TeknoPlace.Com - Jaringan Wifi merupakan isitilah akrab bagi peselancar dunia internet bahkan orang awam pun tahu apakah Wifi ini, Wifi banyak yang mengartikan merupakan jaringan terbuka dan gratis tetap artian tersebut bisa dikatakan benar sepenuhnya dan juga bisa tidak. Istilah Wifi digunakan pertama kali pada tahun 1985 yang merupakan jaringan pita GSM dan kemudian berkembang pada tahun 1992 dengan standart 802.11 wireless pertama kalinya. Banyak aksesoris Wifi yang bertebar dipasaran beberapa diantaranya adalah Router, Wifi Extender dari vendor Xiaomi yang akan kita bahas nanti.


Perbandingan Dengan Bollpoint

Kali ini akan kita bahas sebuah perangkat kecil berukuran genggaman tangan yang diproduksi oleh Pabrikan China Xiaomi yang merilis perangkat portable Wifi Extender Ampliflier yang berfungsi memperluas cakupan Wifi baik didalam Indoor ataupun Outdoor. Wifi Extender Ampliflier dapat diibaratkan sebagai jembatan untuk menghubungkan 2 desa untuk mencapai tujuan tertentu. Sama halnya dengan Wifi Extender Ampliflier yang menghubungkan sumber Wifi untuk ditangkap dan disebarkan kembali tetapi saat disebarkan kembali tentu speed atau kecepatan menjadi berkurang drastis untuk membuktikannya akan kita bahas lebih lanjutnya nanti.
Wifi Extender Ampliflier Specs :
  •  Dimensi 121.3 X 29.6 X 12 mm
  • Voltage Minimal 5V - 0.5 A
  • Wireless Connection  Wifi 2.4 Ghz
  • Standart IEEE 802.11 b/g/n
  • Power Battery : None
  • Power Alternative : Smartphone Charger, Powerbank
Untuk menggunakan Wifi Extender Ampliflier membutuhkan pairing dari sumber Wifi yang ada contohnya Router sehingga sangat mudah untuk pairing ke router Xiaomi, pengguna hanya tinggal mencolokkan ke port USB Wifi Router maka Wifi Extender Ampliflier akan otomatis pairing namun tentu tidak berlaku untuk Router pada umumnya selain Router merk Xiaomi. 
Pairing ke Router Xiaomi

Pairing Ke Router Non Xiaomi
 
Untuk pairing ke Router Non Xiaomi adalah dengan menggunakan aplikasi Mi Home yang dapat diunduh ke Google PlayStore maupun AppStore Apple namun membutuhkan beberapa langkah untuk pairing ini hingga sukses. Download dan install aplikasi Mi Home di smartphone yang nantinya digunakan untuk pairing dari Wifi Extender Ampliflier ke Router utama. Langkah langkahnya pairingnnya adalah sbb:
1. Download dan Install dan buka Mi Home di Smartphone Android
2. Aktifkan Bluetooth 
3. Hubungkan Wifi Extender Ampliflier dengan power ( USB Charger atau Powerbank ) maka perangkat akan menyala berwarna  lampu kuning tanda belum ada wifi yang dipairing.


4. Select Locale Area pilih Mainland ( selain Mainlaind aplikasi tidak dapat mengenali untuk pairing )


5. Kemudian Aplikasi akan meminta pengguna untuk Login ( Pastikan smartphone terhubung ke jaringan Internet ) jika belum mempunyai akun Mi daftar terlebih dahulu. Tap Login maka akan dibawa ke halaman login Mi Account. Setelah memasukkan akun Mi maka beberapa saat aplikasi akan menemukan perangkat yang siap untuk dihubungkan.
Tap Ne Devices Found maka perangkat Wifi akan terdeteksi dan masukkan password Wifi dari Router nya kemudian Next.
Setelah Next ditekan maka Proses Pairing akan dilakukan dan ditandai dengan persentasi yang berjalan dan tunggu hingga 100%.



6. Bila proses selesai maka akan ditandai dengan tanda connected dan perangkat Wifi Extender Ampliflier terdaftar di list aplikasi Mi Home yang siap digunakan. Bila belum ada perangkat yang terhubung ke Wifi Extender Ampliflier maka akan ditandai 0 devices connected.
Dan Setelah Wifi dari Wifi Extender Ampliflier sukses connected maka lampu led akan berubah menjadi kuning ke Biru.




SSID Wifi yang dibuat dari Wifi Extender Ampliflier akan ditandai dengan nama tambahan _Plus dibelakangnya sebagai namanya dimana Movistar adalah nama SSID Wifi aslinya dari Router kami sendiri. Sehingga nantinya nama Wifi dapat dibedakan satu sama lainnya. Bila ada 1 perangkat yang terhubung maka Mi Home akan menampilkannya secara realtime sesuai gambar dibawah ini.



Mi Home akan memberikan status Wifi termasuk SSID, signal Wifi dan juga Network diagnosa bilamana Wifi mengalami disconnect sehingga status network atau jaringan dapat dibaca melalui dilayar smartphone. Mi Home juga memberikan fungsi lebih pada perangkat Wifi Extender Ampliflier yang kita tandai dengan masing masing angka sesuai fungsinya,
  • Tanda Nomor 1 Bila Toggle dipindah ke posisi On maka Wifi Extender Ampliflier akan menggunakan SSID dan Password yang sama dan Sumber WIfi dari Router sepenuhnya tidak dapat diakses.
  • Tanda Nomor 2 Untuk mengatur Wifi Wifi Extender Ampliflier dari mulai SSID, Password dan menyembunyikan SSID Wifi Extender Ampliflier
  • Tanda Nomor 3 berisi informasi perangkat yang terkoneksi ke Wifi Extender Ampliflier sehingga Mac Adress dan IP Adress dapat dilihat melalui Mi Home
 Test Speed melalui koneksi 4G dari Wifi utama dan Wifi Extender Ampliflier



Router utama sebagai sumber Wifi menggunakan koneksi Indosat 4G sehingga koneksi jaringan Wifi Utama dan Wifi dari Wifi Extender Ampliflier akan dapat dilihat seberapa down kecepatan yang dihasilkan apakah lebih stabil?
Gambar Diatas menggunakan Wifi utama sebagai koneksi nya dan menurut hasil test speed nya yang kami test dalam 2X didapat bahwa Router utama menghasilkan speed rata2 13-16 MB/s pada bagian downloadnya dan 3.99 - 8.99 MB/s pada bagian uploadnya.
Sementara Gambar dibawah yang menggunakan Wifi Extender Ampliflier menghasilkan speed 12.61 - 12.78 MB/s sedangkan pada bagian upload didapat hasil 3.62 - 3.72 MB/s.

Jangkauan Wifi

Jangkauan Wifi merupakan hal dan kebutuhan yang penting akan hal ini karena jangkauan Wifi yang jauh tidak lagi membutuhkan antenna external dalam menyebarkan wifi ini. Dan lagi lagi perangkat mungil ini menorehkan jangkauan wifi sejauh 80 langkah kaki atau sekitar 25 meter saja maximal sedangkan Router yang kami miliki hanya mempunyai jangkauan sekitar 15-20 meter saja jarak maximal. 
Jarak 25 meter merupakan hal yang sangat bagus karena Perangkat Wifi kecil ini menggunakan antenna internal tanpa tambahan apapun. Saat berada pada jangkauan 20 meter smartphone masih dapat mengakses internet walaupun lambat tetapi saat melangkah pada 20 meter lebih khususnya 25 meter akses internet tidak berdaya karena signal wifi low dan tak jarangpun  signal hilang.

Kesimpulan
Dengan adanya alat ini tidak perlu kita menggunakan antenna tambahan yang menambah biaya yang lebih mahal karena jangkauannya yang cukup jauh. Pekerja IT pun tidak perlu dipusingkan saat meja kerjanya jauh dari jangkauan Router wifi karena dengan mempunyai alat ini sendiri maka tak lagi ada masalah.
Jaringan Wifi juga membantu daya tahan battery pada smartphone sehingga semua smartphone yang terhubung ke Wiifi akan mempunyai daya tahan lebih lama dibanding menggunakan data seluler atau 4G. Selain untuk jaringan data Wifi juga dapat digunakan untuk bertukar data dalam jumlah yang besar dan dengan jangkauan yang jauh ini dapat dimanfaatkan sebagai pertukaran data antar PC atau smartphone.
 
Kelebihan
  • Harga Murah
  • Jangkauan cukup jauh mencapai 25 meter
  • Portable artinya dapat dibawa bawa tanpa butuh power AC
  • Kecepatan membaca / mengunci jaringan yang sudah di Pairing cukup cepat setelah dicolok ke Power hanya butuh dibawah 10 detik saja
Kekurangan
  • Tanpa Battery tambahan
  • Hanya bisa mengakses 1 SSID saja, sehingga untuk menghubungkan  SSID lainnya harus reset lebih dulu dan menghapus SSID lama
  • Pairing router Non Xiaomi harus menggunakan Mi Home tanpa alternativ lain sehingga sedikit ribet

Poskan Komentar Blogger

 
Top