TeknoPlace.Com - Hampir semua perangkat didunia banyak dibuat di China bahkan kabar terbaru kali ini tidak tanggung tanggung yang tak lain adalah games fenomenal Clash Of Clans atau yang disebut COC menjadi milik perusahaan China. Tencent sebuah perusahaan Software asal China mengakuisisi pembuat game COC yaitu Supercell dengan harga yang fantastis yakni USD8,6 Miliar atau sekitar 114 Triliun rupiah, Tencent yang juga pembesut messenger Wechat akan mengekpansi ke pasar internasional. Selain membeli sahamnya Tencent juga banyak berinvenstasi di pembuat games lainnya seperti EPic Games dan Riot Games.
Supercell sebelumnya dikuasai Softbank sebuah operator selluler asal jepang dan sekarang diambil alih sebesar 84.3% dari saham Supercell. Developer Games COC yakni Supercell berkantor pusat di Finlandia yang mana telah menghasilkan fitur berbayar dengan meraup sekitar 880 Juta Euro tahun lalu. COC adalah salah satu games yang menjadi 5 aplikasi favourite baik di iOS maupun di Android bahkan sudah tenar di kalangan remaja di Indonesia. Harga yang dibeli oleh Tencent sebesar 114 Triliun atau USD 6.8 Miliar merupakan lebih mahal bila dibandingkan dengan harga Nokia yang dibeli oleh Microsoft yang hanya USD 7 miliar waktu itu. Dengan akuisisi ini berarti Tencent mempunyai market share 13% dari bisnis games online global yang tahun ini dapat diperkirakan bernilai USD 99 Miliar. Supercell juga merupakan developer dengan pendapatan tertinggi tahun ini karena sudah menghasilkan USD 2 miliar diluar Asia. Sekarang Tencent dapat menghasilkan revenue dari platform games mobile diluar China.
Mengapa harga Nokia jauh lebih rendah bila dibandingkan Supercell yang merupakan hanya pembesut games online dalam platform mobile? banyak yang menilai perndapatan Supercell fantastis dan tumbuh tiap tahunnya dibanding Nokia yang sampai saat ini tidak terarah kemana vendor itu dimasa yang akan datang. Perusahaan China dikenal mempunyai banyak uang untuk membeli perusahaan starup untuk menambah revenew bisnisnya. Apalagi Tencent sebagai pembesut We Chat juga merupakan salah satu platform populer saat ini.

Poskan Komentar Blogger

 
Top