TeknoPlace.Com - XL kemarin resmi ujicoba jaringan VoLTE di Indonesia kali ini XL memilih Surabaya dan Denpasa sebagai kota untuk ujicobanya. XL bekerja sama dengan VoLTE (Voice Over LTE) dan RCS (Rich Communication Suite) untuk melakukan ujicoba ini sekaligus live trial untuk 2 kota berbeda.
VoLTE merupakan voice data atau menelpon dengan menggunakan jaringan data LTE yang diklaim lebih jernih dan bersih dari suara aslinya bahkan smartfren juga akan mengujicoba layanan ini serupa. Manfaat dari Vo LTE adalah panggilan suara dengan kualitas "HD voice" dan juga hemat daya, serta talktime menggunakan VoLTE lebih lama sekitar 1.5 kali dibandingkan aplikasi VoIP yang lainnya. Secara teknis, pada VoLTE, call set-up juga sangat singkat yang hanya perlu 1-2 detik. Sementara itu, pada umumnya layanan nelpon lainnya rata-rata membutuhkan 5-6 detik lebih lama.
Dengan adanya teknologi ini juga operator juga akan lebih hemat dalam alokasi pita frekuensi sehingga operator juga bisa melayani lebih banyak 2 kali untuk voice call/MHz. Kedepannya operator juga akan mengembangkan jaringan Move LTE yang akan memperlancar jaringan penggunaan VoLTE saat tidak berada di area non LTE ataupun sebaliknya. Vo LTE akan dapat menarik pelangan yang lebih banyak dari VOIP karena lebih hemat. Dimasa yang akan datang dapat juga komunikasi voice akan ditinggalkan dan untuk mengantisipasinya VoLTE adalah jawaban yang tepat sehingga konsumen atau pelanggan masih dapat menggunakan layanan suara lewat data.

Poskan Komentar Blogger

 
Top