TeknoPlace.Com - Setelah beberapa waktu lalu dirilis dalam bentuk undangan terbatas kini developer Maru OS resmi merilis Maru OS untuk umum yang diumumkan melalui blog resminya. Dalam Blog resminya mengatakan bahwa " Maru OS downloads are now open to everyone!
Several thousand beta invites and five releases later, Maru is now available for anyone with a Nexus 5 to try out! Yup, that means no more annoying waitlist and invite process"
Maru OS adalah sebuah OS berbasis Linux dan Android yang dapat menjalankan dengan dual mode yakni OS Android Lolipop Untuk Nexus 5 dan OS Linux Debian Untuk Desktop bila Nexus 5 dihubungkan melalui Monitor atau Display HDMI. OS ini serasa seperti Windows Phone 10 dengan fiturnya Contiuum tetapi harus menggunakan port khusus untuk menghubungkan ke konekstor display HDMI. Tetapi Maru OS hanya membutuhkan konverter dari port MicroUSB ke HDMI standart. Sehingga nantinya Nexus 5 dapat menggantikan Laptop karena sudah dapat diakses dengan mode desktop tetapi menggunakan OS Debian Linux.
Developernya mengatakan bahwa Maru OS -v0.2.3masih berstatus Beta Untuk Nexus 5 dan diharapkan akan dikembangkan untuk perangkat lainnya. Lalu apa fungsi mode Desktop yang menggunakan OS Debian Linux : Ini lah fitur fiturnya :
  • Learn to code with Scratch1
  • Set up a portable PC in your hotel room2
  • Replace your laptop(!)3
  • Run a full-blown geographical information system with QGIS4
  • Record, edit, and publish videos with OpenShot5
  • Design and edit images and vector graphics with GIMP and Inkscape3
  • Do 3D modelling and rendering with Blender6
Marus OS untuk Nexus 5 sudah dapat di download melalui http://maruos.com/ untuk Nexus 5 atau Download File Instalasi melalui Custom Recovery seperti TWRP di Link ini

Poskan Komentar Blogger

 
Top