TeknoPlace.Com - Tahun 2016 adalah tahun modern dimana lebih dari 50 juta orang di Indonesia terhubung dengan Internet bahkan beberapa orang terhubung ke internet dengan lebih dari 1 perangkat tentu saja untuk kebutuhan pekerjaan, games ataupun hiburan semata. Tetapi tentu saja tidak setiap orang tahu bahwa koneksi Internet terdapat 3 macam sambungan yakni Seluler, LAN dan Wireless yang di akomodir dari sebuah router yang cukup berperan penting untuk membangun jaringan wireless. Bahkan fungsi wireless sekarang merambah tidak hanya digunakan sebagai sumber internet saja namun menjadikan wireless ini sebagai server nirkabel untuk membangun jaringan lokal di area rumah. Server lokal di area rumah dapat berfungsi sebagai print server, internet server bahkan Streaming server.
 Spesifikasi :
  • Interface 4 10/100Mbps LAN Ports, 1 10/100Mbps WAN Port
  • Button Wireless On/Off Button, RE Button, WPS Button
  • Antenna 3*9dBi Detachable Omni Directional Antenna ( Tinggi antenna 35 cm )
  • Wireless Standards  IEEE 802.11n, IEEE 802.11g, IEEE 802.11b
  • Dimensions ( W x D x H ) 9.0 x 7.5 x 1.9 in. (227.5 x 190 x 48.3mm)
  • Spesifikasi lengkap bisa di lihat di Website resmi TP Link TL WR941HP
Berbicara di era modern ini vendor jaringan TPlink mengerti kebutuhan masyarakat dunia khususnya Indonesia yang merilis sebuah router kelas menengah untuk Indonesia yang berfungsi mengakomodir semua kebutuhan jaringan baik dirumah ataupun kantor. Pernah mengalami drop signal ketika browsing dan penggunaan banyak perangkat yang terkoneksi serta efek penggunaan download yang berlebihan? Bila iya Router TL WR941HP dilengkapi dengan 3 high gain antenna berkekuatan 9dbi dan dengan power 1000mw yang artinya 5x lipat dari power router biasa. Dengan power sebesar itu maka daya signal router ini 5x lipat lebih kuat daripada router biasa yang rata rata hanya mempunyai power sebesar 200mw. Ada 3 fungsi utama yang dapat digunakan untuk akses kebutuhan di rumah atau perkantoran yakni Router Mode, Range Extender dan Access Point Mode yang masing masing dapat diatur melalui menu Quick Setup sehingga penggunaannya pun cukup mudah dan pengaturan yang cepat. Router ini tampil dengan desain cukup gahar dengan antenna setinggi masing masing 35cm menjadikan area signal diperluas agar tidak terdapat Wifi Dead Zone.

Desain 




Desain Router TP Link TL WR941H tampil beda karena cukup terlihat gahar yang dikarenakan ada 3 tonjolan disisi kanan tengah dan kiri sedangkan beberapa bagian sirip diatasnya untuk sirkulasi udara agar pemakaian sehari hari dapat digunakan nonstop dan selalu dingin. Selain itu dengan tambahan 3 buah high gain antenna setinggi 35cm menambah kesan router ini terlihat besar dan mungkin saja tidak cocok digunakan untuk rumahan dan lebih cocok untuk perkantoran maupun hotel. Mengapa ? Antenna setinggi itu bahkann sudah dilengkapi high gain power antenna berkekuatan 9dbi lebih cocok untuk menjangkau arena yang cukup luas seperti perkantoran ataupun hotel karena area rumah cukup menggunakan router biasa,tetapi apabila rumah anda mempunyai 2 atau 3 laintai sangat cocok untuk mengurangi Wifi dead zone agar semua perangkat selalu terkoneksi.
Router TP Link TL WR941HP dilengkapi 5 LED utama dengan indikator sebagai Range Extender ( RE ), Wifi, Power, WAN dan WPS. Sedangkan bagian atasnya terdapat tombol yang berfungsi sebagai RE Enabled hanya sekali tekan saja namun sebelumnya tentu harus diset untuk pemakaian pertama kalinya.


Berpindah ke posisi belakang TP Link TL WR941HP ini tanpa kehadiran port USB sehingga dipastikan router TP Link TL WR941HP tidak mendukung untuk penggunaan koneksi 3G/4G modem. Port yang tersedia antara lain adalah 4 port LAN, tombol WPS, Port WAN, Lubang reset, Tombol Wifi, Power dan Port Adaptor. 

Fungsi dan Fitur
Semua fungsi router TP Link TL WR941HP dapat diakses melalui Wifi, LAN dengan IP Akses 192.168.0.1 serta aplikasi Tether App buatan TPLink yang berfungsi mengatur fitur utama dengan tampilan simpel dan mudah digunakan. Router ini diklaim dapat menembus tembok meski didalam ruangan sekalipun karena itu TPlink menggunakan 3 buah antenna berkekuatan 9dbi serta power yang cukup besar untuk sebuah router yaitu 1000mw yang 5x lipat lebih kuat dari router biasa sehingga beban yang terkoneksi ke perangkat akan semakin kuat untuk keperluan berselancar didunia maya bahkan aktifitas Download tanpa drop signal sedikitpun.
Router TP Link TL WR941HP mempunyai 3 fitur utama yang menarik diantaranya adalah Router Mode untuk akses internet dari Modem Broadband, Range Extender untuk memperluas jangkauan Wifi dari router lain dan Access Point sebagai koneksi WAN dari router lain bila ingin menggunakan koneksi USB Modem 3G/4G.
Menu Utama Dashboard 192.168.0.1



Saatnya kita mencoba fitur utama router TP Link TL WR941HP Range Extender dan Access Point Mode yang sumber internetnya kami menggunakan router lain sedangkan mode Router tidak kami test karena kami hanya memiliki koneksi 4G dari router lain.

Range Extender


 Mode Range Extender cukup mudah menggunakannya pengguna hanya login ke akses IP Adress 192.168.0.1 dan pilih icon Mode pada kanan atas maka akan dihadapkan pilihan fitur utama dan pilih Range Extender klik survey untuk mencari sumber wirelessnya dan masukkan password dari router utama untuk mengaksesnya maka router akan reboot. Langkah terakhir adalah meletakkan Router TP Link TL WR941HP ke area jangkauan router terjauh dari router utama sehingga signal wifi router utama akan diperpanjang melalui TP Link TL WR941HP.
Mode Access Point

Mode access Point sangat mudah dilakukan dengan memilih ikon Mode Access Point hidupkan power TP Link TL WR941HP dan hubungkan kabel LAN dari router lain ke Port WAN TP Link TL WR941HP maka perangkat TP Link TL WR941HP akan reboot dan system akan mengatur smart IP otomatis sehingga sudah siap untuk menjelajah internet dengan ditandai LED WAN menyala oren dan daya jangkauan wifinya cukup jauh dari router biasa.
Akses Menu dari Aplikasi Tether App di Playstore


Untuk menghubungkan perangkat Android ke Router TP Link TL WR941HP pengguna hanya mendownload aplikasi Tether App buatan TP Link dengan UI yang simpel. Agar terkoneksi dengan baik hubungkan Wifi Android ke Wifi Router TP Link maka secara otomatis perangkat android akan mendeteksi perangkat router dan masukkan user login Admin , dan password Admin.
Deretan menu untuk mengatur akses Router TP Link TL WR941HP dapat dilihat secara detail informasinya seperti mengatur fitur utama, manajemen password wireless dll.

Kemampuan Wireless TPLINK TP Link TL WR941HP

Penempatan Router TPlink TP Link TL WR941HP
Dalam hal ini kami menguji kemampuan router TP Link TL WR941HP dengan pancaran triple high gain power antenna tentu tidak bisa dibandingkan dengan router biasa karena selain daya jangkauan yang cukup luas router ini juga mampu menembus dinding tertutup dengan daya akses sejauh 25-30 meter. Tentu jika kita pandai mengatur channelnya serta tidak ada halangan klaim pihak vendor TPlink mampu menembus sejauh 10000 square feet atau sekitar 900 meter persegi.
Mari kita bandingkan 2 alat yang kami miliki meski daya pancarnya tidak begitu jauh berbeda TP Link TL WR941HP lebih mempunyai ke daya powernya sehingga signal terasa kuat. 2 alat yang kami miliki sebagai pembanding adalah :
  • Xiaomi Mi Repeater Ampliflier Review dapat dilihat di Sini
  • Router Amper ASL 26555 Dengan firmware OpenWRT  Review dapat dilihat disini
1. Daya Jangkauan 3 perangkat dengan jarak dibawah 1 Meter dengan keterangan sebagai berikut :
Penempatan posisi 3 Router
  • Merah untuk ASL 26555, Hijau Untuk Xiaomi Repeater dan Biru untuk TPlink TL WR941HP.

Untuk koneksi dengan jarak dibawah 1 Meter atau masih di area A Xiaomi repeater ( -27 dBm ) cenderung mempunyai signal lebih kuat,sedangkan dibawahnya TPlink TL WR941HP ( -32 dBm ) dan paling bawah ASL 26555 ( -39 dBm ) . Dalam hal ini TPlink berjalan pada channel 8 dan router lainnya berjalan pada channel 6. Semakin kecil angka dBm semakin maka bagus signal wifinya.
2. Daya Jangkauan 3 perangkat dengan jarak 10 Meter


Saat diuji pada jarak 10 meter atau di Jalan Raya dan posisi router terhalang tembok dinding rumah TPlink memperlihatkan tajinya dengan signal paling kuat -75 dBm diantara dengan yang lain. Signal Router ASL 26555 hilang dan dibawah TPlink Signal dari Xiaomi Repeater -86 dBm masih terlihat cukup kuat meski dibawah TPlink.

3. Daya Jangkauan 25- 30 Meter ( A - C ) 


Jika sebelumnya power nya kami set ke default (75%) akhirnya Karena jangkauannya yang cukup jauh dan router didalam ruangan router ini akhirnya kami set ke power sebesar 100% untuk mengetahui seberapa besar strengh signalnya ataupun kestabilan koneksinya, langkah ini juga harus pandai untuk mengatur channel yang pas agar router dapat bekerja secara maximal.
Pada Jarak jangkauan 25-30 Meter ini hanya Router TPlink yang masih menjangkau area Wifi tetapi memang daya pancar signalnya semakin lemah karena hanya berkekuatan -84 dBm saja. Ini membuktikan Tplink TL WR941HP mampu menembus tembok dinding rumah karena posisi Router diletakkan area yang sempit didalam rumah tetapi masih terjangkau di outdoor. Jangkauan ini tentu tidak dapat di jangkau oleh wireless router lainnya.
Bila difungsikan sebagai Range Extender maka jangkauannya akan bisa lebih jauh lagi mengingat  area Wifi Dead Zone pada router utama dipancarkan lagi melalui Range Extender Router ini.
Dengan adanya aplikasi Android pengguna ataupun administrator jaringan tentu akan dimudahkan mengontrol router ini meski pengaturannya terbatas seperti tanpa adanya pengaturan channel, Security dll. Dengan harga resmi seharga Rp 750.000 TPlink memposisikan router ini sebagai kelas menengah dan bagi mereka yang menginginkan area wifi dead zone berkurang router ini sangat cocok untuk mengcover seluruh area perkantoran dan perumahan.

Kelebihan
  • Power yang cukup besar 1000 mw untuk kekuatan koneksi jaringan agar tidak mudah drop saat banyak perangkat aktif dan terkoneksi.
  • Fungsi Range Extender hanya sekali tekan melalui tombol shortcut khusus.
  • Daya Jangkauan yang cukup luas kurang lebih 25-30 meter meski terhalang tembok / dinding beton 
  • Dapat dengan mudah di kontrol melalui Aplikasi Android
  • Penggunaan 3 mode fungsi utama Router, AP dan Range Extender dengan mudah dan cepat
Kekurangan 
  • Tanpa port USB untuk koneksi sehingga tidak mendukung koneksi 3G/4G modem
  • Belum mendukung Wifi AC
  • Menu untuk mengontrol dari Aplikasi Android tidak selengkap di browser
  • Data teknis Chipset, RAM dan ROM nya belum diketahui secara jelas
  • Belum mendukung Firmware Custom OpenWRT karena type router jenis baru

Poskan Komentar Blogger

 
Top