TeknoPlace.Com - Raspberry merupakan mini PC yang sejak awal di buat di kelas mini PC portable meskipun mini tetapi banyak sekali kegunaannya antara lain sebagai cloud server , aplikasi sederhana sampai aplikasi , instalasi rumah pintar hingga Robotika. kini muncul varian baru Raspbery Pi Zero yang dijual seharga 5 USD atau Rp 60 Ribuan. Spesifikasinya antara lain Prosesornya berkecepatan 1 GHz, RAM-nya 512 MB, slot microSD, port mini HDMI, serta dua port micro USB untuk power dan koneksi data input.


Processor nya menggunakan Broadcom BCM2835 ARM11 core 1 GHz yang diklaim 40 % lebih kencang daripada versi awalnya. Menilik soal komponennya Raspberry Zero dibekali dengan 40 pin GPIO seperti yang ditemukan di Raspi model A+, B+, dan 2B termasuk port untuk RCA . Perangkat ini menjalankan OS Raspbian yang dapat mampu menjalankan aplikasi serta dapat di tampilkan ke output LCD TV dengan koneksi HDMI. Ukurannya pun sangat kecil yakni 65 mm x 30mm x 5 mm yang hanya setengah dari jartu kredit. Harga ini sangat begitu murah apalagi perangkat ini disertakan sebagai bonus di majalah MagPi edisi terbaru yang harganya Rp 125 Ribu di Inggris.
Kabar terakhir bahkan perangkat ini berhasil terjual sebanyak 20 Ribu Unit dalam waktu beberapa hari saja wajar memang karena harganya yang sangat murah.
Eben Upton, pendiri Raspberry Pi Foundation  berkata Saat ini sepertinya kami sudah menjual setiap (Raspberry Pi) Zero yang kami buat (sekitar 20 ribu unit) dan sekitar 10 ribu unit yang disertakan di majalah MagPi. Bila tertarik untuk mempelajari komputer Raspberry anda dapat melihat berbagai proyek yang dapat dikerjakan Mini PC ini di Link berikut ini.

Poskan Komentar Blogger

 
Top