TeknoPlace.Com - MIUI 7 resmi dirilis beberapa bulan lalu tepatnya bulan Agustus dan pada bulan ini Xiaomi memberikan kejutan dengan update mayor MIUI versi 7.1.1 Global stabil yang dirilis untuk pengguna diseluruh dunia pada awal Januari 2016. Lalu apa perbedaan dari MIUI 7 dan MIUI 7.1.1 pada fiturnya? Fitur MIUI 7.1.1 tidak berbeda jauh dengan versi MIUI 7 tetapi banyak perbaikan untuk keamanan data pengguna. Mulai MIUI 7 ini Xiaomi menggunakan UI yang cukup flat dan mirip dengan iOS 9 dalam hal fitur dan warnanya. Warna seperti ini juga ditemui Android 5.1 Lolipop dengan tema material Design. Kami menggunakan perangkat Redmi 2 dan Redmi 1s untuk Review nya. Meskipun perangkat lama Xiaomi tetap memperbarui versi OS nya demi untuk kenyamanan penggunanya.Ini lah beberapa fitur dan Review nya :

UI / Tampilan









MIUI 7.1 memiliki system UI yang tidak berbeda jauh dengan MIUI sebelumnya banyak berbagai thema yang tersedia di Mi Store sehingga tampilan dapat diubah sesuai pengguna. Beberapa thema standart bawaan adalah High Life, Rose UI, Pink Blush dan Ocean Breeze.

Browser
Browser MIUI memiliki Data saver yang akan menghemat bandwith hingga 50%, dengan mengaktifkan data tersebut maka browsing akan lebih hemat data dan dapat dibuka lebih cepat. Xiaomi bekerja sama dengan Opera untuk menggunakan fitur ini.

Font
Fitur unik MIUI ini adalah berfungsi mengatur besarnya font yang akan digunakan sangat cocok dengan penggunaan untuk Orangtua. Dengan mengaktifkan ini maka akan etrdapat beberapa pilihan besar font.


Baby/ Child Album
Fitur ini berfungsi untuk mengoleksi semua foto anak didalam folder yang sama,uniknya fitur ini dapat mengelompokkan otomatis dan dapat mendeteksi foto berdasarkan wajah anak. Sehingga 1 orang anak dapat dikelompokkan otomatis yang sebelumnya harus di sync ke Mi CLoud. Kekurangan fitur ini adalah harus membutuhkan koneksi internet karena perangkat akan mensync ke Cloud server.

Child Mode :

MIUI 7.1  mendukung Child Mode yang dapat mengamankan data dari tangan seorang anak , dengan mengatur setting Child Mode maka seorang anak hanya mampu mengakses Aplikasi yang terbatas. Anda dapat mengatur aplikasi dan sejumlah pengaturan terbatas untuk sang anak. Beberapa vendor smartphone hampir mempunyai fitur ini karena akan membatasi akses sang anak. Pengguna dapat mengatur aplikasi yang akan ditampilkan dalam mode anak.


One Hand Mode

Fitur ini akan menampilkan layar yang lebih kecil sehingga dapat diakses sebelah kiri atau kanan. One Hand Mode dapat diatur dengan layar sebesar 4 Inch dan 3.5 Inch. Fitur ini bila di Screenshoot akan tetap menampilkan homescreen sesuai layar yang kecil sehingga tidak dapat di capture full screen sesuai resolusi aslinya.




Muse :
Fitur bernama Muse ini memungkinkan kamu untuk secara mudah menciptakan Themes yang kaya animasi dengan konten dinamis , jadi anda dapat membuat Theme sendiri hanya melalui MIUI 7.1 ini. Theme ini juga mempunya animasi bergerak saat membuka Kunci Layar. Untuk Import thema dapat dilakukan menu Downloaded dan Pilih Import dari Storage.


Kamera
Kamera dengan interface baru serta dengan pengaturan mode manual namun dengan akses terbatas. Tiap perangkat mempunyai pengaturan mode manual dengan beberapa pengaturan lebih lengkap. tetapi karena menggunakan perangkat low end maka mode manual hanya terbatas di pengaturan ISO dan Balance.



Caller Video Tone :
Fitur ini merupakan sebuah video yang bisa dijadikan nada dering yang sudah ada di MIUI 7, bila ada panggilan masuk maka video tersebut akan menjadi nada dering lengkap dengan video dan suara yang ada di video tersebut. namun fitur ini hanya bisa digunakan antar sesama pengguna MIUI 7 atau keatas. Fitur yang tidak berbeda jauh dengan MIUI 7 sebelumnya.

Caller Video Tone

Menu Power dengan UI Baru
Menu Power MIUI 7.1 cukup membawa perubahan dari sebelumnya, tampilan UI menu power lebih interaktif dan cukup nyaman dilihat.


Lock Mi CLoud
MIUI 7 mendukung untuk pengamanan data dengan Mi CLoud tetapi fitur pengamanan data hanya dapat dijumpai di perangkat Xiaomi kelas menegah keatas. Dengan update kecil berupa MIUI 7 versi developer global 6.1.8 mulai melakukan perubahan dengan pengamanan data secara universal ke semua perangkat Xiaomi termasuk kelas low end. Fitur ini berguna bila bila perangkat hilang akan dapat dikunci pemiliknya jarak jauh sehingga bila pemiliknya melakukan reset data maka perangkat akan terkunci dan meminta aktifasi akun pemilik sebelumnya. Fitur ini sebenarnya tidak berguna bila bootloader dalam keadaan terkunci karena dapat menggunakan ROM selain MIUI agar dapat melewati aktifasi akun Mi Cloud.

Mi Drop




Perangkat dengan minimal MIUI 7 mempunyai fitur Mi Drop yang merupakan fitur berbagi file transfer dengan menggunakan Wifi Direct Peer2Peer yang memanfaatkan fitur Wifi dengan transfer yang cukup cepat diabdingkan dengan Bluetooth.

Doodle Image



Doodle Image adalah fitur foto editor yang terintegrasi dengan MIUI 7.1 sehingga foto yang ada didalam aplikasi Gallery MIUI 7.1 dapat diedit dan dicoret coret sesuai keinginan pengguna. Fitur ini dapat dibuka melalui menu Gallery - Edit dan pilih Doodle.

File Hidden



Melalui menu File Explorer yang ada di MIUI 7.1 pengguna dapat dengan mudah memanfaatkan fitur Hidden file yang dapat menyembunyikan semua jenis format file sehingga akan di encrypt dan diproteksi pemiliknya. Cara menggunakannya buka File Explorer kemudian klik dan tahan beberapa file atau folder pilih more dan hide. Tetapi sebelum menggunakn fitur Hide ada baiknya mengatur password atau proteksi yang digunakan melalui home file explorer.
Untuk membuat password atau proteksinya buka home file explorer dan tarik kebawa hinga pengguna dimintai untuk membuat password.

Kesimpulan
MIUI 7.1 menawarkan pembaruan yang cukup signifikan dalam pembaruan fitur dan keamanannya meskipun begitu update ini masih terdapat kekurangannnya yakni perangkat dengan Non Dual 3G seperti Redmi 1s dan Redmi Note tidak dapat menggunakan jaringan 3G pada slot Sim 2 padahal banyak rom lain yang menawarkannya. Disamping itu beberapa developer juga mengembangkan fitur Double Tap To Wake untuk mengaktifkan layar dengan mengetuk 2x layar dengan menggunakan custom kernel, Xiaomi tidak mengembangkan itu untuk perangkat lawasnya jadi harus menggunakan mod pihak ketiga. Kelebihan MIUI 7.1 mempunyai daya tahan battery yang cukup irit dan multitasking yang cukup lancar dengan sedikit animasi.

Poskan Komentar Blogger

 
Top