TeknoPlace.Com - Akhir tahun 2015 mendekati awal tahun 2016 persaingan smartphone semakin panas yang mana tahun 2016 akan dimulainya smartphone dengan menggunakan minimal 3GB Ram nah apakah keuntungan memory lega ram 3GB? Ram 3GB sangat menguntungkan saat kita menjalankan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan karena memory besar sangat berguna untuk menyimpan aplikasi di background yang nantinya akan dibuka kembali bila pengguna diperlukan. Ram 3GB bila diibaratkan seperti Mobil yang berjalan di jalan raya lebar 3 jalur sedangkan bila dibandingkan dengan ram 1GB yang diibaratkan dengan jalan raya 1 jalur maka secara otomatis ram 3GB dengan 3 jalur akan berjalan lebih cepat dan tidak mengakibatkan macet karena pengguna atau pengendara lain dapat menyalip dengan bebas dan lancar dibandingan ram 1gb dengan 1 jalur yang harus antri untuk menyalip bahkan tidak dapat menyalip. Vendor lokal Axioo menggebrak dengan menggunakan ram 3GB dengan chipset MT6753  
Axioo bulan ini diketahui akan merilis duo smartphone flasghip yang dinamakan Venge dan Venge X kedua nya memakai ram 3GB dengan layar 5 inch untuk Venge dan 5.5 Inch untuk Venge X . Nah kali ini akan saya share sedikit review dari kami khusus type Axioo Venge X dengan layar 5.5 Inch dan unit yang kami review menggunakan warna hitam dengan frame metal warna silver di sekelilingnya, Type ini adalah varian tertinggi dari Venge series yang menggunakan spesifikasi lebih tinggi dibanding Venge yang hanya menggunakan  layar 5 Inch.

SPESIFIKASI
  • Screen Size 5.5" IPS HD Full Lamination
  • Gorilla Glass 3
  • Resolution 1280x720 
  • Processor  Octa Core 1.3 GHz, A53, Full 64bit
  • Chipset MT6753
  • GPU Mali-T720 MP3
  • RAM+ROM 3GB+16GB
  • Camera 13 Mp AF With Dual Tone Flash, 5 Mp
  • Sensor Samsung BSI 2
  • Aperture f/2.0
  • Dimension 154.5mm (L) x 77.4mm (W) x 7.6mm (H)
  • Weight 189.5g 
  • Touch 5 Point Yes
  • Bluetooth 4.0 LE Yes
  • Wifi b/g/n Yes
  • GPS + A-GPS Yes
  • 4G LTE Yes Band 1/3/7/20/38/40
  • Security : Yes
  • Gesture Control
  • Sensor : Accelorometer, Light, Orientation, Proximity,Sound , Magnetic,  
SPESIFIKASI By CPUZ






Spek by Antutu



Spek By AIDA64

Spek By System AIDA64

DESAIN





Axioo Venge X mempunyai backlight pada tombol navigasi nya yang berada di bawah layarnya yang berfungsi sebagai tombol option , Home ( Bulat ) dan Back. Sedangkan bagian atas terdapat speaker yang diapit oleh kamera depan dan sensor proximity serta led notifikasi. Venge X menggunakan model design baterry non removable atau dengan battery tanam yang tidak dapat dilepas tanpa alat khusus. Slot Simcard berada di 2 sisi yang berada dalam slot ejectornya. 1 Sisi digunakan untuk MicroSim 1 dan MicroSd sedangkan Sisi 2 digunakan untuk MicroSim Card. Jadi Penempatan slot simcard terpasang dalam 2 sisi bolak balik.


Bagian Sisi bawah terdapat mic dengan peredam de noise, Lubang Charger dan Speaker 




Bagian Atas hanya terdapat Port Audio 3.5 mm

Sisi Kanan terdapat tombol Volume dan Power

Sisi kiri terdapat Slot Dualsim + MicroSD Dengan Model Ejector



 Kamera Serta Dualtone Flash Led

Bagian Belakang Terdapat Logo Axioo dan Kamera Serta Dualtone Flash Led

Axioo Venge X mempunyai ukuran tergolong jumbo atau istilahnya phablet berukuran layar 5.5 Inch dibalut dengan Gorilla Glass 3. Dalam beberapa waktu lalu sempat kami menulis bahwa perangkat ini mampu melewati beberapa test yang diuji layarnya dengan dijadikan palu untuk memukul paku bahkan digores dengan cutter. Selain Gorilla Glass 3 bagian belakang atau backcase terbuat dari polycarbonate dengan kualitas baik bahkan sekilas dilapisi dengan semi kaca. Sewaktu kami menggores dibagian belakangnya materialnya cukup kuat dan tahan terhadap goresan. Sedangkan bagian frame nya terbuat dari full metal yang kokoh mengingatkan kita seperti pada Apple iPhone 6s. Bezelnya pun cukup tipis dengan ketebalan 3.5mm dibalut sekekelilingnya dengan 2.5D Curved design. Desain ini cukup menguntungkan karena sudutnya terlihat membulat di ke empat pojoknya bahkan frame pun berdesain 2.5D berbentuk curved design.

2.5D Curved Design


Galaxy Note 5 Vs Venge X



Apple iPhone 6s  Plus dan Axioo Venge X

Design Axioo Venge bercita rasa premium dengan material pilihan yang cukup bagus bahkan paduan dengan Gorilla Glass 3.Axioo membuat smartphone ini kokoh dibandingkan dengan smartphone lokal lainnya. Perangkat ini mempunyai dimensi 154.5mm (L) x 77.4mm (W) x 7.6mm (H) serta bobot 189.5gram. Bobot ini memang lebih berat dibanding iPhone 6s Plus yang memiliki bobot 192 gram namun hal yang wajar mengingat ke 2 smartphone ini mempunyai material pilihan dan frame full metal. Sedangkan ketipisannya sedikit lebih unggul iPhone 6s plus yang memiliki ketebalan 7,3 mm dibanding Venge X yang 7,6mm . Tetapi layar besar dengan ukuran 5.5 Inch harus dibiasakan karena ukuran tangan berbeda beda dan kenyamanan digenggam juga sangat diperhatikan tetapi cukup licin untuk dipegang bila tidak menggunakan softcase tambahan. Axioo membandrol harga perangkat ini dengan harga resmi Rp 3.2 Juta rupiah. 

Home UI dan OS
Axioo menggunakan Axioo UI dalam mendesain Android Lolipop 5.1 dengan basis AOSP tentunya UI nya mirip dengan versi Nexus namun hanya mengalami sedikit kustomisasi dalam hal navigasi dan menu menu tertentu. Uniknya beberapa waktu lagi akan hadir cusrom rom dari nusamod untuk perangkat ini yang mana custom rom tersebut dibuat oleh anak bangsa.







Menu Setting


Free Internal Saat Buka Box

About Phone

Gesture Control dalam posisi Layar Padam


Sensor Perangkat dan Touch Point 
Axioo Venge X memiliki beberapa sensor berikut ini, tanda berwarna merah menandakan sensor itu tidak ada atau tidak didukung oleh perangkat ini.




Koneksi Jaringan 4G
Axioo Venge sudah dilengkapi dual simcard dengan jaringan supercepat 4G LTE yang sudah mendukung jaringan yang di gunakan di Indonesia. 4G LTE dapat digunakan di kedua slot simnya karena menggunakan dualsim maka secara otomatis pengguna dapat mengaktifkan slot sim mana yang akan digunakan untuk mengaktifkan 4G LTE. Secara Teori Perangkat ini mendukung 4G LTE Cat 4 yang mempunyai speed 150 Mbps.

Dual Simcard mendukung 4G LTE


Band Mode GSM / LTE 
Ini adalah beberapa screenshoot Band Mode jaringan GSM dan LTE dari perangkat Axioo Venge X secara default. Band Mode LTE 1/3/7/20 merupakan jaringan FDD LTE sedangkan 38/40 adalah jaringan TDD LTE.







GPS

Fitur GPS hampir ada disetiap perangkat android tetapi setiap vendor juga mempunyai aplikasi tambahan untuk memaksimalkan fungsi GPS ini.Bagaimana kita mengetahui fungsi GPS ini berjalan dengan baik tentunya akan kita test seberapa cepat GPS perangkat ini dapat menangkap singnal satelit didalam ruangan dan luar ruangan. Semakin cepat GPS mengunci satelit maka semakin baik juga kinerjanya, Kemampuan menangkap GPS sangat bagus dan cepat. Bahkan Error kesalahan posisi juga masih sangat wajar karena masih dibawah 20 meter artinya posisi dari GPS perangkat ini masih melenceng dalam posisi yang wajar karena hanya 8-11 meter aja.

4 Detik di Outdoor ( Kiri ) dan 16 detik di Indoor ( Kanan )

Gaming Performance

Saat dicoba beberapa games ringan tentu saja perangkat ini dapat berjalan lancar, nah bagaimana bila di test dengan games berat seperti MK3 dan GTA terbaru dengan settingan High dan very high Graphic. Kemampaun chipset 64Bit nya sangat berpengaruh dengan games berat apabila games telah mendukung untuk optimalisasi prosessor 64Bit tentu akan berjalan mulus apalagi ditambah dengan Ram 3GB yang dapat memainkan games bahkan multitasking dengan membuka aplikasi lain.




Performa
Dengan dibekali Ram 3GB maka secara otomatis aplikasi yang berjalan di background akan dapat menyimpan banyak aplikasi untuk dipanggil kembali sewaktu waktu. perpindahakan aplikasi secara umum cukup cepat dan smooth. pergeseran home screen juga sangat ringan dan belum mengalami lag sejauh ini yang menganggu.Perfoma nya cepet dalam berpindah aplikasi. Sejauh ini kami mendapatkan sisa ram rata rata 1.8 - 2GB dalam penggunaan aplikasi sehari hari.
Chipset yang dibekali dengan MT6753 yang setara dengan milik Qualcomm Snapdragon 615 namun MT6753 mempunyai keunggulan dibanding Snapdragon 615 yaitu performa java runtime nya 30% lebih cepat dibanding Snapdragon 615. Kelebihannya lain yaitu mendukung full 64Bit dengan OPENGL 3.1 sementara Snapdragon 615 dengan GPU Adreno 405 hanya mendukung OPENGL 3.0. Chipset  MT6753 ini  jauh lebih unggul di GPU milik Snapdragon 615 karena memakai Mali T720MP3 yang juga full 64Bit dibanding Adreno 405. Namun semua itu kembali ke optomalisasi di software dati vendor masing masing pembuat smartphone.
Selama memakai beberapa hari hampir belum menemukan gejala lagging bahkan kita dapat membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan dan tidak mengelami kinerja yang lemot. Bahkan dalam posisi menjalankan beberapa aplikasi Free ram yang didapatkan sekitar 1.8- 2.0 GB. Kita bandingkan dengan performa Motorola Moto X yang menggunakan Snapdragon 801 dan Ram 2GB.


Skor GeekBench

Perbandingan Skor Multicore GeekBench

Perbandingan Skor Single Core GeekBench

CPU Prime Benchmark


Free Ram Pemakaian Sehari hari 

Perbandingan Performa Benchmark Dengan Motorola X 2014
Karena hanya ada Xiaomi Redmi 2 dan Moto X 2014 sebagai pembanding maka kami memutuskan untuk membandingkan dengan Moto X 2014 yang mempunyai Ram 2GB, karena mengingat Xiaomi Redmi 2 hanya mempunyai Ram 1GB saja.
NB : Semakin Besar Angka Kinerja Performa Semakin baik.

Score Antutu Moto X 2014

Moto X 2014 Spesifikasi

CPU Prime BenchMark Moto X 2014

Score Geekbench Moto X 2014

Score Memory Performance Geekbench Moto X 2014

Free Ram Pemakaian Moto X sehari hari

Dengan demikian Chipset MT6753 belum bisa menggoyahkan posisi snapdragon 801 yang dipakai Moto X 2014, tetapi chipset MT6753 setara dengan Snapdragon 800 di sisi performa dan diatas Snapdragon 615. Keuntungan Chipset MT6753 sudah menggunakan full 64Bit di chipset dan GPU nya. Ram 3GB diperangkat ini hanya berpengaruh dibagian performa multitasking yang dapat menyimpan banyak aplikasi yang berjalan di background untuk dipanggil kembali. Chipset MT6753 dengan arsitektur 64Bit sebenarnya sangat berguna bila Ram yang dipakai 4GB atau lebih karena secara umum arsitektur 64Bit  sangat berguna untuk bekerja maximal dan mengenali Ram 4GB bahkan lebih.

BATTERY

Battery merupakan hal penting dalam kehidupan smartphone untuk dipakai sehari hari tetapi perang pengguna merupakan faktor penentu dari umur battery untuk dipakai sehari hari. Penggunaan battery dengan menggunakan full Wifi Only juga sangat membantu untuk hidup lebih panjang dibandingkan dengan koneksi 3G apalagi 4G yang lebih menguras battery. Dalam hal ini Axioo Venge X Sanggup hidup rata rata 13  jam dalam pemakaian Full Wifi Only dengan posisi layar hidup selama 4 Jam 29 menit lebih.
Bila Layar hidup dalam kondisi dibawah 4 Jam maka Axioo Venge X dapat bertahan selama rata rata 15 jam dalam pemakaian tanpa bermain games tetapi tetap terhubung ke internet melalui sambungan Wifi. Dalam test pemakaian full charge dimulai dari pukul 06.30 dan mendapati posisi lowbat 5% pada jam 19.20.



Namun bila ingin lebih hidup panjang pengguna dapat menghidupkan atau mengaktifkan Battery Saver atau Penghemat battery namun fitur ini akan mematikan aktifitas data di Background seperti Cloud dan Google Service. Jadi pengguna harus mengecek manual untuk Email ataupun aplikasi yang menggunakan Google Service tetapi pengguna tidak akan kehilangan untuk mendapatkan notifikasi seperti Social media. Cara ini dapat menghemat dan menambah umur battery menjadi beberapa jam.

Security / Fitur Keamanan
Fitur Security atau keamanan adalah hal sangat penting dan sangat berguna apabila ponsel hilang bahkan diakses oleh orang lain yang tak diijinkan. Venge X mempunyai Anti Theft include dengan memberikan nomor ponsel lain untuk mengontrol ponsel yang hilang melalui sms command yang telah di setting sebelumnya. Sms Command ini nantinya dapat memerintahkan software OS nya untuk mengunci jarak jauh ataupun memberikan notifikasi saat simcard diganti oleh orang lain.







Kamera
Kamera 13MP dgn dual flash led dan 5 MP bagian depan yang mendukung wide angle mode .Untuk bagian depan fotonya menggunakan 5MP namun noise nya cukup lumayan dikondisi malam. sedangkan bagian Belakang menggunakan 13MP dengan aparture f/2.0 dengan hasil bagus untuk kategori 13MP bila dibandingkan saat kondisi malam hari dengan Redmi 2 atau Redmi Note 3G hasilnya Jepretan Venge X masih diatas Redmi 2 / Redmi Note sedangkan bila dibandingkan dengan Xiaomi Mi4i maka hasil Venge X lebih under exposure dan primer colour (RGB) sedikit unggul . Untuk Mi4i terlalu over exposure, tetapi keseluruhan warnanya lebih mendekati aslinya daripada hasil jepretan Venge X. Fitur kameranya ada Tracking mode seperti Galaxy S Series / Xperia Z Series yang dapat mengambil foto dengan gerakan secara continues.contohnya seperti dalam bermain basket maka pengguna dapat mengambil foto dari posisi lari ke loncat dan memasukkan ke dalam keranjang secara continues. Foto hasil tracking mode ini nantinya akan bisa di export menjadi file format lain seperti JPG, Video dan Gif.
kecepatan mengambil gambar cukup baik alias zero shutter lag cukup cepat karena hasil test untuk mengambil gambar membutuhkan waktu  0.5 Detik dari capture hingga menyimpan foto ke dalam memory.Videonya maximal  mendukung 1080p 30 Fps. Bila membuka Galeri koleksi gambar akan secara terasa hidup dengan kumpulan live photo dan tracking mode nya akan bergerak dalam tampilan thumbnail di aplikasi Gallery.
Kamera nya juga dilengkapi dengan fitur mode Beauty yang akan mengubah wajah menjadi lebih halus serasa sudah di makeup,fitur ini sangat berguna untuk pengguna yang doyan dengan selfie dengan menggunakan kamera belakang ataupun depan.
Kamera nya mendukung untuk senyuman dimana bila kamera mendeteksi ada senyuman maka kamera akan secara otomatis menjepret. Pengguna juga dapat membuat gesture gerakan huruf O saat layar padam maka secara otomatis kamera akan terbuka. Zero Shutter delay nya akan membantu untuk mengambil fokus dan menjepret dengan cepat,kecepatan saat menjepret sampai menyimpan gambar diperlukan waktu kurang lebih 0.5 detik. Ada jga fitur Anti shake atau anti goyang seta Face detection dan Smile shoot seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

**Note : Semakin kecil nilai aparture f nya dalam hal ini contohnya Venge X ( f/2.0) maka semakin jelas juga untuk menjepret foto dalam kondisi kurang cahaya atau gelap.







Foto Panorama 

Sample Kamera Depan ( Front Camera )




Sample Kamera Belakang ( Rear Camera )









Kondisi Malam

Kondisi Gelap Flash Aktif

Redmi 2 8MP f/2.2 Vs Venge X 13MP f/2.0

Test Extreem
Axioo Venge X menggunakan layar Gorilla Glass 3,dengan lapisan layar Gorilla Glass 3 tentunya sesuai pernyataan Corning sebagai pembuat Gorilla Glass 3 maka layar smartphone ini tahan terhadap goresan bahkan irisan cutter sekalipun. Untuk test extreem uji layar smartphone ini anda dapat mengunjungi link ini yang telah menguji ketahanan layar smartphone Venge X ini terhadap pukulan.

KESIMPULAN
Axioo Venge X dapat melakukan kinerja multitasking yang dapat diandalkan dalam kegunaan sehari hari. Desain mewah dan premium serta material yang bagus sangat terlihat premium meskipun agak berat karena frame nya menggunakan bahan full metal. Sedangkan casing belakang terbuat dari Polycarbonate dengan kualitas bagus serta dilengkapi lapisan coating seperti kaca yang anti gores.
Dalam keadaan layar Off menariknya adalah perangkat seperti terlihat tidak ada bezel karena bezel 3mm dan warna hitamnya cukup menarik untuk dilihat .Hal yang mengejutkan adalah dimana vendor lokal belum memiliki desain premium dan material semenarik ini. Bahkan Ram dengan besar 3GB dan chipset bertenaga sangat lancar untuk bermain games membuka aplikasi sampai banyak bahkan membuka games lebih dari 1 sekaligus. 

Kelebihan
  • Pengoperasian smooth no lag
  • Ram 3GB ( Free Ram 1,8-2.0 GB )
  • USB OTG Support
  • Dual 4G LTE
  • Bluetooth 4.0 Mendukung LE
  • Fitur Full Gesture untuk Unlock dan Lock Screen / Double Tap
  • GPS Cepat
  • Bezel Tipis 3mm 
  • Layar IPS dengan View Angle yang lebar.
  • Fitur Kamera Lengkap +  Dual FlashTone
  • Battery 3000 mAH sanggup 13-15 Jam Full Wifi.
  • Layar Kokoh dengan Gorilla Glass 3. Check Tes layar di Link ini
Kekurangan
  • Sensor Minim ( Tidak ada Gyroscope)
  • Hasil Kamera depan dan belakang terlihat Noise di kondisi malam atau kurang cahaya.
  • Tidak ada NFC
  • Cukup berat dan licin saat di genggam ( karena Frame Metal )
  • Slot Sim Rawan patah dan Slot Dualsim agak susah dipasang ( harus kebiasaan ) karena posisinya bolak balik.
  • Disarankan cek Kamera nya Purple Tint atau Tidak ( Cek di kondisi gelap )

Poskan Komentar Blogger

 
Top