TeknoPlace.Com - Pabrikan smartphone China cukup diterima pasar Indonesia mulai 2015 lalu yang dikarenakan beberapa vendor yang berasal dari china mempunyai spesifikasi dan hardware yang tk kalah jauh dengan pabrikan lokal sebesar Sony, Samsung dan Apple. Pabrikan China banyak mempunyai cara bagaimana produknya diterima di pasar Indonesia sehingga pabrikan dapat memberikan beberapa fitur yang optimal yang disukai oleh pasar Indonesia. Disamping spesifikasi yang cukup tinggi pada tahun lalu salah satu fitur andalannya adalah kemampuan Kamera dengan mode manual dengan fitur yang mirip dengan Semi DSLR sehingga banyak pecinta Photography pastinya akan cocok untuk menggunakan smartphone ini. Lalu apakah maksud kamera dengan mode manual? kita simak review kita dibawah ini.
Meizu salah satunya datang ke pasar resmi Indonesia yang sebelumnya sangat terkenal dinegaranya karena kemampuannya mempunyai banyak produk elektronik dan audio yang berkualitas. Meizu merilis perangkat smartphone dengan system UI Flyme OS yang merupakan Android UI buatan Meizu sendiri yang sangat berbeda tampilannya dengan Android Vanilla seperti Nexus series. Meizu mempunyai dayak tarik sendiri dengan menghadirkan M2 Note dengan UI dan layar lebar 5.5 Inch, RAM 2GB serta dengan display IGZO 1080P buatan Sharp yang tajam serta dilapisi pelindung anti gores AGC Dragontrail/NEG T2X-. Meizu ditenagai MTK MT6753 processor ARM® Cortex®-A53™ 1.3GHz octa-core Full 64Bit yang cukup bertenaga. Body Meizu M2 Note dibungkus dengan Polycarbonate yang Solid tetapi cukup licin untuk dipegang.

Unboxing






Storage dan RAM Awal



Saat Unboxing Storage awal tersisa 9.9GB dari 16GB yang tersedia tetapi storage total 16GB tentu akan dipotong oleh system dan OS nya sendiri sehingga total storage 16GB biasanya realnya akan tersedia 12GB-13 GB. Sama halnya dengan RAM saat awal unboxing RAM yang terpakai adalah 1GB dan 865 MB tersedia bebas.

UI (User Interface)
Meizu M2 Note mempunyai khas user Interfac sendiri yang dinamakan Flyme OS buatan Meizu sendiri yang sangat berbeda dengan kebanyakan smartphone dari vendor lain. Ikon ikon di setiap aplikasi mempunyai khas flat dan modern yang belum diterapkan di vendor lain. Ikon ini cukup menarik untuk dilihat sehingga tidak bosan dengan smartphone kebanyakan. Flyme UI juga sangat interaktif dan mempunyai banyak fitur seperti thema , Smart Gestures dan Smart Touch. Seperti Xiaomi, Flyme OS tidak mempunyai App Drawer seperti Samsung sehingga deretan aplikasi akan terlihat saat digeser langsung.
Untuk menggunakan recent apps atau multitasking pengguna tinggal menswipe layar dari bawah keatas maka seketika muncul menu Recent Apps atau aplikasi yang terakhir dibuka dan juga sekaligus untuk mengatur multitasking.














Design

Tampak Depan

Tampak  Belakang

Desain Kamera dan Dualtone Flash

Sisi Bawah

Sisi Atas Terlihat Port Audio dan Mic

Bagian Bawah Terlihat Speaker, Port USB, Mic
Tombol mBack 

Sisi Kanan Tampak Slot Ejector

Sisi Kiri Tombol Power dan Volume
Meizu M2 Note mempunyai desain yang cukup menarik dengan bahan Polycarbonate yang solid dan kokoh namun cukup licin untuk dipegang karena back case belakangnya tidak mempunyai serat karena halus (Glossy) saat dipegang dan polos sehingga tampak licin. Battery Meizu M2 Note menggunakan model Unibody sehingga Battery tidak dapat diganti sembarangan sama halnya seperti iPhone. Pada Sisi depannya hanya terlihat tombol Home yang dinamakan mBack yang mempunyai 2 fungsi sekaligus, sentuh untuk kembali 1 langkah menu dan tekan untuk kembali ke home awal. Layarnya 5.5 Inch FullDH IGZO buatan Sharp sayangnya desain tepi layar tidak 2.5D sehingga bagian tepi tampak polos.
Bagian atasnya terdapat port audio 3.5mm dan mic sedangkan bagian sisi bawah terdapat Mic, Port USB dan Speaker. Meizu M2 mempunyai dual mic dibagian atas dan bawah sehingga penerimaan sangat baik saat digunakan untuk telepon atau merekam suara sekitarnya karena dapat ditangkap dalam 2 arah.
Bagian kanan hanya terdapat slot ejector untuk menempatkan Slot Sim Hybrid dan MicroSD sehingga pengguna hanya dapat menggunakan single sim saat yang sama pengguna menggunakan MicroSD. Bagian sisi kiri terdapat tombol power dan Volume Plus Minus, kelemahannya tombol power dan Volume yang diletakkan di bagian kiri akan mengganggu saat memakai fitur ScreenShoot karena posisi tangan yang harus menekan Power + Volume Minus bersamaan.

SimCard dan MicroSD




Bagian kanan hanya terdapat slot ejector untuk menempatkan Slot Sim Hybrid dan MicroSD sehingga pengguna hanya dapat menggunakan single sim saat yang sama pengguna menggunakan MicroSD. Bagian sisi kiri terdapat tombol power dan Volume Plus Minus, kelemahannya tombol power dan Volume yang diletakkan di bagian kiri akan mengganggu saat memakai fitur ScreenShoot karena posisi tangan yang harus menekan Power + Volume Minus bersamaan. Semua Slot SimCard Meizu M2 Note mendukung koneksi 4G namun tetap harus aktif bergantian slot mana yang akan digunakan untuk data. Bila menggunakan dualsim aktif pengguna tidak dapat memasang Slot MicroSD.
Meizu m2 Note mendukung jaringan FDD-LTE 1800Mhz seperti Tsel, Indosat, Tri, XL dan TDD-LTE 2300Mhz seperti Smartfren atau Bolt sedangkan koneksi Non LTE lainnya adalah / TD-SCDMA / WCDMA / GSM.
Setting Jaringan 4G Smartfren :
  • Masukkan Sim Smartfren 4G di Slot 1/2 dan pastikan daerah anda tercover 4G Smartfren
  • Dial ke *#*#3646633#*#* dan pilih "Network Selecting" dan pilih "LTE Only"
  • Menu EngineerMode pilih "BandMode" pilih SIM1 atau SIM2 di mana sim 4G di pasang, di bagian LTE mode pastikan Band 40 di centang
  • Masuk Setting Meizu M2 Note dan pilih Dual sim and Network
  • Pastikan 4G di setting simcard management sudah aktif
  • Pastikan signal 4G muncul
  • Masuk ke Mobile data" dan "Mobile data" di ON serta pilih sim card 4G nya di centang
  • Masuk ke "network mode" dan pilih "4G First"
  • Masuk ke pengaturan APN
  • Untuk 4G Bolt buat nama apn bolt dan apn nya "internet" sedangkan untuk Smartfren buat nama apn nya smartfren dan apn nya "smartfren4g"
  • Pilih APN yang dibuat
  • Kembali ke menu "APNs" kemudian pilih Card1 atau Card2 di mana sim 4G di pasang lalu pilih pada tulisan apn yg baru di buat di sebelah kanan hingga muncul tanda centang
  • Selesai dan pastikan signal 4G Smartfren atau Bolt muncul.


Spesifikasi





TouchScreen


Layar sentuh Meizu M2 Note mendukung 10 Titik sentuh artinya dengan titik sentuh tersebut pengguna diuntungkan dengan penggunaan games dan juga aplikasi yang membutuhkan titik sentuh yang cukup banyak seperti aplikasi alat musik, games dan lainnya.

Performa dan Battery






Meizu M2 Note mempunyai score Benchmark yang standart seperti smartphone lainnya yang menggunakan chipset MT6753 yang sama. Karena sudah mempunyai arsitektur 64 Bit baik sisi hardware maupun OS nya merupakan keuntungan tersendiri karena mempunyai performa yang stabil.
Score dalam pengujian Benchmark bukanlah segalanya untuk mengukur performa smartphone namun paling tidak kita mempunyai patokan bahwa smartphone ini dapat dibandingkan performanya dengan smartphone lainnya tanpa mengetest dan menjalankan berbagai aplikasi dan games. 
Hasil test bermain games High Grafik seperti Vainglory, NFS No Limit, Clash of Clan, MC 4, NFS Most Wanted, Real Racing 3, Dungeon Quest lancar dan Penggunaan baterai 100% - 3% : bertahan dalam 2jam 12menit. Kondisi Meizu panas di bagian bodi atas namun masih tahap wajar karena smartphone bukan di desain untuk gaming kesehariannya. Menurut Hasil test 3D Mark Meizu M2 Note mempunyai score 176 cukup tinggi karena menggunakan render OPENGL 3.0.
Saat dalam keadaan Charging Meizu M2 Note mempunyai daya pengisian yang cukup cepat karena mempunyai Charging daya 2 Ampere sehingga keadaan posisi 15-100%  hanya dalam waktu 2 Jam saja padahal battery Meizu M2 Note mempunyai kapasitas 3100 mAH. Karena menggunakan Layar FullHD otomatis layar akan mengkomsumsi daya yang besar pula karena mempunyai resolusi yang cukup tinggi apalagi layarnya 5.5 Inch. 
Dalam kondisi battery 100% Screen On Time Meizu M2 Note dapat tembus hingga 3-4 Jam tetapi battery masih sisa 35 - 50% kondisi ini cukup irit apabila dibandingkan Redmi Note 2 dengan Screen On Time yang sama Redmi Note sudah dalam keadaaan 5% saja. Bila ingin menambah daya irit battery Meizu M2 Note pengguna dapat mengaktifkan Super Saving sehingga layar akan menjadi Hitam Putih saja.



Jenis Sensor 

Sensor yang terintegrasi Meizu M2 Note cukup lengkap bahkan dalam test sensor box tersebut hanya Temperature sensor dan pressure sensor yang absen dalam perangkat ini. Cukup memuaskan untuk smartphone harga dibawah 2 Juta.

Test GPS


Meizu M2 Note mempunyai daya penerimaan GPS yang sangat baik bahkan dalam test tersebut posisi di outdoor GPS terkunci dengan baik hanya dalam waktu 2-3 detik saja dengan kesalahan atau error 4-6 meter atau 12- 15 langkah kaki saja. Kesalahan tersbut masih cukup wajar karena masih dibawah 10 meter saja. Tampaknya Flyme OS ini sangat optimal untuk penggunaan navigasi atau aplikasi berbasis GPS.

Fitur Fitur Gestures dan Smart Touch




Perangkat ini mempunyai smart gestures yang cukup lengkap sehingga dapat membantu saat screen on. Smart gesture ini mempunyai beberapa shortcut untuk mengaktifkan berbagai macam aplikasi saat layar posisi mati. Dengan double tap pengguna hanya mengetuk layar 2x untuk mengaktifkan layar. Saat layar padam dapat juga untuk mengaktifkan berbagai macam aplikasi dengan gesture huruf yang sudah disetting sebelumnya.Misalnya dengan menggeser layar seperti huruf C maka akan masuk ke kamera, huruf S dapat langsung masuk ke menu setting tetapi semuanya harus di setting sebelumnya.Fitur ini dapat membantu agar tombol power tidak mudah rusak.
Selain Smart Gesture ada juga fitur Smart Touch yang berfungsi sebagai tombol virtual bulat transparan seperti iPhone namun dengan fungsi yang lebih seperti back, home, launch dan end task sebuah aplikasi. Fungsi ini dapat digunakan untuk menggeser layar atau menswipe layar ke kanan dan kekiri sehingga icon bundarnya dapat berubah memanjang mengikuti arah swipe yang menyesuaikan. Selain digunakan dengan cara di swipe Smart Touch juga dapat dijalankan dengan double tap. Untuk lebih lengkapnya simak video berikut ini :


Kamera Dan Fiturnya

Pilihan Mode Kamera
Kamera Meizu M2 Note menggunakan sensor buatan Samsung beresolusi 13MP dengan aparture F/2.2 serta 5 Elemen Lensa yang mendukung 4X digital zoom, Video record 1080p, 300° panoramic lens yang dilindungi Blue glass IR filter. Sedangkan Kamera depan menggunakan resolusi 5MP OV5670 buatan OmniVision, 4 Elemen lensa, F/2.0 yang mendukung Angle Lebar 69°. Kamera depan Meizu M2 Note juga dibekali FotoNation smart selfie enhancement, Face AE face light boost serta dukungan video record yang sama 1080p dengan kamera utamanya. Sebuah kelebihan karena video record kamera depan seimbang dengan kamera utama.
Kamera Meizu juga menghadirkan fitur Beaty untuk kamera depan sehingga cukup berguna selfie untuk kaum wanita karena dengan mode Beauty hasil wajah yang difoto akan terlihat halus dan lebih putih dibanding aslinya. Selain itu kamera Meizu M2 Note juga mendukung fitur Slow Motion.
Satu lagi keunggulan kamera Meizu M2 Note juga mendukung kamera mode manual yang artinya pengguna dapat mengatur shutter speed, Exposure time, ISO dan Fokus dengan mode manual sehingga pengguna dapat mengatur seberapa fokus dan seberapa blur dibelakang objectnya yang dapat diatur semau pengguna. Shutter speed dapat menghasilkan hasil foto Light Trail pada malam hari sehingga akan membentuk cahaya akan dapat ditangkap dengan hasil yang memanjang.

Setting Kamera Utama

Setting Shutter Speed

Setting Fokus Manual

Setting ISO

Mode Video Record

Setting Exposure Time

Setting ISO

Dukungan Resolusi Video dan Foto

Setting Kamera Depan
Contoh Hasil Kamera 




Hasil Foto Manual Fokus





Hasil Foto Super Macro Lensa Tambahan Lensbongbinokuler Credit By Supardi Sunie



Kesimpulan

Meizu M2 Note mempunyai banyak fitur yang dengan harga dibawah 2 Juta konsumen sudah mendapatkan smartphone buatan china dengan kualitas yang sangat baik. Ini dibuktikan dengan desain mewah dan menarik serta Layar 5.5 Inch nya merupakan jenis IGZO buatan Sharp. Tidak hanya itu saja salah satu daya tarik Meizu M2 Note adalah kemampuan kamera yang jauh diatas rata rata untuk smartphone dibawah harga 2 Juta.
Kamera dengan mode manualnya dapat dimanfaatkan untuk digunakan dalam mode macro. low light bahkan membuat photografi layaknya kamera profesional. Pengguna dapat diuntungkan dengan fitur da kualitas kamera nya dapat membuat hasil foto yang berkualitas. Selain kemampuan kamera ada juga kemampuan gaming yang cukup menarik dan daya tahan battery yang cukup untuk seharian. Dengan harga dibawah 2 Juta Meizu layak menjadi best camera phone pada harga maximal 2 Juta. Namun pada era tahun 2016 hardware Meizu M2 Note terbilang ketinggalan karena Era RAM 3GB sudah dimulai untuk pengalaman multitasking pengguna yang maximal. Bahkan Chipset MT6753 yang digunakan Meizu pada tahun ini jelas ketinggalan.
Oh ya satu kelebihan keamanan yang dimiliki oleh Meizu M2 Note adalah Flyme Cloud. Perangkat ini tidak mengijinkan untuk membuka kunci bootloader sehingga pihak Meizu sangat mementingkan keamanan. Meizu Dilindungi oleh Flyme Cloud. Bila pengguna sudah login ke Flyme Account maka akun Flyme tersebut akan tetap menempel di hardware.Sehingga bila pengguna akan menjual sekend maka diharuskan pemilik pertama sudah log out akun Flyme Akunnya. Jika tidak di Log Out dan perangkat terlanjur di Wipe maka perangkat tersebut tidak dapat digunakan sama sekali sampai login ke Flyme Acoount sebelumnya.
Flyme account ini sangat menguntungkan saat smartphone hilang, pengguna tinggal melakukan kunci jarak jauh dari komputer untuk wipe data dan mengunci akun flymenya. Dengan cara ini Meizu M2 Note tidak akan bisa digunakan oleh penemu/ pencurinya.Selama Akun Flyme nya tidak di Login maka smartphone bisa dikatakan menjadi rusak atau sama sekali tidak berguna.

Kelebihan
  • Layar Lega dengan resolusi 1080P
  • Kamera Mempunyai Banyak Fitur Dengan Kelebihan Setting Manual
  • Battery Irit
  • UI menarik sehingga tidak bosan
  • Keamanan Flyme Account sangat berguna
  • Fitur Fitur Gesture lengkap
  • Kamera depan dan belakang mendukung Video Record 1080p
  • Harga Terjangkau Rp 1.899.000 Untuk fitur yang hebat.
Kelemahan
  • Layar agak Warm / Kuning Solusinya atur melalui aplikasi ini
  • Games kelas berat untuk grafik Very High terjadi lag
  • Tidak ada Radio
  • Back case Glossy dan Licin
  • Slot SimCard Model Hybrid ( Tidak dapat dualsim bila memakai MicroSD )
  • Audio kurang nendang ( Pelan )
  • Tombol Home untuk Back ( Sentuhan ) kadang kurang responsif

Poskan Komentar Blogger

 
Top