TeknoPlace.Com - Beberapa waktu lalu Motorola menjalin kerja sama dengan pabrikan vendor kamera professional yang menghadirkan Lensa modular untuk dipasangkan di badan smartphone Motorola Moto Z, lensa modular ini hadir menjawab tantangan LG G5 yang sama sama menggunakan jenis modular serta Huawei yang bekerja sama dengan LEICA untuk teknologi kameranya. Review ini berdasarkan dari Video MKBHD yang telah melakukan ujicoba secara langsung dan kami mengambil kesimpulan bersdasarkan video tersebut. Modular Hasselblad True Zoom untuk Moto Z mempunyai resolusi 12MP dengan sensor berjenis BSI CMOS ukuran1/2.3 inch disandingkan dengan optic zoom 10x Optical / 4x Digital.




Tak hanya itu kemampuannya juga mendukung Manual Focus: select focus ROI, Focus Lock serta mengambil gambar dengan format RAW. Sayangnya lensa modular Hasselblad ini tidak mendukung perekaman video hingga 4K dan hanya mentok pada 1080P 30fps.
Saat Dipasangkan




Hasselblad True Zoom mempunyai Flash Xenon serta tombol shutter fisik sedangkan tombol lainnya adalah Zoom optical yang dapat dioperasikan mudah hanya dengan 1 tangan saja.


Lensanya mempunyai Focal Length 4.5 - 45mm (25 - 250mm 35mm equivalent) dengan aparture ƒ/3.5 - 6.5 dan dengan spesifikasi ini Smartphone Moto Z akan menghasilkan jepretan setara dengan kualitas kamera saku pada umumnya karena yang sama sama menggunakan sensor CMOS. kelebihan lainnya perangkat ini sudah dibekali Image stabilisation berupa OIS, dan EIS untuk merekam Video.

Pro Mode
Tak kalah dengan DSLR kemampuan lensa modular ini juga dibekali pro mode dengan berbegai pengaturan Focus, White Balance, ƒ/stop, ISO, Exposure. Dengan kemampuan Optic Zoom sebuah objek dapat difoto jarak jauh dengan tombol zoom bandingkan dengan zoom digital yang mungkin hasilkan akan pecah saat di zoom manual.

Hasil Jepretan Vs Motorola Moto Z






Dapat disimpulkan bahwa kemampuan Lensa Modular Hasselblad True Zoom tidak lebih baik dari kemampuan kamera Moto Z ini terlihat jepretan dari lensa Hasselblad warna tidak natural dan cenderung lebih gelap dibanding Moto Z. Warna Biru pada gedung terlihat lebih kurang cahaya saat disetting pada posisi Auto.
Sedangkan pada foto lainnya jepretan Daun hijau dari Moto Z lebih natural dan detail warnanya. Mungkin saja lensa Hasselblad mempunyai apartere yang lebih besar angkanya sehingga kemampuan low light nya akan lebih bagus Motorola Moto Z yang mempunyai apartire F/1.8 dibanding modular Hasselblad ƒ/3.5 - 6.5. Untuk Spesifikasi lengkapnya klik Link ini

Kelemahan
  • Power mengambil dari smartphone karena Lensa modular tidak dibekali battery didalamnya
  • Warna kurang detail dan kurang natural dibanding Moto Z
  • Harga USD 299 cukup mahal
  • Tidak mendukung Video 4K
Kelebihan 
  • Zoom Optic hingga 10X
  • Flash dibekali Xenon
  • Mendukung Moto Z Droid, Moto Z Force Droid, Moto Z Play Droid
Source

Poskan Komentar Blogger

 
Top