TeknoPlace.Com - Pemerintah mulai sekarang menetapkan aturan TKDN atau Tingkat Kandungan Dalam Negeri yang menjadi musuh bagi beberapa vendor smartphone global dan hasilnya terbukti beberapa vendor yang yang sudah menjual perangkat 4G tak bisa masuk Indonesia. TKDN ditetapkanoleh pemerintah 20% untuk sekarang ini dan 30% mulai awal Januari 2017 sehingga mau tak mau beberapa vendor harus mempunyai pabrik atau rekanan untuk memenuhi kandungan dalam negeri yang ada di perangkat 4G nya.
CEO Erajaya Group Hasan Aula bahkan membuktikan dan menegaskan bahwa iPhone 6S series terancam tidak akan bisa dijual di Indonesia karena TKDN yang jauh dibawah 20%. Beberapa waktu lalu juga petinggi Apple memutuskan untuk negoisasi dengan pemerintah namun sampai sekarang belum jelas hasilnya sampai kapan. Bila di teliti di daftar postel iPhone 6S masih tertahan di dirjen Postel sehingga distributor nakal pun terpaksa menjual BM dengan harga yang cukup murah dan itu menjadi pukulan telak dari pemerintah karena semua toko online besar seperti Lazada, blanja.com, Blibli, Elevenia pun sudah menjual barang iPhone 6S BM beberapa bulan yang lalu. Jika pun iPhone 6S terpaksa harus dijual resmi di Indonesia maka koneksi 4G harus dimatikan dan dampaknya iPhone 6S hanya mempunyai koneksi 4G saja.
Selain Apple iPhone dengan iPhone 6S nya beberapa waktu lalu juga muncul vendor Huawei yang mematikan koneksi 4G secara hardware namun bisa saja diaktifkan 4G lewat OTA diam diam tanpa persetujuan pemerintah Indonesia. Hal yang sama terjadi juga dengan Infinix Zero 3 yang saat ini dijual sebatas dengan koneksi 3G saja sampai rekanan mereka yaitu Haier resmi membereskan aturan TKDN yang telah ditetapkan. Nantinya setelah Haier menuntaskan aturan TKDN untuk Infinix Zero3 maka Infinix akan menjanjikan untuk update OTA fitur 4G sehingga koneksi data 4G nya dapat digunakan.
Menurut pemerintah aturan TKDN tidak melulu soal hardware namun dapat juga berupa tempat riset , software yang melibatkan tenaga lokal Indonesia atau kemasannya. Akankah perangkat 4G lainnya akan menyusul menjadi perangkat 3G atau para vendor harus memperoleh sertifikasi TKDN dari pemerintah?

Poskan Komentar Blogger

 
Top