TeknoPlace.Com - Lebih dikenal dengan nama Mi Scale, adalah sebuah timbangan buatan Xiaomi yang keren desainnya, fungsinya melebihi harganya, iya harga dari pabrik adalah RMB99 alias Rp215.000 tapi karena tidak dijual di luar Tiongkok, sehingga pembeli luar dikenakan harga jauh diatas itu seperti di Indonesia (Jaknot) dijual pada harga Rp370.000 alias 75% lebih mahal daripada harga pabrik. Namun di Lazada Indonesia ada harga lebih menarik yaitu selama Desember menjadi Rp238.900 tapi harga ini dijamin tidak dapat lagi karena sudah sold out.
Jadi apa saja fungsi dan keunggulan Mi Scale ini?
- Sebagai timbangan digital biasa, maksimal berat yang dapat diukur adalah 150kg.
- Menggunakan baterai AA biasa sebanyak 4 pcs
- Menggunakan teknologi bluetooth 4.0 alias Low Energy dimana bluetooth akan selalu terkoneksi pada ponsel tanpa takut menguras baterai
- Kehebatan Mi scale adalah kerjasama yang sangat baik antara hardware dan software, jadi pada Mi Scale ini hardwarenya didesain dengan sangat baik dan canggih dan ketika dihubungkan ke ponsel, kecanggihannya akan semakin nyata karena semua data perekaman berat badan akan direkam dalam ponsel
- Aplikasi ponsel yang digunakan adalah aplikasi MiFit, iya MiFit ini adalah aplikasi yang juga digunakan untuk MiBand.
- Bisa memunculkan informasi BMI alias Body Mass Index, perbandingan tinggi dan berat badan, nantinya Anda akan mengetahui apakah Anda termasuk normal, overweight ataupun obese.
- Menggunakan 3 unit/satuan pengukuran yaitu Metric alias kilogram, Lb alias pound (untuk orang amerika) serta Jin (市斤) (satuan pengukuran orang Tiongkok)
- Pengaturan target berdasarkan BMI untuk mematok target yang diinginkan sebagai contoh: BMI 19-25 adalah normal, 25-30 adalah overweight dan diatas 30 sudah termasuk obesitas, semisal Anda sekarang berada pada angka 29 nah Anda tinggal geser slider BMI sampai pada level misalnya 25, dan MiFit akan menghitungkan berat yang sesuai untuk Anda berdasarkan BMI Anda. Pastikan sebelum menggunakan Anda harus memasukkan data tinggi badan lebih dahulu, karena BMI menggunakan variable tinggi badan dan berat badan.
- MiFit bisa didownload dengan QRcode yang ada dibawah timbangan ataupun melalui Playstore, tapi bisa juga didownload melalui link ini untuk Android. Dan ini untuk iOS.
- Membuat profile/add user setiap anggota keluarga, ini dia menurut saya kelebihan MiScale paling impresif yaitu bia mengenali orang yang sedang ditimbang, semisal di rumah saya sudah diset 3 user katakan si A, si B dan si C, nah Mi Scale bisa mengetahui siapa yang sedang ditimbang dan kemudian memasukkan datanya sesuai user bersangkutan dan dibuatkan grafik hariannya. Menakjubkan sekali! Anggota keluarga yang bisa dimasukkan adalah maksimal 16 user.
- Bahan yang melapisi adalah Gorilla Glass dan sudah dites oleh pabrik mampu menahan bola baja yang dijatuhkan setinggi 1 meter.
- Lampu LED putih keren, jika diperhatikan Anda akan mengira timbangan ini tidak ada LCD/indikator, salah satu teman yang melihat foto MiScale yang saya kirim mengatakan dimana LCDnya? Ternyata LCD baru akan menyala saat sedang menimbang dan LCDnya terbenam di dalam body sehingga tidak terlihat panel LCDnya, desain yang hebat. Menurut pabrik ada 161 lampu LED di dalam MiScale.
- Sudah disertakan baterai 4 biji AA di dalamnya sehingga tidak perlu repot ke warung beli baterai lagi.
- Bisa menimbang bayi dengan metode A+B, di menu masuk ke bagian infant lalu timbang A dahulu (orang tua) kemudian ambil si B alias bayinya, nanti ketahuan berat badan si bayi saja.
- Ponsel tidak harus selalu diaktifkan saat penimbangan, misal saja si A timbang lalu si B, lalu si A lalu si C, gak masalah nanti Mifit mengenali si A, B dan C dan data dimasukkan kprofile masing-masing.

Ada kelemahannya gak ya? Ada donk:
- Seharusnya ini bukan kelemahan tapi karena sebetulnya produk ini tidak dijual di luar Tingkok, berbeda dengan Miband yang ada dijual diluar Tiongkok, disinilah masalahnya. Aplikasi Mifit ada 2 versi yaitu versi Tiongkok dan versi Global. Nah Anda yang memakai Miband pasti akan memakai versi Global, padahal Mifit versi global tidak mendukung MiScale. Oleh karena itu satu-satunya pilihan adalah menggunakan Mifit Tiongkok. Padahal kita tahu sendiri di Tiongkok tidak ada Google. Artinya dengan menggunakan MiScale maka Anda harus menggunakan Mifit Tiongkok, dan Mifit Tiongkok adalah Mifit yang tidak bisa sync ke Google Fit. Yang bisa sync ke Google Fit adalah Mifit Global. Jadi Anda yang sudah memakai Miband akan menghadapi ketidakmampuan sync dengan Google Fit. Tapi jika Anda tidak mempunyai MiBand, berbahagialah Anda karena tidak menemui dilema seperti saya hehehe
- Tingkat errornya seperti timbangan biasa terlihat ada tingkat error 0.2kg (menurut saya), berbeda dengan spesifikasinya katanya 20 gram, ini sebetulnya sama saja dengan timbangan digital biasa merk lain (bukan smart scale), juga ada tingkat error 0.5kg, jadi Anda yang tak punya digital scale mungkin saja akan kaget, misal Anda timbang beratnya 70,5kg, setelah minum segelas air berat Anda tetap atau jadi 70,4kg.

Bagaimana foto-foto Mi Scale, sekalian di foto akan saya tunjukkan cara mengeset awal, ikuti saja foto berikut ini:

Bagian dalam Mi Scale

Cara mendapatkan harga Mi Scale murah di Lazada (pakai kode seperti di gambar dapat potongan Rp100rb)

Paket datang

Kotak Miscale

Kotak Miscale dibandingkan dengan Redmi Note

Kotak Miscale


Kotak Miscale

Sticker segel

Unboxing

Unboxing

Miscale

Keseluruhan kelngkapan yaitu Miscale, baterai dan kertas manual

Baterai AA 4 biji

Disebut juga baterai LR6

Kertas manual

Kertas manual

Miscale tampak bawah

Melepaskan plastik segel

Tampak samping

Tampak samping

Tampak samping

Tampak samping

Bagian kacanya

Bagian kacanya

Bagian kacanya

Bagian kacanya

Bagian bawah

Bagian bawah

Buka tutup baterai

Tempat baterai

Ada 4 karet di tiap sudut sisi untuk mencegah slip

Siapkan baterai

Pasang baterai

Pastikan switch diubah ke kanan (kilogram)

Jika switch diarahkan ke kiri , jadi pound (lb)

Jika switch diarahkan ke kanan jadi Jin (satuan berat Tiongkok)

Sekarang scan QRcode di bawah timbangan

Ini link aplikasi yang harus didownload

Jalankan Mifit dan langsung masuk ke Pengaturan awal

Belum ada paired devices

Masuk ke setting pilih Mi Scale

Pilih pair Miscale

Untuk pair cukup berdiri di Miscale sekitar 15 detik

Akan muncul langsung berat badan Anda

Pastikan ada kneksi internet untuk update firmware Miscale

Sudah terset dengan baik

Bagian setting Miscale

Untuk pengukuran berat infant

Untuk pengukuran berat infant

Untuk pengukuran berat infant

Untuk pengukuran berat infant

Bisa merge data

Cara pemakaian Miscale dalam bentuk gambar

Cara pemakaian Miscale dalam bentuk gambar

Cara pemakaian Miscale dalam bentuk gambar

Cara pemakaian Miscale dalam bentuk gambar

Cara pemakaian Miscale dalam bentuk gambar

Cara pemakaian Miscale dalam bentuk gambar

Homescreen Mifit

Informasi tiap user

Informasi BMI

Ditampilkan dalam bentuk grafik

Lampu LED putih

Perbandingan dengan Axioo Venge X & Redmi Note diatas timbangan

Homescreen Mifit

Informasi user

BMI user

Grafik pergerakan berat badan user

Grafik pergerakan berat badan user

Grafik pergerakan berat badan user

Settings

Bisa koek ke Miband dan Miscale sekaligus

Setting Miscale

Profile user, tekan user untuk menambah user

Weight goal target

Units

About

Jika punya sepatu Xiaomi bisa konek juga

Bisa dikonek ke medsos

Miband 2 kalau punya bisa baca data detak jantung

Miband jam tidur

Miband jam gerak


Kesimpulan:
Miscale wajib punya, harga terjangkau fungsi maksimal, Anda yang sedang dalam program pengurusan/penambahan berat badan maka alat ini bisa sangat membantu mencapai target berat ideal Anda. Anda yang tidak sedang dalam program pun bisa menggunakannya sebagai daily use karena tiap rumah harus memiliki satu timbangan kan :)
Kemampuan mengenali user yang paling keren, bukan hanya mampu mengenali user tapi mengenali user secara offline tanpa ponsel, jadi timbang dulu baru nanti jalankan Mifit datanya akan otomatis tersync. Oya kode voucher diatas hanya berlaku hingga akhir Desember 2015.

Spesifikasi:
http://www.mi.com/scale/specs/

My other posts:
http://mantoegaul.blogspot.com/p/all-contents.html

Poskan Komentar Blogger

 
Top