TeknoPlace.Com - Perkembangan situs dari tahun ke tahun cukup pesat karena banyaknya platform situs atau website berbasis blog ataupun engine cms seperti Wordpress. Google dalam acara Google Hari Ini yag digelar kemarin mengumumkan sebuah platform Progressive Web App atau PWA yakni sebuah situs mobile dengan desain seperti aplikasi yang cukup cepat dan ringan bahkan Google mengklaim dapat meload sebuah situs hanya dibawah 1 detik saja.
Flipkart dari India salah satu pertama yang mengadopsi situs berbasis PWA atau Progressive Web App. Google mengatakan bahwa masa depan internet dalam beberapa tahun mendatang adalah smartphone dimana orang orang lebih suka menggunakan smartphone untuk browsing dibanding dengan PC karena lebih simple dan ringan. Mobile web nantinya akan mengalami banyak perubahan disisi user experiencenya sehingga bagus atau tidaknya sebuah website akan ditentukan oleh visitor atau pengunjug web itu sendiri. Situs Progressive Web App yang sudah digunakan di Indonesia antara lain adalah sebaga berikut :
Dengan PWA developer pun dapat membuat sebuah aplikasi yang user experince nya sama dengan aplikasi meskipun Progressive Web App adalah sebiah situs biasa. Saat Google memperkenalkan platform PWA ini situs Jalantikus satu satunya yang mendukung PWA pertama di Indonesia bahkan menjadi nomor 2 di Dunia.
Progressive Web App mempunyai beberapa keunggulan diantaranya adalah 
  • Kemampuan menyimpan hingga 40 artikel dalam keadaan offline alias tidak terhubung ke internet. Progressive Web App menyimpan cache di browser yang memudahkan membuka situs dalam keadaan offline.
  • Mendukung notifikasi seperti layaknya aplikasi di smartphone
  • Mampu mendukung untuk menginstall shortcut sebuah situs untuk ditempatkan di menu smartphone
  • Loading lebih cepat dan ringat
  • Tampilan UI yang menarik
Progressive Web App mendukung untuk browser Chrome dan Safari secara default tidak menutup kemungkinan browser lain juga akan mengadopsi system ini. Untuk membuat situs berbasis PWA seseorang hanya membutuhkan software berupa chrome minimal versi 47, pengetahuan HTML, CSS, dan Javascript. Untuk mempelajari lebih lanjut silahkan menuju ke developers.google.com di Link ini 

Poskan Komentar Blogger

 
Top