TeknoPlace.Com - Google resmi memperkenalkan perangkat Duo Pixel Phone terbarunya namun banyak kalangan publik bertanya kenapa smartphone semahal iPhone tak dilengkapi dengan Anti Air dan Debu dengan rating sertifikasi tinggi? Dalam wawancara dari Droid Life Google mengatakan bahwa Perangkat Pixel Phone hanya dilengkapi sertifikasi IP53 saja artinya perangkat ini hanya anti terhadap cipratan air, percikan hujan atau tangan yang basah namun Pixel tak mampu untuk diajak menyelam dalan kedalaman tertentu karena hanya bersrtifikasi IP53. Padahal iPhone 7 memiliki sertifikasi IP67 sedangkan Galaxy S7 series memiliki rating IP68.
Setiap perangkat genggam yang memiliki sertifikasi anti-air akan dibekali dengan keterangan rating atau tingkat perlindungan berkode International Protection (IP). Misalnya, IP57, IP58, IP53 atau IP6X yang artinya semakin tinggi rating angka nya akan semakin baik pula ketahanannya terhadap air dan debu. Angka awal diartikan sebagai ketahanan partikel padat dan Angka kedua dartikan sebagai ketahanan partikel cair.
Tetapi bila melihat hasil test dan ujicoba perangkat HTC 10 yang tidak memiliki sertifikasi tinggi tetapi perangkat HTC 10 mampu melewati test anti air meskipun tidak sedalam dan selama standart IP68 milik Galaxy S7. Google Pixel bisa saja melewati test ketahanan air untuk direndam namun tentu saja tidak akan bertahan lama.
Satu hal yang penting adalah ujiciba vendor tersebut hanya sekedar ujicoba didalam labs saja dan tidak melibatkan berbagai kondisi dan cuaca diluar ruangan tentu suhu yang dihasilkan juga berbeda. Paling tidak pengguna sudah mengetahui rating sertifikasi tersebut untuk menjaga perangkat agar terhindar dari cairan diluar ruangan.

Poskan Komentar Blogger

 
Top