TeknoPlace.Com -Navigasi bar adalah sebuah tombol virtual di Android khususnya seri Nexus milik Google yang sudah menjadi ciri khas. Tombol ini cukup mudah untuk dioperasikan sehingga menghemat tempat di body smartphone agat tidak perlu menggunakan tombol fisik. Tentu saja Navigasi bar tidak ditemui dibeberapa perangkat Android seperti Xiaomi, Asus, Meizu, Lenovo dan lain lain karena beberapa vendor menilai akan mengurangi lebar layar sentuhnya sehingga lebih memilih untuk menggunakan tombol fisik. Navigasi Bar sangat kental dengan tombol Back, Home dan Recent App dibagian bawah pada layar sentuhnya.
Untuk menggunakan tombol virtual ini beberapa cara yang dilakukan harus melakukan akses root terhadap perangkat Androidnya. Lalu bagaimana bila ingin membuat tombol virtual di perangkat Android tanpa harus root terlebih dahulu? tentu bisa dengan aplikasi yang tersedia di Playstore yang bernama Simple Control. Bahkan tombol virtual ini dapat dirubah bentuk dan desainnya menurut selera pengguna masing masing hanya dengan memilih desain tombol yang terdapat di bagian listnya. Bagaimana caranya membuat NavBar ini :
  • Install Simple Control di PlayStore
  • Aktifkan Accessibility nya melalui menu setting dan aktifkan Simple Control
  • Active Area untuk mengaktifkan Navbar di posisi yang diinginkan seperti dibagian bawah atau samping bahkan dapat disetting seberapa besar ukuran dan transparannya
  • Floating Activator untuk mengaktifkan NavBar
  • Menu Icon untuk memilih desain tombol Navbar nya dan bisa juga memilih warna background dan warna tombol virtualnya.
  • Bila komposisi, desain dan warna sudah dipilih sesuai selera aktifkan melalui menu Enable di Menu Floating Activator.
  • Navbar dapat disembunyikan otomatis sesuai jeda waktunya atau pun diaktifkan terus menerus

Poskan Komentar Blogger

 
Top