TeknoPlace.Com - Akhir tahun 2015 mendekati awal tahun 2016 persaingan smartphone semakin panas yang mana tahun 2016 akan dimulainya smartphone dengan menggunakan minimal 3GB Ram nah apakah keuntungan memory lega ram 3GB? Ram 3GB sangat menguntungkan saat kita menjalankan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan karena memory besar sangat berguna untuk menyimpan aplikasi di background yang nantinya akan dibuka kembali bila pengguna diperlukan. Ram 3GB bila diibaratkan seperti Mobil yang berjalan di jalan raya lebar 3 jalur sedangkan bila dibandingkan dengan ram 1GB yang diibaratkan dengan jalan raya 1 jalur maka secara otomatis ram 3GB dengan 3 jalur akan berjalan lebih cepat dan tidak mengakibatkan macet karena pengguna atau pengendara lain dapat menyalip dengan bebas dan lancar dibandingan ram 1gb dengan 1 jalur yang harus antri untuk menyalip bahkan tidak dapat menyalip. Vendor lokal Axioo menggebrak dengan menggunakan ram 3GB dengan chipset MT6735P.  
Axioo bulan ini diketahui merilis duo smartphone flasghip yang dinamakan Venge dan Venge X kedua nya memakai ram 3GB dengan layar 5 inch untuk Venge dan 5.5 Inch untuk Venge X . Nah kali ini akan saya share sedikit review Axioo Venge dari kami yang baru beberapa hari test dengan warna full hitam dengan bezel Rosegold.

SPESIFIKASI
  • Screen Size 5" IPS HD Full Lamination
  • Resolution 1280x720 dpi 293
  • Processor  Quad Core 1.0GHz, A53, 64-bit
  • Chipset MT6735P
  • GPU Mali-T720 MP2
  • RAM+ROM 3GB+16GB
  • Camera 8 MP AF With Dual Tone Flash, 5 MP
  • Sensor Sony Exmor R
  • Aperture f/2.2
  • OS Android 5.1 64Bit
  • Dimension 141.5 x 70 x 8.25mm
  • Weight 134gTouch 5 Point Yes
  • Bluetooth 4.0 LE Yes
  • Wifi b/g/n Yes
  • GPS + A-GPS Yes
  • Dual SIM 4G LTE Yes
  • G,P,L-Sensor Yes 
Unboxing





SPESIFIKASI By CPUZ




DESAIN





Sisi Kiri

Sisi Kanan Tombol Power dan Volume

Sisi Bawah

Sisi Atas Port Audio + InfraRed

BackCase Dibuka

Tata Letak Sim dan Slot SD Card

BackLight Navigation



Desain Speaker

Desain seperti biasa pada umumnya smartphone masih menggunakan desain kotak memanjang dengan desain membulat dibagian ke 4 ujungnya cukup mirip dengan dengan Mi4 atau seperi Mi Note. Bezelnya mempunyai tebal 3mm yang dihitung jarak terluar dari layar dan pinggir bezel. sebagai perbandingan Redmi 2 dan Redmi Note ada di sekitaran tebal bezel 5mm. Jadi venge cukup tipis bezelnya enak dilihat dan cukup nyaman dipegang karena sangat ringan. Frame nya masih menggunakan non metal yang dihiasi dengan aksen metal warna rosegold. Saat layar nonaktif smartphone ini terlihat tidak mempunyai bezel karena bezel yang cukup tipis dipadu dengan frame bezel warna hitam. Sedangkan backcase nya terbuat dari plastik dengan lapisan serat sehingga sidik jari tidak meninggalkan bekas sedikitpun.
Bagian bawah terdapat navigasi fisik dengan simbol Segitiga ( Back ) , Bulat ( Home /Multitask ) , Kotak (Option) yang dilengkapi dengan backlight yang membantu menyala di kondisi kurang cahaya.
Dibagian atas terdapat port Audio 3.5 mm dengan hadirnya fitur infrared dibagian samping port audio. Fitur Infrared dapat digunakan untuk mengontrol perangkat elektronik dirumah anda seperti TV, DVD , AC dan peralatain lain yang menggunakan remote Infrared tetapi pengguna harus menggunakan aplikasi khusus untuk remote yang didukung infrared. Pengguna dapat menggunakan aplikasi Zaza Remote sebagai contohnya karena mempunyai dukungan banyak merk dan jenis perangkat elektronik. Untuk ,menggunakannya Add Jenis Perangkat elektronik, kemudian test responnya bila tidak merespon tekan next driver nya sampai menemukan tombol respon, Bila sudah merespon tombol power di aplikasi Zaza Remote klik Response dan ikuti perintah di Aplikasi Zaza Remote.

Zaza Remote

Bagian samping kiri terlihat polos hanya frame saja yang menghiasi sebelah sisi kiri sedangkan bagian kanan terdapat tombol Volume dan Power. Dibagian bawah hanya terdapat port microusb untuk charging.

Spesifikasi Menurut Antutu dan AIDA64








Dari data diatas semua spesifikasi OS, Kernel, Chipset yang telah mendukung full 64Bit sehingga kinerja juga dipastikan akan maximal dan stabil. Arsitektur 64Bit sangat cocok dan lebih optimal bila aplikasi dan games yang dijalankan juga mendukung untuk hardware 64Bit.

Home UI
Axioo menggunakan Axioo UI dalam mendesain Android Lolipop 5.1 dengan basis AOSP tentunya UI nya mirip dengan versi Nexus namun hanya mengalami sedikit kustomisasi dalam hal navigasi dan menu menu tertentu.





ScreenLock


FITUR
Selain InfraRed sebagai remote control Perangkat ini mendukung semua gesture mode, dari posisi layar mati semua gesture huruf akan dikenali saat menghidupkan layar namun sebelumnya harus diset terlebih dahulu. dalam mode posisi layar mati misalnya anda dapat meberikan gesture huruf O dilayar maka seketika akan masuk ke menu kamera.setting security nya terdapat pilihan melalui voice unlock namun belum mendukung face unlock secara default mungkin karena firmware masih awal.Untuk menghidupkan layar pengguna cukup tap 2x untuk masuk ke menu Homescreen.

Storage Awal


Gesture Control

Gesture control ini untuk mengontrol seluruh gerakan gesture saat layar padam sehingga pengguna dapat membuka perangkat atau membangunkan perangkat dengan mengaktifkan double tap di layar atau mengetukkan jari 2x di layarnya. Gesture control tersebut dapat di kustomisasi menurut aplikasi yang diinginkan pengguna. Berbeda dengan Venge X yang hanya dapat mengontrol aplikasi secara default tanpa bisa melakukan kustomisasi.


HotKnot Transfer data

Fitur HotKnot adalah fitur unik dimana pengguna dapat bertukar data hanya dengan bertatap layar atau dengan menempelkan sesama smartphone dibagian layarnya tentu fitur ini akan berfungsi sesama smartphone yang mempunyai fitur HotKnot juga.Namun smartphone tidak bertukar data dengan menggunakan NFC karena perangkat ini tidak mendukung NFC secara hardware.

Sensor Perangkat
Sensor perangkat ini terlihat minim bila dibandingkan perangkat lain dengan ram 3GB beberapa sensor yang absen antara lain adalah yang ditandai dengan Silang warna merah.


Kamera
Kamera 8MP dengan dual flash led dan 5 MP bagian depan.Untuk bagian depan fotonya menggunakan 5MP namun noise nya cukup lumayan untuk digunakan. sedangkan bagian Belakang menggunakan 8MP dengan aparture f2.2 dengan hasil cukup mengecewakan untuk  kondisi low light atau malam hari. Bila dibandingkan saat kondisi malam hari dengan Redmi 2 atau Redmi Note 3G hasilnya Jepretan Venge masih sedikit dibawah Redmi 2 ,tetapi cukup baik saat di set ke ISO 800 ( Dibawah Redmi 2). Fitur kameranya cukup lengkap ada Live photo seperti iPhone 6s seperti yang diperkenalkan beberapa waktu lalu yang bisa memfoto dengan gerakan seperti video dan bisa di export ke format GIF, video atau foto normal. Ada juga Tracking mode seperti Galaxy S Series / Xperia Z Series yang dapat mengambil foto dengan gerakan secara continues..contohnya seperti dalam bermain basket maka pengguna dapat mengambil foto dari posisi lari ke loncat dan memasukkan ke dalam kerangjang secara continues. kecepatan mengambil gambar cukup baik alias zero shutter lag cukup cepat karena hasil test untuk mengambil gambar membutuhkan waktu 0.5 Detik dari capture hingga menyimpan foto ke dalam memory.Videonya maximal hanya mendukung 720p saja maximal tetapi kemungkinan bisa ditingkatkan melalui OTA update mengingat sensor kameranya cukup baik karena menggunakan sensor Sony. Bila membuka Galeri koleksi gambar akan secara terasa hidup dengan kumpulan live photo dan tracking mode nya akan bergerak dalam tampilan thumbnail di aplikasi Gallery.

Spesifikasi Kamera

Kamera nya juga dilengkapi dengan fitur mode Beauty yang akan mengubah wajah menjadi lebih halus serasa sudah di makeup,fitur ini sangat berguna untuk pengguna yang doyan dengan selfie dengan kamera belakang ataupun depan.
Kamera nya juga mempunyai fitur suara dengan mengucapkan kata Cheese atau Capture maka kamera akan menjepret secara otomatis tetapi fitur suara harus diaktifkan dulu di menu Setting-Bahasa&masukan-Voice Command , selain perintah suara juga mendukuing untuk senyuman dimana bila kamera mendeteksi ada senyuman maka kamera akan secara otomatis menjepret. Pengguna juga dapat membuat gesture gerakan huruf O saat layar padam maka secara otomatis kamera akan terbuka.

Mode Kamera Normal

Live Photo

Tracking Mode


Continues Shoot

Mode Beauty

Mode Panorama

Automatic Capture

Setting Resolusi Kamera

Setting Kamera

Setting Video

Camera Setting

Koneksi Jaringan 4G
Axioo Venge sudah dilengkapi dengan jaringan supercepat 4G LTE yang sudah mendukung di gunakan di Indonesia. 4G LTE dapat digunakan di kedua slot simnya karena menggunakan dualsim maka secara otomatis pengguna dapat mengaktifkan slot sim mana yang akan digunakan untuk mengaktifkan 4G LTE. Secara Teori Perangkat ini mendukung 4G LTE Cat 4 yang mempunyai speed 150 Mbps.
Speed 4G LTE 

Setting Jaringan 4G

Dual 4G Slot

Performa
Dengan dibekali Ram 3GB maka secara otomatis aplikasi yang berjalan di background akan dapat menyimpan banyak aplikasi untuk dipanggil kembali sewaktu waktu. perpindahakan aplikasi secara umum cukup cepat dan smooth. pergeseran home screen juga sangat ringan dan belum mengalami lag sejauh ini yang menganggu.Perfoma nya cepet dalam berpindah aplikasi. Sejauh ini kami mendapatkan sisa ram rata rata 1.8 - 2GB dalam penggunaan aplikasi sehari hari. Untuk memainkan Film format mkv pun cukup lancar,mkv dikenal dengan ukurannya yg cukup besar tidak semua smartphone mendukung untuk memutar file mkv secara default tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Di Windows 7 pun secara default tidak mendukung file mkv kecuali menggunakan software pihak ketiga.



Chipset yang dibekali dengan MT6735P yang hampir setara dengan milik Qualcomm Snapdragon 410 namun MT6735P mempunyai keunggulan dibanding Snapdragon 410 yaitu performa java runtime nya 30% lebih cepat dibanding Snapdragon 410. Kelebihannya perangkat ini yaitu mendukung full 64Bit dengan OPENGL 3.1 baik di OS maupun hardware nya sementara Snapdragon 410 dengan GPU Adrena 305 hanya mendukung OPENGL 3.0. Chipset ini MT6735P jauh lebih unggul di GPU karena memakai Mali T720MP3.
Selama memakai beberapa hari hampir belum menemukan gejala lagging bahkan kita dapat membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan dan tidak mengelami kinerja yang lemot. Bahkan dalam posisi menjalankan beberapa aplikasi Free ram yang didapatkan sekitar 1.8- 2.0 GB. Untuk menjalankan multitasking contohnya saat bermain aplikasi/games yang telah lama tidak dijalankan dan tersimpan di background maka bila ingin dipanggil atau dibuka kembali tidak akan meloading ulang hal ini dikarenakan sisa ruang memory yang tersimpan di RAM masih cukup lega untuk menampung aplikasi atau games di background. Bandingkan dengan RAM 1GB bila membuka browser yang telah dibuka sebelumnya maka saat di panggil kembali akan melakukan reloading ulang.

Antutu BenchMark V5.7.1

Antutu 6.0 Venge X vs Venge


CPU Prime BenchMark

GeekBench3 BenchMark

Geekbench3 Memory Performance

Free Ram Open Box

Free Ram Running Beberapa Aplikasi

SD Memory BenchMark

Perbandingan Dengan Infinix Zero 2

Perbandingan Performa Benchmark Dengan Motorola X 2014
Sebagai perbandingan kita coba cek seberapa besar tenaga Snapdragon 801 yang dipakai oleh Motorola Moto X 2014 sehingga kita memperoleh perbandingan selisih,meskipin chipset MT6735P yang dipakai oleh Axioo Venge bukan tandingan Snapdragon 801 tetapi kita dapat mengetahui selisih kinerjanya.
NB : Semakin Besar Angka Kinerja Performa Semakin baik.

Score Antutu Moto X 2014

Moto X 2014 Spesifikasi

CPU Prime BenchMark Moto X 2014

Score Geekbench Moto X 2014

Score Memory Performance Geekbench Moto X 2014

Test GPS


Dari hasil data diatas bahwa GPS Axioo Venge cukup cepat mengunci beberapa satelite dalam keadaan Indoor maupun Outdoor.Untuk mengunci GPS posisi Indoor dibutuhkan waktu 50 detik sedangkan pada posisi outdoor dibutuhkan waktu 13 detik saja dengan margin error masih dibawah atau sama dengan 10 Meter, yang artinya margin error 10 meter masih sangat wajar dan baik karena posisi dari jarak 10 meter tetap akan terlihat dengan jarak yang sangat relevan.

BATTERY
Battery merupakan hal penting dalam kehidupan smartphone untuk dipakai sehari hari tetapi peran pengguna merupakan faktor penentu dari umur battery untuk dipakai sehari hari. Penggunaan battery dengan menggunakan full Wifi Only juga sangat membantu untuk hidup lebih panjang dibandingkan dengan koneksi 3G apalagi 4G yang lebih menguras battery. Dalam hal ini Axioo Venge Sanggup hidup rata rata 8-10  jam dalam pemakaian Full Wifi Only dengan posisi layar hidup selama 2 Jam lebih untuk dipakai. 
Bila Layar hidup dalam kondisi dibawah 2 Jam maka Axioo Venge dapat bertahan selama rata rata 12 jam dalam pemakaian tanpa bermain games.

Bertahan 8-10 Jam

Layar Hidup selama 2 Jam 32 Menit 

Battery Saver

Namun bila ingin lebih hidup panjang pengguna dapat menghidupkan atau mengaktifkan Battery Saver atau Penghemat battery namun fitur ini akan mematikan aktifitas data di Background seperti Cloud dan Google Service. Jadi pengguna harus mengecek manual untuk Email ataupun aplikasi yang menggunakan Google Service tetapi pengguna tidak akan kehilangan untuk mendapatkan notifikasi aplikasi yang telah anda ijinkan untuk menerima notifikasi.

Contoh Hasil Kamera

Kamera Depan



Mode Kamera Malam / LowLight






Mode Kamera Makro















Kelebihan
  • Pengoperasian smooth no lag untuk multitasking (Berpindah Aplikasi)
  • Ram 3GB ( Free Ram 1,8-2.0 GB ) ( Buka Box 2.4GB Free Ram )
  • Full 64 Bit System Membuat kinerja system Stabil dan Maximal
  • USB OTG Support
  • Adanya Fitur InfraRed untuk Remote Control
  • Dual 4G LTE Slot
  • Fitur Smart Gesture untuk Unlock dan Lock Screen dan ShortCut Aplikasi
  • Bezel Tipis 3mm dan sangat Ringan
  • Layar IPS nyaman dilihat
  • Fitur Kamera Lengkap + Dual FlashTone
Kekurangan
  • Layar Belum dilindungi Gorila Glass ( Solusi Gunakan Tempered Glass )
  • Sensor Minim Tanpa Gyroscope
  • Hasil Kamera dibawah standart Saat Low Light / Malam karena Noise (Solusi set ISO 800)
  • Video Recording hanya 720p Maximal / Belum mendukung 1080p
  • Keyboard kurang responsive untuk mengetik cepat
KESIMPULAN

Axioo Venge dapat melakukan kinerja multitasking yang dapat diandalkan dalam kegunaan sehari hari. Karena sudah menggunakan Hardware dan OS yang mendukung 64Bit akan menghasilkan kinerja maximal bila aplikasi dan games juga mendukung penggunaan arsitektur 64Bit. Desain yang menarik dan bezel yang tipis merupakan nilai plus untuk perangkat ini, bahkan perangkat ini cukup ringan saat digunakan.Penggunaan games ringan dan menengah cukup lancar dijalankan dan untuk games kelas berat dengan settingan high/very high graphic menimbulkan gejala lag di beberapa kondisi namun lancar untuk games kelas berat dengan settingan graphic normal.
Dalam keadaan layar Off menariknya adalah perangkat seperti terlihat tidak ada bezel karena lebar bezel hanya 3mm dan warna hitamnya cukup menarik untuk dilihat. Hal yang mengejutkan adalah dimana vendor lokal belum membenamkannya adalah Fitur InfraRed yang dapat mengontrol peralatan elektronik dirumah anda. Bahkan kinerja nya pun sangat lancar dalam mengenali merk merk elektronik terkenal ataupun merk china buatan lokal. 
Dengan fitur smart gesture yang tersedia di Axioo Venge sangat membantu untuk akses cepat tanpa menghidupkan layar dengan tombol power,bahkan smart gesture sangat bisa di kustomisasi untuk membuka aplikasi yang diinginkan pengguna.

Poskan Komentar Blogger

 
Top