TeknoPlace.Com - Refarming jaringan supercepat 4G LTE frekuensi 1800 mhz telah usai dilaksanakan dengan sukses dan tidak ada halangan berarti untuk itu Menkominfo berterimakasih dengan seluruh operator yang bekerja keras untuk mendukung refarming ini.Spektrum selebar 75 Mhz akan digunakan untuk seluruh operator seluler menggelar 4G LTE secara nasional.
Ditemui dalam pers konferensi di Jakarta Rudiantara selaku Menkominfo menginformaskan bahwa peralihan jaringan atau refarming telah selesai dengan aman dan tanpa fallback yang berarti.Jika hasil test jaringan lancar dan berjalan mulus maka ke empat operator Tsel , Tri , indosat dan XL dipastikan boleh mengkomersilkan jaringan 4G LTE kepada publik. Refarming selesai malam lalu yang diakhiri oleh Indosat di Jakarta. Proses penataan ini juga masih dipantau oleh Kominfo yang dipimpin Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos Informatika M Budi Setiawan.


Untuk menggunakan dan menggelar layanan 4G LTE 1800 mhz harus ditata ulang spektrum nya karena beberapa frekuensi masih digunakan oleh jaringan 2G dan blok kanal nya belum bisa berdampingan oleh karena itu Kominfo mulai refarming dari APril 2015 mulai dari luar jawa. Sebelumnya juga operator menguji coba jaringan 4G LTE di frekuensi 900 Mhz namun masih terbatas dan spekrum nya masih sempit sehingga kecepatannya pun rendah dan tidak stabil sementara di frekuensi 1800 Mhz spektrumnya lebih lebar dan leluasa digunakan operator indonesia. Telkomsel dan XL mendapatkan spektrum sebesar 22.5 , Indosat 20 dan Tri hanya 10 Mhz saja.
Jika operator menggelar 4G LTE difrekuensi 900 Mhz maka kecepatan yang didapat hanya maximal 36 Mbps sedangkan bila menggunakan 1800 Mhz dijanjikan diatas kertas bisa sampai 100 Mbps. Kecepatannya akan meningkat bila operator menggunakan Carrier Aggregation atau LTE Advanced yang mempunyai kecepatan diatas 100 Mbpx dan tentunya juga harus didukung perangkatnya juga. 4G LTE rencananya akan diresmikan oleh Menkominfo didampingi dengan Presiden Jokowi pada awal bulan Desember mendatang.
Source Detikinet

Poskan Komentar Blogger

 
Top