TeknoPlace.Com - Internet tidak lepas dari sebuah alat kecil yang tertancap di USB sebagai pemancar untuk menggunakan signal internet dari Egde, 3G, HSDPA , HSPA+ Hingga teknologi yang saat ini digunakan yakni 4G LTE. Teknologi 4G telah diadopsi di Indonesia akhir 2015 lalu berkat kerja cepat menteri yang baru di Era Jokowi yaitu Rudiantara atau yang akrab di sapa RA.
USB Modem adalah salah satu perangkat kecil yang bekerja menangkap signal internet sebagai input yang nantinya sebuah Komputer dapat terkoneksi dengan Internet secara wireless. Salah satu Modem yang tren saat ini adalah Huawei E3372 yang mampu berlari hingga 150 MBPS LTE CAT 4 yang mana kecepatan downloadnya mendukung hingga 150 Mbp/detik. Tetapi kecepatan itu hanya dapat dicapai bila operator mendukung kecepatan tersebut dan penggunanya hanya beberapa saja. Saat ini kecepatan yang dapat dicapai rata rata adalah 10-50 Mbps saja karena banyak nya perangkat yang sudah terkoneksi dengan 4G LTE. Dalam Review ini Huawei E3372 yang kami gunakan adalah type Hilink yang mana tanpa menginstall aplikasi software maka semua settingan modem USB akan bisa diakses melalui Browser saja berbeda jika menggunakan Software Mobile Partner yang diharuskan menginstall software pihak ketiga untuk mensetting modem USB E3372 ini. Spesifikasi resmi dapat dilihat di Web resmi Huawei Berikut ini.

Desain


Modem USB Huawei E3372 mempunyai ukuran 88mm x 28mm x 11.5 mm dengan berat sekitar 50 gr saja. Modem ini mendukung frekuensi jaringan 4G LTE FDD 1800/1900/1800 dan TDD LTE 2100 dan 2600 yang mana hanya operator GSM saja yang dapat mendukung untuk menggunakan modem ini sedangkan Smartfren berjalan pada 4G LTE FDD 850 dan TDD LTE 2300. Masih ada 1 Operator lagi yakni Bolt yang hanya menjalankan frekuensi TDD LTE 2300.

Modem ini juga mempunyai LED indikator saat jaringan internet aktif yang dapat dilihat pada bagian atas body. Bila jaringan internet terkoneksi maka LED Modem akan menyala Diam sedangkan jika tidak terkoneksi LED hanya menyala kedip.

Hardware


Tidak diketahui secara pasti chipset apa yang digunakan Huawei untuk mendukung jaringan 4G LTE tetapi Huawei tidak lagi menggunakan chipset Qualcomm untuk USB Modem jenis 4G yang dibuat. Modem ini sudah mendukung penggunaan Antenna External sebanyak 2 buah untuk penguat signal sehingga daerah tertentu yang signal 4G LTE nya lemah dapat menggunakan antenna MIMO tambahan untuk diletakkan diluar melalui kabel.

Dengan tambahan slot SdCard pengguna mendapatkan fitur khusus yang nantinya dapat dijadikan CardReader untuk membaca Kartu MicroSD. SLot MicroSD ini juga berfungsi untuk storage tambahan bila digunakan pada adopsi OpenWRT yang ditancapkan pada Router. Sehingga Router yang sudah mendukung Modem E3372 dapat digunakan storage tambahan denga menyelipkan SDcard pada Modem tersebut. Router yang sudah mendukung Modem ini untuk koneksi Wifi 4G antara lain adalah :
  • Router GL.iNet 64616A Portable
  • Router GL.iNet AR150 Portable
  • Router GL.iNet AR300
  • TPLINK MR3020
  • TPLINK MR3040
  • TPLINK 3220
  • TPLINK 3430
  • Dll
Interface Hilink

Modem dari Huawei umumnya mempunyai 2 interface yaitu Hilink dan Mobile Partner Software untuk membedakannya pun dapat diliat dari settingannya karena settingannya mempunyai akses yang berbeda. Mobile partner menggunakan interface Software yang mengharuskan komputer menginstall software pihak ketiga sedangkan Hilink tanpa install software tambahan dan dapar diakses melalui Browser. Secara default Modem USB Huawei E3372 mempunyai settingan lewat browser yang dapat diakses melalui IP 192.168.8.1
Speed Test Up to 16Mb/s ( Indosat 2 Signal Bar )

Halaman Home Hilink Interface

Setting Dial Up

Security Setting

System Information

SMS Dengan Fitur Balasan Pesan

SIM Toolkit

Network Setting dan Frekuensi 

Fitur Hilink
Fitur di Interface Hilink terbilang cukup lengkap dari menu setting, SMS , Sim Tookit hingga pengaturan keamanan yang bisa diakses melalui browser baik di smartphone ataupun via desktop. Tentu dengan interface Hilink emmpunyai kelebihan yang dapat diakses dari smartphone karena cukup mudah bila dibandingkan dengan software mobile partner yang hanya bisa disetting melalui Windows Desktop atau Laptop. 
Menu SMS nya pun mendukung fitur untuk membalas pesan yang sangat mudah untuk memantau sisa pulsa ataupun sisa Kuota internet yang digunakan. Karena dalam review ini Modem tertncap pada Router yang menggunakan OS Openwrt maka cukup membantu untuk dijadikan Modem Wifi 4G yang digunakan untuk dirumah, ruko atau kantor. Dengan mengaktifkan settingan automatic saat terkoneksi maka Modem akan otomatis terkoneksi internet saat router dalam posisi hidup tanpa perlu mengaktifkan koneksi internet di Modem secara manual.

Kesimpulan
Modem ini cukup stabil digunakan untuk sehari hari dengan bentuk yang kecil dan mendukung slot miscrosd dapat difungsikan ganda sebagai pembaca kartu microSD. Terdapat Slot Antenna untuk dihubungkan melalui Antenna MIMO agar dapat menanglap signal yang lebih baik.

Kelebihan
  • Mempunyai Slot MicroSD
  • Mendukung Slot Antenna External 
  • Mampu digeber hingga 7 hari penuh dalam keadaan terkoneksi Internet
  • Settingan melalui browser cukup mudah digunakan
  • Mendukung SIM Toolkits
  • Dapat digunakan untuk USSD, Kirim SMS, Membalas SMS dan Mengirim Pesan SMS
  • Mendukung kebanyakan Router TP Link khususnya TPLINK MR3xxx
  • Dapat Diset LTE Only
  • Mendukung IP V6
Kekurangan
  • Tidak mendukung Frekuensi untuk Smartfren Dan Bolt ( 2300 MHz )
  • Banyak  versi dari logo Beeline, Megafon dan STC sehingga membingungkan untuk pengguna awam serta berbeda firmware
  • Tidak ada Buku panduan secara resmi
  • Harga Tergolong tinggi 375-400 Ribu

Poskan Komentar Blogger

 
Top