TeknoPlace.Com - Tidak salah memang jika Google adalah penguasa Software digital internet online yang mempunyai banyak produk cloud seperti Google Apps, Chrome Browser, Email, Maps, Android dll.  Jika Apple bermain disegmen Hardware dan Microsoft bermain di segmen Software produktifitas maka Google berkuasa diranah aplikasi Cloud dan Internet.
Tidak semua orang tahu bahwa Google menyimpan semua data rahasia pengguna baik dari password sampai historis semua website dan aplikasi yang dikunjungi didunia maya. Semua data tersebut rentan dicuri oleh orang lain jika tidak mengamankan dengan sangat hati hati dan bayangkan jika Akun Google anda dicuri oleh orang lain maka semua historis website lain yang membutuhkan login akan dapat diketahui dari password. Bahkan kata kunci Pencarian Google pun dapat diketahui baik berupa text maupun suara.
Semua data pengguna hanya bisa diakses oleh pengguna itu sendiri sehingga sangat tidak disarankan membuat password yang mudah ditebak. Lalu apa saja mesti yang hrus diperhatikan :
  1. History.google.com : Link ini menyimpan banyak historis dari mulai aktivitas web dan aplikasi, aktifitas suara, informasi perangkat, riwayat lokasi, penelusuran pencarian, penelusuran Youtube dan lain lain.
  2. Passwords.google.com : Link ini menyimpan informasi sensitif pengguna seperti password akun Google, serta semua password website lain yang membutuhkan login. Tetapi historis password ini disimpan jika pengguna sudah pernah memasukkan login akun Google pada browser yang digunakan sebelumnya.
  3. Bagaimana cara mengamankannya : Satu satunya mengamankannya adalah dengan cara mengaktifkan 2 langkah verfikasi melalui Link ini . sehingga jika ada orang yang berusaha membobol akun Google dengan komputer lain maka pemilik akun masih cukup tenang karena kode verifikasi tingkat 2 akan dikirimkan melalui sms pemilik akun.
Pengguna dapat menghapus semua data pada akunnya yang diinginkan cukup dengan memberikan tanda centang di kotak kecil di sebelah kiri masing-masing historis atau rekaman dan memilih opsi “hapus” untuk melakukan delete satu per satu. Untuk menghapus semuanya sekaligus, pilih opsi More > Delete Options > Advanced. 
Lalu apa fungsi Google merekam  data masing masing pengguna seperti rekaman suara dan data historis? Google tentu saja dapat memanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan bahasa masing masing pengguna serta mengenali tingkat kebiasaan penggunanya karena Saat ini Google sedang meningkatkan Digital Inteligent setiap aplikasi atau produknya.

Poskan Komentar Blogger

 
Top