TeknoPlace.Com - Operator Tri nampaknya tidak tinggal diam karena saingan operator lainnya sudah menggelar jaringan super cepat 4G di berbagai kota di Indonesia. Tri akan menggeber langsung jaringan 4G di 6 kota pada Awal Januari tahun depan demikian yang dijelaskan oleh Wakil Presiden Direktur Hutchison Tri Indonesia M. Danny Buldansyah. Ada 6 kota yang akan mencicipi jaringan 4G di Indonesia khusus nya Jakarta dan Bandung. Sedangkan 4 kota lainnya pihak Tri belum mengungkap kota mana saja nantinya yang akan disambangi.
Tantangan Tri memang agak berat karena Tri hanya mempunyai 5 MHz di frekuensi 1.800 MHz saja namun pihak Tri juga mengakui bahwa lebar pita itu  cukup sempit untuk memaksimalkan kecepatan 4G LTE dibanding operator lain yang melebihi 10 Mhz,Tetapi Tri akan melakukan segala macam teknologi untuk efisiensi network agar dapat membawa trafik data besar sehingga dapat melayani penggunaan data yang besar. Tri memang memiliki pita selebar 10 Mhz untuk frekuensi 1800 Mhz dan 10 Mhz untuk frekuensi 2100 Mhz padahal jaringan Tri mempunyai traffic data 1.300 TB per hari. Tri rencananya akan mengincar dua blok kanal di 2.100 MHz  yang akan dilelang oleh pemerintah karena tahun depan traffic data yang lebih besar yang ditambah jaringan 4G maka tri butuh resources tambahan.
Menkominfo akan menjadwalkan pelelangan dua blok kanal tersebut pada awal tahun depan dan saat ini Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, dan Hutchinson Tri Indonesia berminat dan sudah siap untuk mengikuti lelang tersebut.

Poskan Komentar Blogger

 
Top