TeknoPlace.Com - SMS diprediksi pada beberapa tahun lagi akan musnah bahkan tidak akan ada lagi yang menggunakannya sehingga Google dikabarkan akan membuat standart baru untuk layanan SMS. September 2015 lalu Google membeli sebuah startup layanan Jibe Mobile yang mengembangkan sebuah standart SMS baru yang dinamakan RCS, tidak hanya Jibe Mobile yang akan bekerja dibelakang dalam hal ini tetapi Seluruh operator seluler besar didunia diajak untuk bekerja sama dalam hal untuk menggunakan trial platform ini.

Nantinya OS Android akan memiliki sebuah layanan SMS baru dengan teknologi Rich Communication Service yang nantinya akan dinahkodai oleh Google sebagai pemilik OS Android. Standart baru ini akan membuat layanan SMS RCS akan bisa mengirim foto, video, suara dan lainnya setara dengan Facebook Messenger, Whatsapp, Telegram dan aplikasi messenger lainnya. SMS dengan teknologi RCS akan dapat mengirim data dengan ukuran cukup besar bahkan dapat membuat grup percakapan dan dapat mengetahui pesan telah terbaca atau seseorang sedang membalas pesannya. STandart baru ini akan membawa Operator diuntungkan karena dapat membuat pendapatan yang lebih baik lagi semenjak pesan SMS turun dan sudah tidak dipakai lagi oleh kebanyakan orang orang.
Belum jelas kapan Google akan mengumumkan resmi teknologi ini tetapi Google berharap Operator Operator besar akan memulai pada akhir tahun ini. Mungkinkah teknologi ini akan diumumkan Google saat acara Google I/O 2016 nanti? Kita tunggu saja.

Poskan Komentar Blogger

 
Top