TeknoPlace.Com - Axioo Windroid 9G+ merupakan suksesor Tablet Hybrid pabrikan vendor Axioo buatan Indonesia,meski buatan Indonesia komponen nya tentu masih import dari pabrikan ternama seperti Chipset dan beberapa hardware buatan vendor ternama. Suksesor ini sudah dibekali dengan memory ram yang lebih besar 2 kali lipat yakni 2GB dari sang kakak Axioo Windroid 9G yang hanya 1GB,tentu saja dengan dibekali memory ram yang lebih besar maka kerja multitasking dan berpindah antar aplikasi akan lebih lancar dan ringan karena ram akan menyimpan lebih banyak aplikasi untuk berjalan standby di background sedangkan spesifikasi lainnya sama persis dengan sang kakak di semua aspek. Kira kira apa saja pembaruan dan perbaikan selain memory ram yang di sertakan? mari kita simak perbandingan performa multitasking dan beberapa test menjalankan program program yang lebih berat dibanding dengan yang menggunakan memory ram 1GB.
Kali ini kami akan mengulas perbandingan performa dan beberapa peningkatan perbaikan dari Windroid 9G versi 1GB Ram sedangkan untuk review di lain aspek sama 99% dengan Windroid 9G versi 1GB Ram yang dapat dibaca lebih detail di Sini . Tablet ini masih tetap dibekali dengan Dual OS Windows 8.1 Out The Box dan Android Kitkat 4.4 Upgradable to Android Lolipop 5.1. Sayangnya untuk mengupdate Windows 10 harus di update sendiri via Ota ataupun manual karena Tablet ini masih tetap menggunakan Windows 8.1 Saat buka Box.

Unboxing
Unboxing kali ini kita akan menjelaskan kelengkapan aksesoris standart dari vendor bawaan yang disertakan. Standart kelengkapannya hanya Charger + Kabel data dan paket Magnetic Dock keyboard.



Magnetic Dock Keyboard
Keyboard disertakan satu paket dari vendor yang menggunakan teknologi hybrid dan dapat dibongkar pasang semau pengguna,keyboardnya dikoneksikan dengan Magnetic keyboard dengan 2X USB standart dan Toucdpad yang berfungsi sebagai Mouse serta klik kiri dan kanan. Magnetic Keyboard ini mendapatkan peningkatan perbaikan sehingga keyboard terasa lebih kencang dan rapat dibandingkan Axioo Windroid 9G versi 1GB Ram yang terasa lebih kendor dan kadang harus bongkar pasang untuk mendapatkan posisi yang pas agar keyboard lancar digunakan. Di Keyboard terdapat beberapa indikator LED untuk tanda magnetic dock keyboard dan dan Caps Lock.


Bagian bawah

Perbandingan Spesifikasi 
Perbandingan Spesifikasi akan kita test menggunakan CPUZ didalam mode OS Android sehingga kita dapat tahu perbedaan spesifikasi secara real dengan aplikasi ini. AxiooWindroid 9G+ sebelah ( Kiri ) Vs  Axioo Windroid 9G sebelah ( Kanan )

Spesifikasi Chipset
Spesifikasi Device
Spesifikasi System
Jenis Sensor
Android Version Windroid 9G+

Android Version Windroid 9G

Performa Android Mode
Karena mempunyai spesifikasi CPU yang sama maka otomatis perbedaan tenaga ke 2 nya pun tidak terpaut jauh secara siginifikan karena Ram 2GB pada Axioo Windroid 9G+ sangat berpengaruh hanya pada kondisi muktitasking dimana pengguna dapat membuka lebih banyak aplikasi atau program dalam waktu yang bersamaan sehingga system akan meloading aplikasi lebih ringan dan cepat dibanding dengan Ram 1GB.Karena Ram 1GB memiliki sedikit ruang untuk menyimpan sementara aplikasi di background dibanding Ram 2GB yang memiliki ruang 2x lebih banyak,
Perbedaan Ram 2GB dan 1Gb dapat diibaratkan seperti Mobil dijalan Raya, Ram 1Gb untuk jalan lebih sempit dan Ram 2GB untuk jalan yang lebih lebar.Tentu jalan yang lebih lebar dan luas akan sangat lancar untuk berjalan dan tidak akan menimbulkan macet karena banyak area kosong yang bisa saling menyalip,bandingkan dengan jalan sempit maka mobil pun harus antri untuk menyalip dan semakin banyak mobil yang lewat maka akan menimbulkan macet.Hal inilah yang terjadi pada Ram 1GB yang dapat mengakibatkan perangkat berjalan lemot karena sudah banyak aplikasi yang berjalan di background. 
Untuk mengetest kita akan menggunakan beberapa aplikasi Benchmark Antutu yang akan mengetahui score dibagian multitasking , CPU Prime Benchmark untuk mengukur kerja processor dan Ram secara bersamaan dan Geekbench Untuk mengukur seberpa kencang Processor bekerja. Geekbench tidak mengukur kecepatan dalam membaca Ram tetapi Ram akan sedikit membantu untuk mendongkrak kinerja perangkat melalui test benchmark tersebut.

Antutu Benchmark W9G+ ( Atas ) dan W9G ( Bawah )



Dalam test Antutu Score keseluruhan Windroid 9G+ memperoleh Score 35315 dan Windroid 9G dengan Score 32733, dengan test ini performa score multitasking tidak terpaut jauh hanya 2 ribuan saja namun justru score detail dibagian Multitask Windroid 9G ternyata malah unggul yang hanya mempunyai Ram 1GB. Memang score tidak menentukan secara real namun Software Android di Windroid 9G+ tidak terlalu bekerja secara maximal tetapi Ram 2GB sangat membantu untuk berpindah aplikasi secara cepat dan ringan dalam berbagai kondisi misal untuk bermain games sambil berpindah pindah dalam menjalankan aplikasi lain.

CPU Prime Benchmark W9G+ ( Atas ) dan W9G ( Bawah )



Dalam test menggunakan CPU Prime Benchmark Windroid 9G+ unggul dalam menjalankan test aplikasi ini dengan score 6575 dibanding Windroid 9G dengan Ram 1GB yang hanya memperoleh score 4703. Aplikasi test ini akan mengukur seberapa kencang gabungan performa Chipset dan Ram karena aplikasi test ini akan memaksa processor dan ram untuk bekerja secara maximal. Hasil tersebut menunjukkan Windroid 9G+ mempunyai performa 1.5 kali lipat dari Windroid 9G.

Geekbench W9G+ ( Atas ) dan W9G ( Bawah )



Geekbench sebenarnya adalah aplikasi yang khusus ditujukan performa seberapa kencang kerja Chipset atau prosessor. Axioo Windroid 9G+ ungul tipis dengan score 806 untuk performa single core prosessor dan  2150 untuk multicore atau lebih dari 1 core.
Sedangkan Windroid 9G versi ram 1GB mempunyai score 710 untuk single dan 1946 untuk muticore. Apakah pengaruh Memory Ram dalam hal ini? dalam test aplikasi diatas performa memory ram sangat berpengaruh secara signifikan dimana Windroid 9G+ mempunyai score untuk Single core 1068  dan 1140 untuk multicore.
Axioo Windroid 9G dengan Ram 1GB hanya mempunyai nilai separuhnya yaitu 691 untuk single core dan 678 untuk Multicore. Dengan Aplikasi test Geekbench Windroid 9G+ dengan jelas mempunyai kinerja performa Memory ram 2 kali lipat dari pada Windroid 9G.



Screenshoot tersebut memperlihatkan beban kerja Ram pada kedua perangkat yaitu Windroid 9G+ pada bagian atas dan Windroid 9G pada bagian bawah. Hal tersebut menunjukkan ruang kosong yang lebih lega karena Windroid 9G+ mempunyai ruang ram kosong sebesar 1.3GB untuk dapat menerima lebih banyak aplikasi dibanding Windroid 9G yang hanya mempunyai ruang kosong untuk Ram 356MB.

Pengujian Mode Windows 8.1 ( W9G+ )
Windroid 9G+ sayangnya tidak membekali dengan Windows 10 pada Out The Box maka pengguna bisa mengupdate manual secara OTA Windows 10 secara gratis namum membutuhkan data sebesar 3GB lebih.Mode Windows 8.1 perangkat ini menyertakan Storage dengan sisa 10GB saja dan bug cukup mengganggu yaitu SDcard tidak dapat mendeteksi saat perangkat restart untuk berpindah mode dari Android ke Windows. Satu satunya cara supaya lancar dalam mendeteksi SDcard yaitu perangkat harus benar benar shutdown total dan menghidupkan normal seperti biasa.


Storage Internal Awal


System Properties Windroid 9G+

System Properties Windroid 9G+



Spesifikasi Windows Windroid 9G+ ( Atas ) dan Windroid 9G (  Bawah )

Spesifikasi Dxdiag Windroid 9G+

Spesifikasi Dxdiag Display Windroid 9G+

Spesifikasi Dxdiag Dsiplay Windroid 9G

Spesifikasi Dxdiag Windroid 9G



Perbandingan Performa Chipset di Platform Windows 8.1
Setelah ujicoba test perbandingan di Mode Android kali ini akan kita share perbandingan performa diatas platform Windows dengan menggunakan GeekBench 3 dan GFXBEnch untuk platform Windows 8.

GeekBench Windows Windroid 9G+

GeekBench Windows Windroid 9G

Task Manager
Test manager bawaan Windows dengan menjalankan semua aplikasi Office dan Benchmark berjalan beriringan untuk mendapatkan performa dan multitasking yang nantinya akan dibaca oleh Windows.

Task Manager Performance Axioo Windroid 9G+

Task Manager Process Axioo Windroid 9G+

Task Manager Performance Axioo Windroid 9G

Task Manager Process Axioo Windroid 9G

Performa Memory Ram
Setelah di test dengan Geekbench versi Android kali ini kita akan test di platform Windows dengan mengukur nilai Memory Ram performa nya seberapa kencang perbedaan di platform Windows dan Android.

GeekBench Windows Performa Memory Windroid 9G+

GeekBench Windows Performa Memory Windroid 9G

Nilai yang kita dapatkan di platform PC hampir sama dengan di platform Android dimana di platform Windows ini kita memperoleh hasil berikut.:
Windroid 9G+ Performa Memory Single Core 941 dan Multicore 959
Windroid 9G  Performa Memory Single Core 625 dan Multicore  600

Selisih ini mencatat performa memory 9G+ di platform Windows 1,5 kali lipat dari Windroid 9G sedangkan di Platform Android Benchmark mencatat Windroid 9G+ mempunyai score hampir 2 kali lipat dibanding Windroid 9G.

Ram Speed Test
Test ini akan mengetest secara keseluruhan hanya di kecepatan memory RAM yang berjalan jadi dengan aplikasi ini kita akan mengetahui seberapa kencang dan cepat Ram mempengaruhi dalam hal kinerja multitasking.


Ram Speed Axioo Windroid 9G+

Ram Speed Axioo Windroid 9G

Dan ternyata menurut aplikasi PC Benchmark ini Windroid 9G+ jauh melampaui score Windroid 9G yang mempunyai speed test pada ram nya yang 2 kali lebih cepat dan tentu akan mempengaruhi kinerja multitasking dengan program aplikasi yang berat pada Windroid 9G+ yang akan berjalan lebih ringan.



Dengan demikian Secara umum garis besar Windroid 9G+ unggul dalam berbagai aspek terutama untuk multitasking yang dapat menyimpan aplikasi atau program lebih banyak dibanding Windroid 9G dengan ram 1GB namun itu kembali dengan kebutuhan pengguna. Bila hanya sekedar untuk pemula yang hanya menjalankan Office, Browsing dan bermain games kecil Windroid 9G versi Ram 1GB cukup untuk digunakan sehari hari tetapi apabila ingin menjalankan Software atau games yang lebih berat sangat direkomendasikan untuk menggunakan Wndroid 9G+  untuk penggunaan multitasking seperti bermain games dengan menggunakan aplikasi lain secara bersamaan.


Axioo Windroid 9G+ mempunyai kriteria yang cocok untuk pengguna yang mobilitasnya tinggi dengan harga yang cukup terjangkau bila ingin melihat spesifikasi lebih lengkap bisa mengeklik halaman web resmi AxiooWorld.com. 

Kelebihan

  • Ram ada peningkatan menjadi 2GB performa Mulititasking semakin ringan
  • Keyboard Docking lebih kencang dan rapat sehingga lebih nyaman digunakan berbagai posisi
  • Windows 8.1 Included dan gratis Update Windows 10
  • Layar IPS mempunyai Angle yang lebih luas dan jelas
Kelemahan
  • Bug MicroSD masih belum diperbaiki
  • Kamera belum ada peningkatan
  • Belum Included Windows 10 ( Update Sendiri secara manual )
  • Casing rentan terhadap goresan dibagian atas
  • Internal Memory terbatas yang hanya Free 10 GB saat buka Box

Poskan Komentar Blogger

  1. RAM 1GB di Windroid 9G setelah penggunaan buka-tutup apps cukup mengganggu, karena setiap buka aplikasi jadi mental. Solusinya harus restart si Windroid.

    Hal lain, menggunakan dongle hdmi - VGA ke monitor HP L1815w, kok tidak keluar gambar ya? Apakah perlu setting khusus di Win10?

    Trims om Erick.

    BalasHapus
    Balasan
    1. windroid saya pasang di LCD TV rumah maupun LCD monitor lancar jaya, tapi saya tidak pakai hdmi-vga melainkan hdmi saja, settingannya juga mudah pakai vga driver intel yang ada di taskbar. jikalau nanti di lcd muncul bagian hitam, maka anda harus memilih OSD hanya di external monitor nanti akan full screen, pokoknya jangan clone display

      Hapus
  2. Saya menggunakan windroid 9G+ dengan external hard disk, tiba2 mati itu kenapa ya?

    Untuk simcardnya apakah smartfren data bisa digunakan?

    Trima kasih

    BalasHapus
  3. Saya menggunakan windroid 9G+ dengan external hard disk, tiba2 mati itu kenapa ya?

    Untuk simcardnya apakah smartfren data bisa digunakan?

    Trima kasih

    BalasHapus
  4. Kemungkinan battery low..dicoba battery diatas 50%..tidak ada masalah dgn hdd external..Smartfren tidak bisa hanya H+ gsm saja..blm 4G LTE

    BalasHapus
  5. Kemungkinan battery low..dicoba battery diatas 50%..tidak ada masalah dgn hdd external..Smartfren tidak bisa hanya H+ gsm saja..blm 4G LTE

    BalasHapus
  6. Office nya kompetibele dgn office di laptop / desktop yg menggunakan office 2007...dan juga apakah bisa menggunakan program accounting seperti accurate?...trima kasi sebelumnya

    BalasHapus
  7. Office nya kompetibele dgn office di laptop / desktop yg menggunakan office 2007...dan juga apakah bisa menggunakan program accounting seperti accurate?...trima kasi sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu bisa sekali karena sama2 windows pc bukan windows RT

      Hapus

 
Top