TeknoPlace.Com - Pengguna Internet di Indonesia sangat cepat perkembangannya dan mayoritas pengguna Internet di Indonesia di huni oleh platform mobile yakni seluler sedangkan persentase yang cukup kecil dihuni oleh platform PC. Tentu saja pengguna lebih senang menggunakan platform mobile seperti Tablet dan smartphone karena beberapa website 90% sudah dioptimalkan untuk mobile web dan lebih mudah dibaca berbeda halnya dengan platform PC yang cukup menghabiskan waktu mulai dari on sampai menghabiskan daya listrik yang cukup besar.
Menggunakan platform mobile untuk berselancar didunia internet terus menerus dan apalagi ditambah dengan koneksi 4G maka smartphone tentu akan lebih banyak menghabiskan daya karena signal yang tidak stabil hingga koneksi 4G itu sendiri yang cukup menguras daya battery dengan cukup cepat. Lalu bagaimana agar smartphone lebih irit dalam terhubung ke dunia maya, Adalah Wifi sebuah wireless yang menghubungkan perangkat ke Internet. Sayangnya tidak semua orang mempunyai konesi Wifi di perumahan karena biaya ISP yang cukup mahal ataupun biaya membangun wireless yang tidak murah. Perkembangan Wifi didunia sangat cepat dari mulai dengan peralatan canggih dengan peralatan yang besar dan adapula Wifi portable yang hanya ditenagai battery.
Jalan satu satunya adalah menggunakan Mobile Wifi atau yag disingkat dengan Mifi sebuah perangkat Wifi router portable yang berfungsi untuk membangun wifi namun dapat dibawa kemana mana karena menggunakan battery sebagai powernya. Mifi terdapat simcard seluler yang dapat terhubung ke beberapa perangkat sekaligus untuk terkoneksi internet bahkan fungsinya pun sekarang lebih berkembang seperti berbagi file untuk Mifi yang sudah mendukung SDcard slot.
TPLINK menghadirkan Mifi 4G M7350 sebagai salah satu Mifi yang mempunyai koneksi wifi dual band 2,4Ghz dan 5Ghz. Dengan adanya fungsi dual band maka perangkat pun dapat terhubung ke band 5Ghz untuk mendapatkan bandwith yang cukup besar, bandwith yang cukup besar berpengaruh dengan kecepatan transfer data yang sangat besar pula namun tidak semua perangkat smartphone atau tablet yang mendukung Wifi 5Ghz. Sedangkan sehari hari yang kita temui di beberapa tempat mayoritas masih menggunakan Wifi 2.4Ghz. Bila diibaratkan jalan Wifi 5Ghz bagaikan melaju di jalan tol yang tanpa halangan dan menampung lebih banyak mobil namun tidak menyebabkan macet, sedangkan Wifi 2.4Ghz diibaratkan jalan biasa yang dilalui sehari hari dan banyaknya pengguna jalan yang cukup banyak dan ukuran lebar jalan tidak terlalu lebar maka akan menyebabkan macet.
Dengan kata lain bila antara perangkat yang terkoneksi dan Mifi menggunakan band 5Ghz yang sama maka kecepatannya transfer data akan sangat besar hal ini berpengaruh saat Mifi digunakan untuk File Sharing / Samba terlebih lagi untuk memutar video streaming yang ada di SDcard maka video dapat diputar dengan lancar tanpa jeda. Kelebihan band 5Ghz adalah band ini jarang ada yang menggunakan jadi band 5 Ghz akan berjalan tanpa gangguan dengan wifi lain karena berbeda frekuensi band saat berjalan.

Spesifikasi Mifi TPLINK 4G M7350 
  • 1 micro USB port for power supply , Micro SD card slot, SIM card slot
  • Internal 2550mAh Rechargeable Battery
  • 4G: FDD-LTE B1/B3/B7/B8/B20 (2100/1800/2600/900/800MHz)
  • Qualcomm MDM 9225
  • DL: 150Mbps, UL: 50Mbps ( LTE CAT 4)
  • Dimensi : 4.2 × 2.6 × 0.6 in. (106 × 66 × 16mm) 
  • MicroSD Up to 32GB
  • Traffic statistics, Wi-Fi status, user numbers, network type (2G/3G/4G), signal strength, Internet connection status, messages, battery meter
  • Wireless : IEEE 802.11a, IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n
  • Band : 2.4GHz & 5GHz 
  • Website Resmi : http://www.tp-link.co.id/products/details/cat-14_M7350.html
  • Koneksi 4G yang kami gunakan adalah Indosat Ooredoo 
Paket Penjualan 
TPLINK menyertakan paket penjulan berupa Unit LTE-Advanced Mobile Wi-Fi M7350, Micro USB Cable, Micro to Standard SIM Card Adapter, Nano to Standard SIM Card Adapter, Power Adapter, Quick Installation Guide, 2550mAh Battery.

Desain Dan Fungsi





TPLINK M7350 mempunyai desain kotak persegi dengan 2 tombol fisik khusus yang berfungsi sebagai Power dan tombol  Menu dibagian atasnya.Kedua tombol ini juga berfungsi sebagai navigasi menu dilayar mungilnya yang hanya 1.4 Inch saja, namun layar kecil tersebut cukup jelas untuk memonitor fungsi selama Mifi dalam keadaan aktif. Sedangkan tombol reset untuk merestore settingan awal terdapat pada bagian belakang disamping battery sehingga harus membuka cover belakang terlebih dulu.
Indikator bagian atas layar terdapat indikator Signal strengh, Jenis Koneksi 3G/4G, Wifi yang terkoneksi ke perangkat dan ketahanan battery nya. Sedangkan bagian bawah layar hanya ada speed internet dan jumlah data yang terpakai saat digunakan. TPlink mengklaim bahwa Mifi ini dapat beroperasi hingga 10 jam dengan maximal perangkat yang terkoneksi adalah 15 perangkat secara bersamaan.

Menu dan Navigasi

Saat tombol menu ditekan akan muncul sederatan menu vertikal dengan beberapa menu diantaranya adalah Device Info, Pilihan Band 2.4Ghz/5Ghz, Data Roaming, Network Mode dan QR Scan App. Untuk memilih Menu pengguna hanya menekan tombol menu untuk memilih menu naik turun dan tombol power sebagai OK untuk mengaktifkan menu.

Selain fungsi Wifi 2.4Ghz dikebanyakan perangkat wifi lainnya Mifi TPLINK M7350 mendukung dual band secara bergantian pengguna dapat memilih wifi 5Ghz bila perangkat juga mampu mendukung untuk menerima wifi 5 Ghz. Sedangkan bagian network mode pengguna bebas memilih antara jaringan 3G/4G, Hanya 3G dan Hanya 4G saja. Penggunaan jaringan Hanya 4G saja akan menguntungkan bagi pengguna yang ingin menghabiskan bonus kuota data 4G yang cukup besar pemakaiannya.

Sedangkan menu lainnya yang tidak begitu kita setting yakni Data Roaming serta APP QR Code untuk menscan dan dialihakan pengguna mendownload TP Mifi di Playstore agar perangkat menu Mifi mudah dikontrol melalui Android via Wifi.
Ada 2 cara untuk mengatur menu menu Mifi ini selain di perangkat Mifi itu sendiri termasuk wifi manajemen, Band frekuensi dan juga koneksi selulernya yakni dengan cara TpMifi App di Android dan Web browser melalui di PC atau komputer.

1. TP Mifi App Android



Pengaturan di mobile Apps android cukup lengkap mengingat aplikasi ini hanya sebagai pelengkap saja, berbagai informasi perangkat, wifi dan jaringan pun tersedia secara lengkap. Menu SMS pun hadir pada dashboard halaman depan pada aplikasi. Selain itu informasi battery dan detail kecepatan koneksi download dan upload pun tampil pada menu dashboardnya.
Pengguna pun dapat membatasi jumlah kuota pemakaian baik dalam satuan MB ataupun GB. Selain itu melalui aplikasi ini pengguna juga dapat mensharing SDcard untuk dibaca disemua perangkat yang terhubung secara bersamaan. Uniuknya tersedia fitur battery saver sehingga penggunaan dan pengaturan battery pun dapat lebih irit hanya dengan mengganti beberapa settingan seperti wifi range serta waktu auto disable Wifi yang juga dapat diatur.

2. Web Browser PC Via http://tplinkmifi.net





Semua informasi disajikan sangat lengkap via browser, pengguna hanya tinggal mengakses di browser dan ketikkan http://tplinkmifi.net maka semua informasi dan settingannya cukup detail untuk dilihat. Bahkan semua fitur sms nya pun mempunyai menu yang sangat lengkap. Sayangnya Mifi ini tidak mendukung untuk USSD serta penggunaan Antenna External untuk dihubungkan ke Antenna yang lebih tinggi agar mendapatkan signal yang baik.
Storage servernya pun dapat memberikan pilihan apakah nantinya akan diakses hanya melalui USB atau diakses bersamaan dengan Wifi. Pada Kiri atas menampilkan indikator signal, koneksi 4G, Inbox SMS, Wifi yang terkoneksi, Informasi SDcard dan Indikator battery.

Test Speed 4G


  
Hasil test kecepatannya sangat stabil itulah mungkin kata yang cocok untuk Mifi ini, dalam 2 kali test speed kami mendapatkan nilai Download yang rata rata tidak selisih jauh.
  • Test Pertama mendapatkan hasil Download 22,89 MBps dan 1.05 Mbps Upload
  • Test Ke 2 mendapatkan hasil Download 21,02 MBps dan 3,34 Mbps Upload
Dengan hasil test tersebut kami menyimpulkan kecepatan yang cukup stabil untuk penggunaan 1 perangkat yang terkoneksi. Hasil yang tidak berbeda jauh dan ditempat yang sama mendapatkan skor yang memuaskan tentu saja ini berpengaruh waktu dan posisi tempat untuk test.

Daya Jangkau Wifi



Bila membandingkan kekuatan wifinya dengan router biasa yang lain dan berexternal antenna rasanya hampir tidak ada bedanya, Mifi TPLINK M7350 mempunyai daya kekuatan wifi yang hampir sama bahkan hasil test grafik tersebut menunjukkan strength signal yang sama dengan angka -89 dBm. Sedangkan daya jangkauannya sama sama mempunyai daya pancar maximal 10 meter saja dengan 1 strip signal wifi, bila melangkah lebih dari 10 meter maka signal wifi nya pun hilang.

Kesimpulan 

Mobile Wifi sangat cocok mereka yang suka bertravelling terlebih lagi beberapa pekerja kantoran yang pekerjaannya selalu ke luar kota dari satu kota ke kota lain yang bertujuan untuk pergi kecabang cabang perusahaan atau untuk pekerjaan lapangan.
Dengan membawa Mifi TPLINK M7350 maka smartphone pun akan lebih hemat battery karena fungsi koneksi internetnya hanya melalui koneksi wifi apalagi jika signal operator tidak stabil tentu saja smartphone tidak akan sampai 24 jam non stop. Untuk mencharging Mifi TPLINK M7350 diperlukan waktu sekitar 2-3 jam saja sehingga dapat membantu pekerjaan dimanapun berada. Mifi TPLINK M7350 dijual secara resmi di Indonesia sebagai Mifi Dualband pertama di Indonesia dengan harga Rp 1.499.000 yang sudah didapatkan di Toko Online pada Quartal 1 2016 lalu.

Ketahanan Battery

Ketahanan battery Mifi ini mencapai 12.5 Jam sekali charging dan itu melebihi klaim Tplink yang hanya 10 Jam saja. Kestabilan koneksi dan ketahanan battery ini berkat chipset Qualcomm MDM 9225 LTE CAT 4 yang sudah dikenal keunggulannya karena semua smartphone papan atas dibekali modem LTE terbaik buatan Qualcomm.
Dalam diagram diatas Selama kami test signal 4G LTE dengan Indosat Ooredoo hanya mendapatkan 1-2 bar, dengan signal yang tidak terlalu baik tersebut biasanya koneksi sering drop namun tidak ditemui pada Mifi Tplink ini. Kelebihan lainnya saat terkoneksi seharian selama 12.5 Jam keadaan body Mifi nya tidak panas sedikitpun bahkan hangat nya pun tidak terlalu terasa. Akan lebih baik lagi jika dikoneksikan dengan antenna MIMO atau external antenna namun sayangnya Mifi ini tidak mendukung hal tersebut. Bagaimanapun Mifi ini cukup memuaskan saat digunakan seharian dan selalu stabil.

Kelebihan
  • Tampilan Informasi layar yang cukup simpel dan mudah dipahami
  • Menu pengaturan TP Mifi App Android yang cukup lengkap
  • Ketahanan Battery hingga 12 Jam melebihi klaim Tplink yang hanya 10 Jam
  • Mendukung Dual Band 2.4 Ghz dan 5Ghz
  • Terdapat paket Sim Adapter MicroSIM dan Nano
  • Mendukung SMS dan Inbox
  • Mendukung SDcard File Sharing atau Samba dengan aplikasi pihak ke3 seperti ES File Explorer
Kekurangan 
  • Tidak mendukung untuk MIMO dan External antenna
  • Tidak mendukung fungsi repeater
  •  Harga yang cukup tinggi dikebanyakan Mifi 4G lainnya
  •  Jangkauan Wifi yang hanya Max 10 Meter
  • Tidak mendukung USSD ( Dial Number )

Poskan Komentar Blogger

  1. harganya berap ya? apa sudah rilis di indonesia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga ada di review brarti kurang nyimak smua bacaannya

      Hapus

 
Top