TeknoPlace.Com - Setelah merilis Meizu M2 Note pabrikan Meizu kembali mengenalkan seri mini dari perangkat sebelumnya. Meizu M2 adalah seri mini dari Meizu M2 Note dengan harga murah tetapi spesifikasi juga merupakan downgrade dari Meizu M2 Note. Disamping spesifikasi yang cukup tinggi pada tahun lalu salah satu fitur andalannya adalah kemampuan Kamera dengan mode manual dengan fitur yang mirip dengan Semi DSLR sehingga banyak pecinta Photography pastinya akan cocok untuk menggunakan smartphone ini. 
Meizu salah satunya datang ke pasar resmi Indonesia yang sebelumnya sangat terkenal dinegaranya karena kemampuannya mempunyai banyak produk elektronik dan audio yang berkualitas. Meizu merilis perangkat smartphone dengan system UI Flyme OS yang merupakan Android UI buatan Meizu sendiri yang sangat berbeda tampilannya dengan Android Vanilla seperti Nexus series. Meizu mempunyai dayak tarik sendiri dengan menghadirkan M2 dengan UI dan layar lebar 5 Inch, RAM 2GB serta dengan display 720P IPS LCD yang tajam serta dilapisi pelindung anti gores AGC Dragontrail/NEG T2X-. Meizu ditenagai MTK MT6735 processor ARM® Cortex®-A53™ 1.3GHz octa-core Full 64Bit yang cukup bertenaga. Body Meizu M2 dibungkus dengan Polycarbonate yang Solid warna putih tetapi cukup licin untuk dipegang.
Berbeda dengan Meizu M2 Note yang tampilan LCD lebih menawan dengan IGZO Screen 1080p dibanding IPS LCD yang ada di Meizu M2. Tetapi secara kasat mata hampir tidak bisa dibedakan antara FullHD Screen IGZO 1080P dan 720P LCS IPS. Perbedaan Hatdware dan lainnya bisa dilihat di Tabel berikut ini.


Unboxing



Unboxing ini paket yang disediakan standart saja seperti Smartphone nya itu sendiri , Charging dan Kabel data serta minus untuk earphone nya mungkin pihak Meizu tidak menyertakan earphone agar dapat dijual cukup murah padahal Meizu di China juga terkenal dengan produsen Headset dan Audio.

Free RAM dan Storage Awal


Saat pertama kali dihidupkan Meizu M2 mempunyai storage internal 9.9 GB dari 16GB totalnya sedangkan Free RAM yang tersedia saat Unboxing yakni 1.2-1.3GB Free RAM.

Design









Design Meizu M2 terlihat manis dan cantik serta aerodinamis meskipun layarnya belum menggunakan 2.5D artinya tetapi cukup nyaman dipegang dibanding kakaknya M2 Note yang terlihat bongsor. M2 mempunyai layar 5 Inch yang cukup untuk masuk kantong kalau dibandingkan dengan M2 Note yang mempunyai layar 5.5 Inch maka ukuran tersebut cukup besar dan tidak nyaman untuk dipegang apalagi masuk kantong.
Bagian atas Meizu M2 mempunyai port audio sedangkan dibawah terdapat port Micro USB yang diapit oleh Microphone dan speaker,desain bawahnya cukup terlihat mirip dengan iPhone 6. Bagian kiri terdapat ejector sim dengan model hybrid artinya pengguna hanya bisa memilih menggunakan dualsimcard atau single simcard + SdCard. Sedangkan bagian kanan hanya ada tombol Power dan Volume. Berbeda sedikit dengan M2 Note yang mempunyai tombol power dan volume dibagian sisi kiri dan kelemahannya tidak nyaman untuk melakukan screenshoot bila membutuhkannya.

UI  (User Interface)













Meizu menggunakan UI yang disebut Flyme UI hasil racikan vendor sendiri yang mempunyai keamanan yang cukup ketat. Flyme dibekali dengan Akun Phone Finder yang dapat diremote jarak jauh sehingga bila hilang dapat dikunci oleh pemiliknya jadi hati hati bila membeli perangkat Meizu dalam kondisi bekas dan cek apakah Flyme Acoountnya sudah di Log Out atau belum. Jika belum di Logout dan terkunci maka untuk menggunakannya kembali harus memasukkan password pemilik aslinya sehingga perangkat ini nantinya dapat digunakan kembali.

Bug Meizu M2

Saat Unboxing Flyme yang digunakan adalah versi 4.5.3i Internasional dan celakanya versi ini dikenal cukup banyak bug dari tidak bisa menambahkan akun google, tidak bisa dicharge dalam posisi off, battery tidak terisi hingga kontak dan notifikasi yang terkadang hilang sehingga cukup mengganggu, Untungnya versi stabil Flyme 4.5.4i telah tersedia dan dapat menyembuhkan berbagai macam bug. 
Memang perangkat ini dalam keluar box tidak langsung pakai karena banyak bug yang mungkin mengganggu terkadang ini tidak cocok untuk penggunaan orang awam. Tetapi upgrade dari versi 4.5.3i ke 4.5.4i cukup mudah hanya 3x tap saja maka perangkat ini dapat melakukan update system ke versi yang jauh lebih baik. Menu setting Flyme UI menggunakan 2 tab sehingga tab kiri dapat diswap ke kanan hingga muncul nama menu settingnya dan bagian kanan muncul settingan yang dapat di atur ( Lihat Gambar ).


Download Firmware Meizu M2 4.5.4i di link ini bila sudah tersimpan maka akan ada file zip dengan nama update.zip terlihat dengan logo flyme di file tersebut. Kemudian tap maka akan muncul popup system upgrade dan centang Wipe User data kemudian Reboot maka system akan melakukan pembaruan system selama 10-15 Menit dan tunggu sampai selesai. Sebelum update system lakukan backup terlebih dahulu agar file yang penting tidak hilang.

Spesifikasi








Meizu Ditenagai chipset MT6753 dengan arsitektur Arm A53 64BIT Quadcore serta dukungan GPU Mali T720MP2. OS dan hardware nya pun sudah mendukung penggunaan 64BIT tentu dengan OS 64BIT kerjanya akan lebih stabil dan maximal tetapi kelemahannya adalah bila smartphone tersebut masih menggunakan dibawah 4GB tentu tidak akan dirasakan manfaatnya.
Selain fungsi tersebut OS 64BIT memberikan manfaat untuk mengenali RAM diatas 4GB, hal ini tidak akan terdeteksi bila OS masih menggunakan Android 32BIT. Chipset MT6753 Quadcore Meizu M2 didukung RAM sebesar 2GB dan dukungan GPU Mali T720MP2,Chipset MT6753 ini merupakan kelas menengah yang sudah cukup untuk memnerikan kinerja sehari hari.

Display 



Display Layar Meizu M2 cukup bagus dan dapat dilihat jelas dengan dari angle manapun. Bahkan dibawah sinar matahari masih cukup terlihat dengan baik. Meski menggunakan resolusi 720P tidak akan membuat kecewa karena cukup jernih dan nyaman dimata meski dibandingkan dengan M2 Note yang sudah mempunyai resolusi 1080P.
Meizu M2 juga mendukung penggunaan layar sentuh hingga 10 Titik sentuh sehingga dapat membantu aplikasi yang membutuhkan titik sentuh yang banyak seperti games atau aplikasi alat musik.

DualSIM dan MicroSD



Meizu M2 menggunakan system hybrid pada slot simcardnya artinya pengguna hanya bisa memilih untuk menggunakan DualSim atau Single Sim + SDcard saja. Bila menggunakan Dualsim otomatis pengguna tak dapat menambahkan SDcard tambahan.
Kedua slot sim 1 maupun 2 dapat mendukung penggunaan jaringan 4G tentunya hanya salah satu saja mana yang ingin digunakan untuk koneksi 4G.

Sensor Box


Dengan harga cukup murah Meizu M2 membuktikan bahwa perangkat ini cukup jauh untuk dibilang perangkat murah karena sensor sensor yang diintegrasikan cukup lengkap. Jenis jenis sensor tersebut dapat ditemui di smartphone dengan kelas menengah diharga 3- 4 Jutaan rupiah. Tanda silang atau merah meruapakan tanda absennya sensor diperangkat ini. Uniknya Meizu M2 menggunakan Sensor Gyroscope berupa software yang terbentuk dari semua sensor yang sudah ada dan dibuatkanlah software sensor Gyroscope sebagai pengganti hardware. Meski menggunakan software gyroscope penggunaan aplikasi dengan sensor gyroscope tergolong lancar namun bila digunakan untuk bermain VR pandangan sudut 360 derajatnya tidak bisa  berjalan sempurna bila dibandingkan dengan sensor gyroscope yang berupa hardware, Walau bagaimanapun Sensor Gyroscope yang berupa hardware jauh akan lebih baik bila dibandingkan dengan sensor yang berupa software.

Performa








Meizu M2 menggunakan Chipset MT6735 dan GPU Mali T720MP2 bauatn Arm untuk kinerja nya meski merupakan chipset kelas menegah perpindahan aplikasi dan multitasking cukup lancar belum mempunyai amsalah lag yang berarti bahkan perpindahan beberapa aplikasi terbilang mulus dan tidak terjadi loading ulang untuk membuka recent apps,semua itu berkat kinerja RAM 2GB yang sudah cukup digunakan untuk sehari hari. Chipset MT6735 hanya mampu bekerja dengan jumlah 4 core saja secara maximal, namun untuk games kelas berat tentu masih kewalahan untuk menjalankannya. ntuk games kelas menengah masih dijalankan dengan lancar dan mulus tanpa kendala berarti.
Chipset MT6735 mempunyai kinerja sedikit diatas Qualcomm Snapdragon 410 yang dalam teorinya hanya mencapai score antutu 20.000an dibanding dengan MT6735 yang mempunyai score Antutu 27,000an secara teori. Tentu score tersebut tidak menjadi patokan dikatakan cepat atau lambat kinerja sebuah smartphone namun hanya sebuah membandingkan chipset lain atau smartphone lainnya.
Bahkan Meizu M2 hampir sama sejajar dengan score Meizu M2 Note yang mempunyai score Antutu 33000-35000an, selisihnya cukup di angka 2000an saja tetapi memang Layar FullHD pada Meizu M2 Note mempunyai beban yang cukup besar sehingga dengan resolusi 720P pada Meizu M2 cukup mampu bersaing dengan sang kakak Meizu M2 Note.

GPS Test

1.5 Tahun lalu vendor chipset Mediatek memang telat dan lemah dalam pengembangan chipsetnya karena terbukti pada waktu 1.5 Tahun lalu perangkat dengan chipset mediatek ini mempunyai daya tangkap GPS yang sangat lemah bahkan mengecewakan karena saat itu GPS pada chipset Mediatek lama untuk mengunci posisi bahkan sampai 5 Menit terkadang GPS tidak akurat.
Tahun 2015 Mediatek selaku vendor chipset MTK sukses membuat chipset dengan daya tangkap signal seluler dan signal satelit GPS yang akurat bahkan dibilang sangat cepat. terbukti di beberapa vendor lain yang menggunakan chipset MT67xx sangat akurat dan cukup cepat dalam kinerja menangkap satelit GPS. Dalam test 2x Meizu M2 sukses menjalankan GPS yang cukup cepat hanya dibawah 10 detik perangkat sudah dapat mengunci posisi GPS, bahkan tingkat kesalahan posisi real kita berada masih dibawah 10 Meter alias wajar. Dan dalam test ke2 kesalahan posisi hanya di 6 meter saja dan dibutuhkan waktu 4 detik saja untuk mengunci posisi GPS.

Ketahanan Battery

Daya tahan battery Meizu M2 terbilang baik bahkan lebih baik daripada Meizu M2 Note akrena komsumsi layarnya dengan resolusi besar,dalam grafik screenshoot perangkat Meizu M2 mempunyai daya tahan 10 jam hidup dalam kondisi terkoneksi dengan WIFI seharian penuh dan total layar hidup atau Screen On Time dicapai dalam waktu cukup lama yakni 7 Jam 17 menit.

Kamera

Kamera Meizu M2 dapat menghasilkan resolusi Maximal 13MP untuk kamera utama sedangkan 5MP untuk bagian depan tetapi kedua sisi kameranya mendukung untuk perekaman video recording up to 1080P.
Kamera Meizu M2 menggunakan sensor buatan beresolusi 13MP dengan aparture F/2.2 serta 5 Elemen Lensa yang mendukung 4X digital zoom, Video record 1080p yang dilindungi Blue glass IR filter. Sedangkan Kamera depan menggunakan resolusi 5MP 4 Elemen lensa, F/2.0 . Kamera depan Meizu M2 juga dibekali FotoNation smart selfie enhancement, Face AE face light boost serta dukungan video record yang sama 1080p dengan kamera utamanya. Sebuah kelebihan karena video record kamera depan seimbang dengan kamera utama.
Kamera Meizu juga menghadirkan fitur Beauty untuk kamera depan sehingga cukup berguna selfie untuk kaum wanita karena dengan mode Beauty hasil wajah yang difoto akan terlihat halus dan lebih putih dibanding aslinya. Fitur ini juga muncul saat mendeteksi wajah pengguna setelah foto diambil,fitur beauty mengijinkan pengguna untuk mengedit wajah, alis, mata hingga terlihat menarik dibanding aslinya.Selain itu kamera Meizu M2  juga mendukung fitur Slow Motion tetapi resolusi yang didapat hanya 480P saja.
Satu lagi keunggulan kamera Meizu M2 juga mendukung kamera mode manual yang artinya pengguna dapat mengatur shutter speed, Exposure time, ISO dan Fokus dengan mode manual sehingga pengguna dapat mengatur seberapa fokus dan seberapa blur dibelakang objectnya yang dapat diatur semau pengguna. Shutter speed dapat menghasilkan hasil foto Light Trails pada malam hari sehingga akan membentuk cahaya akan dapat ditangkap dengan hasil yang memanjang.

Menu Kamera
Menu kamera Meizu M2 persis seperti menu kamera pada Meizu M2 Note yang membedakan hanya ukuran layar yang sudah FullHD jadi jangan heran kalau hasil foto yang dihasilkan M2 jika di transfer ke M2 Note maka bisa jadi hasilnya akan lebih bagus karena layar M2 Note yang lebih detail karena resolusi layar yang lebih tinggi. Berikut adalah contoh sample jepretan kamera Meizu M2 yang hanya mengalami resize saja tanpa edit dengan aplikasi pengolah foto. Fitur Menu Kamera Dapat dilihat di Review M2 Note Berikut ini :
Baca Juga : Review Fitur dan Menu Kamera Meizu M2 Note

Tampilan Kamera mode pada Meizu M2 mempunyai 7 mode yang dapat digunakan di beberapa kondisi yang diinginkan. Mode Auto digunakan untuk menjepret langsung dengan pengaturan otomatis menyesuaikan lingkungan sekitar termasuk kondisi cahaya dan fokus menurut objek secara cepat.
Mode Beauty digunakan untuk menampilkan editing wajah yang diinginkan baik berupa warna kulit, bentuk wajah dll. Mode Panorama untuk mengambil gambar dengan sudut atau area yang panjang. Mode Light Field untuk menjepret foto refokus yang dapat mengambil gambar fokus setelah objek dijepret.
Mode Scan digunakan untuk scan barcode sedangkan slow motion untuk merekam gerakan dalam mode lambat namun resolusi yang dihasilkan hanya VGA sehingga memerlukan thirdy party app untuk menggunakan resolusi lebih tinggi. Satu lagi kemampuan Meizu M2 yang tak dimiliki smartphone dengan harga dibawah 2 juta adalah kemampuan mengambil foto dengan manual sehingga pengguna dapat mengambil foto dengan pengaturan fokus manual yang bisa di atur, Shutter speed up to 10s, Exposure time , ISO , Saturaton dan lain lain. Mode Manual sangat cocok digunakan dalam mengambil foto makro agar terlihat detail dan maximal.






Dalam mode Auto pengguna juga dapat mengatur masuknya posisi cahaya sehingga cahaya dapat diatur posisi dari arah manapun. Kursor berupa lingkaran putih merupakan kursor untuk mengatur masuknya dan datangnya cahaya sehingga sebelum menjepret foto cahaya dapat di set sebelumnya. Gamabr diatas dapat diketahui perbedaan dengan posisi dan tempat yang sama tetapi posisi kursor terletak diarea berbeda maka akan menghasilkan perbedaan cahaya yang masuk juga.

Menu Settingan Manual


Meizu M2 juga mendukung pengaturan shutter speed atau kecepatan rana, pengaturan ini akan menugaskan sensor kamera seberapa cepat atau lambat shutter sensor kamera akan dibuka. Semakin angka s nya banyak maka sensor akan merekam gambar dalam waktu yang lama misalnya 10s. Misalnya untuk mengambil trik foto Ligth Trail pada objek cahaya, bila disetting dalam waktu yang lama maka sensor akan merekam cahaya dalam waktu yang diinginkan sehingga kita akan mendapatkan effek cahaya yang panjang karena cahaya akan direkam dalam waktu 10s atau 10 detik. Tetapi untuk mendapatkan effek cahaya maka kita juga harus menggunakan settingan ISO yang rendah agar terlihat lebih gelap sehingga cahaya akan lebih hidup. Sedangkan shutter cepat seperti dibawah 1s misalnya 1/500, 1/1000, 1/2000 dll dapat digunakan untuk mengambil gambar agar terlihat lebih tajam dan bebas blur seperti pemandangan alam atau objek bergerak.


Fokus Manual

Fokus Manual

ISO Up to 1600

Exposure

Mode Beauty

Mode Panorama

Kamera Sample ( Manual Fokus )



Kamera Sample ( Malam )



Kamera Sample ( Indoor )


Kamera Sample ( Low Light )



Kamera Sample Light Trail ( By Pramusd IG ) Manual SS 10S/ISO100




Detail datanya dapat dilihat dengan settingan manual dengan settingan ISO 100 dan exposure time atau shutter speed selama 10s. Gallery bawaan Meizu juga dapat merename dan meresize dalam satu tap saja sehingga tidak memerlukan tambahan aplikasi lainnya. pengguna hanya tinggal tap hurus i pada kanan atas maka pilih rename untuk mengubah nama gambar dan resize untuk merubah ukuran resolusi hasil foto.

Kamera Sample HDR


Kamera Sample ( Auto )


Kamera Sample ( Depan )




Kamera Edit Beauty





Kesimpulan
Meizu M2 merupakan versi lebih murah dari Meizu M2 Note sehingga dengan harga yang selisih 300.000an maka tentu spesifikasinya akan turut didowngrade tetapi kualitas kamera utama tidak mengalami perubahan sama sekali kecuali kamera depan yang menggunakan sensor berbeda dan tidak mendukung wide angle. Meizu M2 mempunyai keistimewaan kamera dengan mode manual dan untuk seri ini dengan kelas dibawah 2 Juta tentu belum ada lawan seimbang untuk menghasilkan jepretan dengan kualitas yang bagus apalagi nantinya update Flyme 5 menunggu versi stabil yang tentunya banyak fitur yang ditambahkan ke dalam Meizu M2 terutama perbaikan bug dan Fitur kamera yang jauh lebih baik.

Kelebihan
  • Harga Murah dibawah 2 Juta
  • Mode Kamera Mendukung Mode Manual
  • Flyme UI nya yang Menarik
  • Flyme Account Untuk Keamanan yang baik
  • Score Antutu yang tinggi dibanding MT6735 perangkat lain
  • Battery Lumayan Irit
  • Smooth tanpa lag jika digunakan Non Gaming
  • Dapat di Update OS Flyme 5 Dengan banyak fitur
  • Kamera Depan dan Belakang sama sama mendukung video record 1080P
  • Mendukung 4G di Slot Sim 1 maupun 2
  • Mendukung 4G Smartfren
Kelemahan
  • Layar hanya mempunyai resolusi 720P
  • Banyak Bug bila tidak di update ke versi Flyme yang lebih tinggi.
  • Casing Glossy cukup licin dipegang
  • Kamera Depan tidak wide angle dan kurang maximal
  • Charging Cukup lama
  • Harus Kebiasaan dengan tombol mBack di Home Buttonnya
  • Aksesoris lebih sedikit dibanding M2 Note
  • Flash Led hanya Single dibanding M2 Note yang sudah Dualtone
Update : OS Flyme 5 Global sudah tersedia untuk Meizu M2 yang banyak mempunyai perubahan serta perbaikan semua bug dan kinerja terbaru. Changelog Dapat dilihat disini. Cara Upgrade Dari OS Flyme 4 sebagai berikut :
  • Download Flyme OS 516 Global Di Link Ini
  • Bila sudah tersimpan di Storage Meizu M2 cari dengan file menu Document
  • Tap File update.zip OS Flyme 516 yang telah didownload
  • Akan muncul Popup Windows yang diharuskan untuk mulai mengupgrade
  • Centang Wipe User Data untuk Fresh Install
  • Tap Reboot maka system akan memverifikasi File update dan mengupdate OS nya
  • Tunggu system upgrade kurang lebih 10-15 Menit.
  • Selesai

Poskan Komentar Blogger

  1. Cara update yang benar ke firm yang lebih tinggi bagaimana, mas? Soale pas recharge baterai sudah 100% tapi kok tampilannya 1%...pengen saya upgrade tapi takut salah, malah4-malah nanti tidak bisa digunakan. terima kasih atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah ada step2nya diatas..selesai download versi 454i/ 516G terbaru cari file lewat menu document.Download Firmware Meizu M2 4.5.4i di link ini bila sudah tersimpan maka akan ada file zip dengan nama update.zip terlihat dengan logo flyme di file tersebut. Kemudian tap maka akan muncul popup system upgrade dan centang Wipe User data kemudian Reboot maka system akan melakukan pembaruan system selama 10-15 Menit dan tunggu sampai selesai. Sebelum update system lakukan backup terlebih dahulu agar file yang penting tidak hilang.

      Hapus
  2. min nanya, system upgrade kurang lebih 10-15 Menit tapi punya saya nyampe 30 lebih belom kelar ini:
    bisa dimatiin gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya ditggu saja..apakah yakin firmwarenya bener n gk corrupt?

      Hapus
    2. M2 sy ada keterangan corupt firmware, gmn cranya mas?

      Hapus
  3. bisa bantu ga mas.
    meizu m2m ane
    udh update fw yg 5.1.10G
    tapi pas di klik install "fw corrupt"
    padahal file fw nya gaada yg corrupt, ane dwonload aja sukses,
    udah pake fw 5.1.6,5.1.4.5.1.9 tetep laporannya fw corrupt terus.
    ada yg bisa bantu ga.?
    keadaan hp skrg cuma stalk di logo meizu aja.
    thanks

    BalasHapus

 
Top