TeknoPlace.Com - Dalam dunia teknologi mobile chipset sangat berperan penting yang merupakan otak dibalik kerja semua kerja hardware yang menjadikan semua perintah dilakukan oleh chipset. Chipset sering disebut sebagai processor atau SOC yang merupakan sebuah chip dimana dalam 1 tempat diintegrasikan beberapa hardware seperti Modem, Image processing dan lainnya. Mediatek merupakan salah satu vendor chipset terbesar untuk kelas menengah salah satunya yang akan kita bandingkan adalah Helio X10 dan Helio P10. Lihat Grafik perbandingan dibawah ini :



Kedua chipset tersebut mempunyai perbedaan fungsi dan kinerja dimana Helio P10 merupakan jenis processor baru yang dirilis setelah Helio X10. Helio X10 mengedepankan performa yang tinggi meski mempunyai arsitektur yang sama tetapi dengan GPU yang lebih baik yaitu PowerVRG6200, resolusi layar yang besar dan perekeman video resolusi tinggi yakni 4K serta dapat memutar kembali video beresolusi tinggi 2K dan 4K, Peroforma Helio X10 setara dengan Snapdragon 61x tetapi masih dibawah performa Snapdragon 801 dan 810 keatas.
Sedangkan Helio P10 hanya dapat menggunakan layar dan memutar video beresolusi maximal 1080P saja.Walaupun soal performa masih dibawah Helio X10, chipset Helio P10 mempunyai beberapa keunggulan karena didesain dengan daya rendah sehingga sangat irit battery. Di Soal kamera Helio P10 mempunyai fitur Truebright ISP dan Dual ISP terbaru sehingga dipastikan hasil kamerapun dapat menghasilkan lebih baik dibanding Helio X10 yang masih menggunakan dual ISP versi lama.
Disisi Koneksi jaringan Lagi lagi Helip P10 mempunyai keunggulan yang mampu melesat dengan jaringan LTE super cepat CAT 6 up to 300Mbps dibanding Helio X10 yang hanya mampu maximal dijaringan LTE CAT 4 up to 150 Mbps, tetapi diIndonesia tidak akan berpengaruh karena jaringan yang dicapai dinegara Indonesia rata rata hanya mencapai maximal 75 Mbps saja. Tentu dalam pemakaian kembali lagi ke pengguna apakah memerlukan fungsi resolusi tinggi serta perekaman video 4K atau tidak karena saat ini sedang marak maraknya teknologi VR yang membutuhkan layar dengan resolusi tinggi. Saat ini handset dipasaran yang menggunakan Helio X10 cukup banyak seperti Xiaomi Redmi Note 2,3,Infinix Zero 3 dll sedangkan handset yang memakai Helio P10 saat ini adalah Meizu M3 Note dan Flash plus 2.Manakah yang anda pilih?

Poskan Komentar Blogger

 
Top