TeknoPlace.Com - Persaingan sengit pun tidak hanya terjadi diranah smartphone namun dnegan industri microprocessor seprti chipset pada perangkat mobile dan kini Mediatek resmi mengumumkan chipset andalah terbarunya yakni Helio X30 yang sangat powerful. Chipset ini akan menyaingi kehadiran Snapdragon 820 buatan Qualcomm namun sayangnya chipset ini hanya bisa digunakan dan baru diproduksi tahun depan.
Helio X30 memiliki 10 Core dengan pabrikasi 10 nm ukuran ini terbilang sangat kecil yang sebelumnya menggunakan pabrikasi 20nm. Perlu diketahui bahwa Samsung Exynos dan Qualcomm saat ini hanya mengumumkan pabrikasi 14nm saja pada chipset Exynos 8890 dan Snapdragon 820 sehingga semakin kecil ukuran pabrikasinya maka akan semakin irit daya. Helio X30 terdiri atas empat core Cortex-A73 2,8 GHz, empat core Cortex-A53 2,2 GHz, dan dua core Cortex-A35 2.0 GHz untuk komputasi ringan atau menjalankan pekerjaan ringan.
Chipset ini juga mendukung modul kamera hingga 40 MP dengan frame maximal 24fps, sedangkan pada modul kamera 16 MP mendukung frame hingga 60 fps( 8MP pada 120 fps). Jika laporan sebelumnya akan menggunakan GPU Arm Mali ternyata Mediatek menggunakan PowerVR 7XT generasi ke 7 nampaknya GPU ini cocok dengan platform Daydream sebuah paltform VR milik Google sehingga bisa dipastikan Mediatek tertarik dengan platform VR tersebut. Helio X30 juga mendukung RAM hingga 8GB LPDDR4 yang menjadikan smartphone nantinya akan sekelas mirip dengan PC. 

Vendor smartphone yang akan menggunakannya untuk pertama kali tahun depan dikabarkan adalah Meizu, LeeCo dan Xiaomi.

Poskan Komentar Blogger

 
Top