5 akan lebih banyak nantinya untuk adopsi iOT karena memiliki flexibilitas jangkauan yang luas dan kecepatan yang lebih tinggi.
SIG dalam pernyataannya juga mengatakan bahwa konsumen lebih tertarik dengan teknologi bluetooth dibanding teknologi nirkabel lainnya. Nantinya 1 sampai 3 dari keseluruhan 14 Juta perangkat akan terkoneksi dengan Bluetooth sebagai bagian koneksi nirkabel. Bluettoh saat ini sudah digunakan diberbagai smartphone bahkan Apple rela menghilangkan Port Jack 3,5 mm untuk membuat wireless earphone. Akankah Bluetooth 5.0 mempunyai teknologi yang lebih baik Wifi? tentu tidak karena Wifi saat ini memiliki transfer rate data yang lbih cepat dibanding Bluetooth 5.0 sekalipun. Namun Bluetooth bisa menjadikan alternatif untuk koneksi nirkabel karena harga yang terjangkau dibanding Wifi.

Poskan Komentar Blogger

 
Top