TeknoPlace.Com - Memasuki era babak baru jaringan supercepat kini Smartfren meluncurkan sebuah wifi pintar dan beberapa smartphone 4G yang dilabeli oleh smartfren,smartphone 4G andromax milik smartphone dibuat oleh beberapa pabrikan seperti Hisense, Huawei dan Haier. Sekarang pengguna diuntungkan oleh beberapa perangkat pilihan untuk terkoneksi ke jaringan 4G supercepat ada yang menggunakan smartphone dan ada juga yang menggunakan sebuah Wifi portable yang telah mendukung 4G LTE. Untuk menggunakan perangkat ini cek dahulu ketersediaan jaringan 4G LTE di daerah anda di link berikut http://www.smartfren.com/4g/web/coverage Bila tidak tersedia perangkat Wifi ini tidak bisa di gunakan karena hanya mendukung 4G LTE saja dan tidak bisa digunakan untuk jaringan EVDO. Tetapi Smartfren mengatakan bahwa hampir BTS Smartfren di Indonesia saat ini sudah 90% mendukung jaringan 4G LTE.
Bila menggunakan smartphone 4G tentu biaya yang dikeluarkan untuk membelinya mahal tetapi dengan menggunakan sebuah Mifi/Router berjalan yang dinamakan Mifi maka semua dapat terhubung ke jaringan 4G dengan biaya lebih hemat. Lalu apa yang dimaksud dengan Mifi? Mifi adalah sebuah Router portable yang bekerja menggunakan battery sehingga dapat digunakan dalam penggunaan mobile artinya dapat digunakan dimana mana. Router tersebuy nantinya memancarlan signal Wifi yang telah mendukung 4G LTE yang didapatkan dari koneksi SIMCARD yang ada didalamnya. Smartfren mempunyai 3 type Mifi 4G yaitu M2Y yang dibuat oleh Haier, M2P yang dibuat Huawei dan M2S yang dibuat oleh LG Innotek. Nah yang kita review nantinya adalah Andromax M2Y yang dibuat oleh Haier yang mana mempunyai kelebihan mempunyai Slot MicroSD untuk penyimpanan wireless dan Battery 2000mAH yang lebih besar dibandingkan yang lain. Besar M2Y hampir sama dengan ukuran kartu kredit secara umumnya sehingga mudah di kantongi ke dalam saku.Fungsi Utama adalah Sbb:
  • Dapat dikoneksikan dengan Tablet, PC, Smartphone dan perangkat WiFi lainnya
  • Mendukung WiFi 2.4 GHz
  • Mendukung sampai dengan 32 koneksi pengguna dalam waktu bersamaan
  • Medukung Mobile WiFi App untuk penyetelan lebih ringkas
  • Fungsi Wireless Storage, berbagi musik, video dan file lainnya melalui koneksi WiFi
  • MicroSD slot, support up to 32 GB
  • Baterai 2000mAh (Maksimum 10 jam waktu kerja LTE dan 350 jam waktu siaga)

Desain
Andromax M2Y mempunyai ukuran yang kecil dan berbentuk kotak tetapi dibagian ke 4 ujungnya berdesain membulat  dan hanya mempunyai 1 buah tombol yaitu Power On/Off. Bagian Sisi kiri ada sebuah tombol WPS sedangkan sisi bagian kanan hanya ada Port MicroUSB. Untuk sisi bagian atas dan bawah hanya tampak polos ranpa adanya tombol atau port satupun.

Box Mifi M2Y

Kelengkapan Mifi M2Y

Seukuran Sama Dengan Kartu Kredit
Sisi Kiri Tombol WPS

Sisi Kanan Port MicroUSB

Bagian Belakang Slot SimCard + Slot MicroSD

Aktivasi
Untuk menggunakan koneksi internet didalam paket penjualan MIfi 4G maka sebelum digunakan harus diaktifasi dahulu di https://my.smartfren.com/register_mdn agar internetnya dapat digunakan sebagai mana mestinya. Masukkan semua data Nomor smartfren dan Kode aktifasi yang ada dalam Box pembelian
Aktifasi ini sekaligus merupakan antisipasi pemerintah utuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan oleh pengguna.Saat diaktifkan Smartfren memberikan bonus kuota 4.5GB yang terdiri atas 1.5GB reguler atau 24Jam dan 3GB untuk Malam 00.00-06.00. Smartfren hanya memberikan bonus masa aktif 7 hari saja saat aktifasi,sehingga lewat 7 hari maka bonus akan hangus alias tidak dapat dipakai.

Indikator 
Nah ada apa saja indikator dalam perangkat Andromax Mifi M2Y berikut adalah skema penampakan indikator led dan fungsinya. Indikator led yang tersedia adalah Sbb:
  • Indikator Signal yang ditandai warna merah untuk no signal dan Hijau bahwa perangkat siap digunakan.
  • Indikator Sambungan menandakan bahwa perangkat tersebut menerima data internet
  • Indikator Wifi menandakan bahwa Wifi terkoneksi dengan smartphone atau Laptop.
  • Indikator WPS dapat dipilih untuk aktif dan nonaktif 



Mengontrol Perangkat 
Bagaimana cara mengontrol perangkat semua pengatiran Wifi diperangkat ini?pengaturan ini digunakan untuk mengatur semua kinerja Mifi M2Y karena dari setting password , wps , ip , DHCP serta pengaturan lain semua dapat dilakukan dengan wireless atau pun kabel. Ada  2 cara pengaturan untuk mengontrol perangkat ini yaitu dengan login ke Browser WEBGUI dengan mengetikkan url nya adalah http://192.168.1.1 atau http://andromax.m2y.

WEB GUI Setting

Maka semua dapat diatur dengan menu yang tersedia di browsernya tersebut. Bila diminta untuk login silahkan ketik username : admin dan password : admin untuk masuk.

Mylink M2Y Dashboard
Mylink M2Y Dashboard mempunyai menu  Mysmartfren untuk masuk ke Akun webresmi Smartfren untuk melakukan cek pengisian kota , cek masa aktif dan lain lain. LAN Camera digunakan untuk menjepret kamera dari smartphone yang nantinya file foto hasil tersebut akan disimpan secara wireless di slot microsd yang ada didalam Mifi M2Y.
Quick Setting digunaakn untuk pengaturan cepat koneksi Wifinya seperti untuk mengubah password wifinya. Add Component menambahkan menu yang ada di menu Advanced setting user,

Mylink M2Y Setting

Mylink M2Y Advanced Setting

Status Koneksi Mylink M2Y 

Cara lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi Mylink M2Y di Playstore download dan install maka akan tampil seperti diatas, semua tampilan menu dapat dilihat disana dengan mengetikkan username dan password seperti diatas.

Hasil Test Speed 4G LTE Smartfren
Setelah selesai review cara penggunaan dan design nya mari kita lihat test jaringan 4G milik smartfren sehingga nantinya kita dapat mengetahui fluktuasi hasil kecepatan tiap tiap daerah. Test ini semua dilakukan di kota Solo namun tidak menutup kemungkinan hasilnya akan berbeda di setiap kota sehingga kecepatannya tidak bisa dikatakan sama ditiap daerah karena bisa saja dikota lain kecepatannya 2x lebih cepat dan mungkin saja bisa lebih rendah.

Test Speed Dengan aplikasi nperf

Test Speed Dengan aplikasi TestSpeed




Test Streaming dan Browsing
Dengan menggunakan aplikasi nperf maka kita dapat mengetahui seberapa cepat koneksi 4G LTE jaringan smartfren dalam bekerja.Aplikasi ini dapat membaca kecepatan streaming dan waktu yang diperlukan untuk membuka sebuah website. 


Menurut Hasil diatas untuk memutar sebuah streaming di Youtube sangat ringan untuk dijalankan dengan mencapai performance rate yang rata rata diatas 90% bahkan hasil buffering time nya tidak ada atau bisa diartikan bahwa untuk memutar video youtube beresolusi 240P , 360P dan 720P tidak membutuhkan waktu untuk buffering yang artinya jaringan dengan kecepatan tersebut sangat sangat lancar untuk menjalankan streaming.



Sedangkan untuk membuka beberapa website dalam list tersebut ternyata jaringan 4G LTE milik smartrfren hanya membutuhkan waktu rata rata 2 detik saja dengan performance rate rata rata 70% keatas. Sangat cepat bukan?

Ketahanan Battery
Smartfren Andromax 4G LTE M2Y menggunakan battery 2000 mAH lebih besar dibandingkan dengan M2P yang hanya 1500 mAH saja, Hasil test penggunaan full charged Mifi ini mampu aktif dalam waktu 6 Jam aktif dengan signal 75%, tentu saja kuat signal akan mempengaruhi ketahanan battery, untuk penggunaan normal dan signal kuat hasil yang didapatkan adalah sekitar 8 Jam an. Sedangkan untuk Charging dibutuhkan waktu sekitar 2-3 Jam untuk Full atau penuh.

Kesimpulan

Smartfren Andromax 4G LTE M2Y merupakan alternativ untuk mereka yang tidak membutuhkan smartphone type yang dikeluarkan oleh Smartfren yang harnya rata rata 1 Jt keatas, tetapi bila ingin menggunakan 4G dengan biaya lebih murah Mifi 4G M2Y sangat patut dicoba karena harganya yang 299rb saja. Type ini sangat cocok untuk bagi mereka yang membutuhkan battery yang lebih besar serta penyimpanan wireless storage.
Smartfren 4G LTE berjalan dengan frekuensi FDD LTE 850 Mhz dan TDD LTE 2300 Mhz sehingga nantinya bila Carrier Aggregation smartfren dibuka kecepatannya akan lebih cepat karena hasil penggabungan 2 frekuensi yang berbeda dan tentunya perangkat pun harus mendukung. sejauh ini belum ada smartfren akan membukan jaringan Carrier Aggregation pada tahun depan 2016.

Kelebihan
  • Kecil dan Ringan
  • Harga Murah
  • Battery Besar 2000 mAH
  • Ada Slot MicroSd untuk Wireless Storage
  • Daya Jangkau 30-50 Meter tanpa halangan cukup jauh
  • Battery dapat dilepas pasang
  • Setting lengkap dan cukup mudah
Kelemahan
  • Battery hanya bertahan Kurang dari 12 jam
  • Daya jangkau dalam ruangan hanya rendah  ( -+ 20 Meter )

Poskan Komentar Blogger

  1. Signal bagus ful tapi tidak konek bgaimana itu

    BalasHapus
  2. Signal bagus ful tapi tidak konek bgaimana itu

    BalasHapus
  3. bisa koneksi tp sayang tidak bs di pake untuk kamera cctv...

    BalasHapus

 
Top