TeknoPlace.Com - Project Astoria yang merupakan proyek Microsoft untuk menghadirkan aplikasi Android di Windows Phone 10 tidak jelas kapan bahkan proyek ini dikabarkan akan dihentikan. Project Astoria diperkenalkan dalam dev conference awal tahun 2015 lalu oleh Microsoft untuk membantu developer agar dapat dengan mudah memporting aplikasi dari platform lain seperti (Android, iOS, Web, Win32). 
Masa depan Project Astoria tidak jelas dan bahkan ada kabar telah dihentikan karena terdapat beberapa masalah yang masih belum diungkap. Salah satu sumber mengatakan bahwa proyek ini tidak berjalan sesuai yang direncanakan karena Ada yang menilai para developer tidak gembira dengan proyek ini, sementara ada juga yang menilai subsistem Android telah membuat Windows 10 Mobile menjadi lambat. Ada juga yang mengisyaratkan kemungkinan adanya masalah legal, sedangkan kemungkinan lainnya adalah karena banyaknya kebutuhan sumber daya manusia yang harus diikutkan dalam proyek ini jika dibandingkan dengan proyek lain, karena platform Android memiliki varian/fragmentasi yang lebih besar dibandingkan platform iOS (Islandwood) maupun Windows / Web.
Bukti dari informasi tersebut didapat karena tidak adanya aktifitas di forum milik Microsoft tersebut untuk membahas proyek itu. Selain itu dihapusnya subsistem Android di Windows 10 Mobile Insider terbaru semakin menguatkan dugaan tersebut. Microsoft kaabrnya masih memikirkan cara untuk merilis proyek tersebut karena dengan proyek tersebut akan memperbanyak ekosistem Windows Phone 10 dimasa yang akan datang. Tentunya Developer akan mnyambut gembira bila proyek tersebut berjalan apa yang merkan harapkan. Seperti Aplikasi facebook yang kabarnya akan merilis Aplikasi universalnya yang rencananya dapat digunakan untuk berbagai platform khsusunya yang dibuat dari portingan platform iOS.

Poskan Komentar Blogger

 
Top