TeknoPlace.Com - Merk Blackberry bisa dikatakan menjadi milik Indonesia meski status merknya masih Lisensi dari negara asalnya Kanada. Semenjak Blackberry menunjuk pabrikan Indonesia untuk membuat smartphone Blackberry, PT BB Merah putih telah menyiapkan pabrik di Cikarang yang akan
dioperasikan oleh PT Adi Reka Mandiri yang mana kepemilikannya dikuasai TiPhone dan perusahaan manufaktur elektronik asal Taiwan, Arima Communication Corporation.
Pabrik tersebut beroperasi diatas tanah seluas 7000 meter persegi dan memiliki 6 lini produksi yang sanggup memproduksi 300,000 unit dalam sebulan selama 6 bulan pertama. Samuel Kurniawan selaku Corporate Secretary TELE menjelaskan bahwa nantinya PT BB Merah putih akan menjual dan mengedarkan Smartphone Blackberry kelas menengah khusus di indonesia dan harga jualnya hanya disekitar RP 2 Jutaan atau dibawah 3 juta. Samuel mengklaim desainnya sangat bagus dan tentunya dapat memikat konsumen di Indonesia mengingat merk Blackberry cukup kuat di Masyarakat Indonesia.
Blackberry Limited selaku pemilik Brand Blackberry akan fokus dan mengembangkan software dan OS nya untuk perangkat yang akan di produksi di Indonesia nantinya sedangkan kontennya akan ditambahkan aplikasi lokal untuk memenuhi aturan TKDN yang digalakkan oleh pemerintah RI saat ini.
Blackberry saat ini hanya mempunyai 2 produk smartphone Blackberry yang menjalankan Android yaitu Blackberry Priv dan DTEK50 sedangkan DTEK60 hanya sebatas rumor dan belum diumumkan secara resmi. Blackberry nantinya akan mendapatkan royalti atas penjualan Blackberry di Indonesia dan Blackberry Limited berharap smartphone Blackberry buatan Indonesia akan dapat diterima pasar Indonesia karena belum ada satupun smartphone Blackberry Android yang resmi dijual di Indonesia.
Dengan demikian Indonesia tak hanya memiliki Unit bisnis Smartphone Blackberry tetapi juga bisnis Aplikasi BBM yang mana saat ini aplikasi instan pesan tersebut sepenuhnya 100% dikontrol, dikelola dan dijalankan oleh perusahaan di Indonesia meskipun servernya tetap berada di Kanada.

Poskan Komentar Blogger

 
Top