TeknoPlace.Com - Apple merilis update iOS 10.1 untuk beberapa device nya dan salah satu perangkat yakni iPhone 7 Plus mendapatkan update dengan fitur efek Bokeh atau blur yang mendukung untuk pemotretan Portrait atau tegak. Biasanya untuk mengambil efek bokeh dengan sempurna membutuhkan setidaknya aperture yang cukup lebar yaitu antara F/1.2 atau F/2 sedangkan iPhone 7 Plus mempunyai aperture permanan yaitu F/1.8 saja.
Efek Bokeh akan membuat latar belakang menjadi blur sehingga jepretan akan fokus di bagian depannya ataupun bisa juga sebaliknya. Untuk menjepret Bokeh Apple membekali iPhone 7 Plus menggunakan lensa ganda yaitu dengan lensa panjang untuk membidik objek jauh dan lensa wide. pemrosesan efek bokeh dilakukan dengan software dan gabungan 2 lensa, cara ini juga diterapkan pada HTC M8 meski mempunyai sedikit teknik yang berbeda.

Untuk menghasilkan efek Bokeh di iPhone 7 Plus lensa panjang 56mm nya akan dipakai untuk menjepret objek sedangkan lensa wide nya akan mengumpulkan data untuk diproses kedalaman ruang dan efeknya kemudian mengubahnya menjadi 9 lapisan gambar berdasarkan objek kamera dengan objek foto. Setelah mengumpulkan 9 lapisan gambar software akan memilih lapisan tersebut dan lapisan yang akan di blur, semakin jauh jarak lapisan gambar akan efek bokeh akan semakin baik. Mekanisme bokeh pada mode portrait tentu tidak akan maximal dibanding lanscape karena software akan gagal membaca nya di jarak lapisan yang sangat sempit. Contohnya adalah foto anak kecil diatas yang dibagian antara tangan dan badan tidak terbaca bahkan gagal menghasilkan foto yang baik. 

Sedangkan efek bokeh ini cukup baik bekerja dengan objek selain manusia, contohnya pada benda berikut ini yang warnanya cukup baik dalam memperoses gambar.

Poskan Komentar Blogger

 
Top