TeknoPlace.Com - iPhone 7 telah dirilis resmi namun tak disangka processor yang digunakan cukup dashyat untuk mengalahkan smartphone Android bahkan smartphone android dengan RAM 6GB sekalipun. Diketahui dari Weibo ternyata iPhone 7 mempunyai benchmark yang sangat kencang yakni 178.397 point yang artinya 30.000an lebih selisih dari OnePlus 3 yang saat ini berada dipuncak dengan point 140288 menurut data bechmark antutu agustus 2016.


Mengapa iPhone 7 yang hanya Dualcore mampu mengalahkan smartphone Android yang menggunakan Quadcore bahkan Octa core sekalipun? Sebenaarnya Chipset A10 Fusion yang merupakan otak iPhone 7 merupakan procesor Quadcore atau 4 inti yang dibagi menjadi 2 yakni Dual Core berjalan pada kecepatan tinggi yang akan menjalankan tugas berat seperti games, rendering dan dualcore lainnya hanya berjalan pada kecepatan rendah. Kecepatan rendah ini hanya menjalankan tugas aplikasi berat seperti mengirim pesan, telpon dll. Dengan dibaginya 2 kecepatan processor maka kinerjanya pun menggunakan system little big yang telah diperkenalkan Samsung melalui Exynos yang intinya processor akan terbagi menjadi 2 dan 2 tugas juga.
Lalu mengapa skor Antutu sangat tingi melampaui raja smartphone android yang ada saat ini? iPhone 7 menggunakan platform iOS dimana hanya Apple yang menggunakannya tentu struktur dan algoritma pemogramannya pun berbeda dengan Android sehingga meski dengan menggunakan aplikasi yang sama namun berbeda OS tentu tidak dapat dikompetisikan karena berbeda platform serta strutur OS nya. iOS dirancang untuk berjalan ringan tanpa bermacam macam kustomisasi dan iOS pun tidak dirancang real multitasking karena iOS akan membatasi aplikasi yang digunakan sehingga bila memory low maka aplikasi yang lama tidak terpakai akan dimatikan. Berbeda dengan Android yang dirancang banyak kustomisasi sesuai penggunanya widget dimana mana, full multitasking yang tidak dibatasi akan membuat kinerja Android akan semakin berat.
Faktor lainnya adalah ukuran resolusi layar dimana iPhone 7 berjalan pada FULLHD atau 1080P sedangkan beberapa smartphone android menjalankan resolusi layar 2K atau 2 kali layar iPhone 7 sehingga rendering gambar akan 2 kali lebih lambat dibanding resolusi layar kecil.

Poskan Komentar Blogger

 
Top