TeknoPlace.Com - Semakin banyak ponsel yang bisa USB OTG, semakin banyak pula produk OTG tambahan di pasaran. Jika dulu produk OTG terkesan seadanya sekarang mulai dibuat lebih serius salah satunya dengan dibuatnya berinterface USB3.0 yang secara teroritis bisa mencapai speed 5Gbps atau transfer rate 625MBps. Dengan kata lain 10x lipat lebih cepat daripada USB2.0. Tapi itu kan hanya teori ya, pada kenyataan kecepatan flashdisk USB3.0 sangatlah beragam, dapat disimpulkan kecepatan flashdisk di pasaran adalah Read: 30MBps - 300MBps dan Write: 11MBps - 220MBps.
Kali ini kita menguji flashdisk yang mempunyai dua kepala konektor di masing-masing ujungnya yaitu Sandisk Ultra Dual USB Drive 3.0 16GB dengan konektor USB biasa seperti flashdisk umum yang berfungsi untuk digunakan di PC/laptop/media player, serta konektor Micro USB yang berfungsi untuk dibaca di tablet/smartphone yang support USB OTG.
Jika Anda mempunyai smartphone yang bisa USB OTG maka sangat disarankan tidak membeli USB flashdisk biasa lagi, karena flashdisk dual sudah tidak mahal lagi.
Memanfaatkan kode belanja dari Lazada, flashdisk Sandisk Dual ini bisa didapatkan dengan harga sekitar 61rb dan tanpa kode diskon maka harganya 85rb (harga harbolnas, normal 99rb).
Bagaimana performa Sandisk Dual ini? Kita simak fotonya:

Kemasan Sandisk Ultra Dual USB Drive 3.0 16GB

Kemasan tampak belakang

Unboxing

Flashdisk tampak atas

Tampak samping

Tampak bawah

Tampak samping bagian slider/pengaman

Bagian USB

Bagian Micro USB

Perbandingan dengan flashdisk biasa dan koin seribu

Slide ke kanan maka kepala USB akan keluar

Slide ke tengah maka kedua konektor akan tersembunyi

Slide ke kiri maka kepala micro USB akan keluar

Mekanisme slidernya

Siap dipasang ke ponsel

Kita gunakan ponsel Axioo Venge X RAM 3GB

Posisi terpasang di ponsel

Posisi terpasang di ponsel

Posisi terpasang di ponsel

Posisi terpasang di ponsel

Posisi terpasang di ponsel

Jika Anda sudah menginstal program yang disarankan yaitu Sandisk Memory Zone, tiap kali flashdisk OTG terpasang, aplikasinya akan langsung jalan

Sandisk Memory Zone bisa mengkategorikan tipe file, misal music di tab lagi, foto di tab gallery dst

File manager Axioo Venge X dapat membaca flashdisk dengan baik

File manager

Tipe chip memory yang digunakan

Spesifikasi chip

Spesifikasi chip

Baca flashdisk dengan ES File Explorer

ES File Explorer

Kecepatan baca dengan aplikasi ES (speed terbawah adalah 14MB/s)

Dan read speed teratas terbaca 15MB/s

Sementara kecepatan tulis terbawah adalah 4.9 MB/s

Dan Write speed teratas adalah 9 MB/s

ES File Explorer menyediakan shortcut eject

Pastikan dieject saat ingin mencabut flashdisk dari ponsel (pilih Unmount USB storage)

Pilik OK

Flashdisk sudah diunmount

Bagian notifikasi juga mengingatkan flashdisk sudah tercabut

Saat dipasang di PC, nah performa USB 3.0 nya baru benar-benar terasa, Read bisa capai 131MB/s dan Write bisa capai 31MB/s

Kesimpulan:
Hampir tidak ada kelemahan yang ditemukan dalam produk ini, kecepatan bervariatif dan cenderung rendah dikarenakan kemampuan ponsel Android pada umumnya (karena di ponsel kemampuan transfer rate hanya USB2.0), karena saat digunakan di PC berUSB3.0, kecepatannya adalah sesuai yang ditulis di spesifikasi website Sandisk yaitu 130MB/s.
Pengujian dengan ponsel Axioo Venge X juga lancar, ini menandakan flashdisk Sandisk ini mempunyai kepala konektor micro USB yang superpanjang, Axioo Venge X mempunyai slot Micro USB yang dalam tidak seperti kebanyakan ponsel di pasaran. Mantap kan?
Yang mungkin paling mengganggu adalah ketidakhadiran lampu indikator LED, jadi kita tidak tahu flashdisk sedang bekerja atau tidak.
Aplikasi Sandisk Memory Zone juga bisa digunakan untuk ponsel yang menghadapi masalah low space, ada manajemen pintar memindahkan data ponsel ke flashdisk. Atau Anda yang suka main game dan jika ada game yang data OBBnya tidak bisa dipindahkan ke memory external atau karena ponsel Anda tidak ada memory external, maka Anda wajib memiliki flashdisk dari Sandisk ini, karena Anda bisa pindahkan data OBB ke flashdisk kalau sudah mau main baru dipindahkan ke ponsel.



My other posts:



Poskan Komentar Blogger

 
Top