TeknoPlace.Com - Smartband merupakan salah satu produk wearable device atau perangkat yang dipakai di tubuh,perangkat ini berbentuk gelang yang mempunyai lcd dot yang juga dapat dicontrol dengan layar sentuh dan juga ada yang di control dengan tombol trackpad khusus. Selain sebagai Jam tangan atau penunjuk waktu tentu smartband ini sesuai namanya mempunyai banyak fitur untuk fitness tracking bagi mereka yang gemar olahraga dan selalu terhubung ke smartphone agar tak lupa semua panggilan dan notifikasi di smartphone nya.
Yang kami kasih review disini adalah perangkat smartband dengan Merk Smart i5 Plus dengan Layar Sentuh yang berjalan di smartphone Android ( Xiaomi Redmi 1s Custom Lolipop Cm 12.1 511). Merk i5 Plus yang mempunyai banyak macamnya dengan beberapa rebranding.Smartband i5 Plus ini juga mempunyai 2 macam sebagai informasi tambahan Plus adalah seri yang dicontrol dengan layar sentuh atau swipe control.
Untuk menggunakan semua fitur fiturnya pengguna harus mendownload aplikasi bernama Zeroner untuk menampilkan semua settingan dan data sinkronisasinya. Jadi semua data fitness tracker dan historisnya akan tersimpan di aplikasi ini. Spesfifikasinya :

Fitur Fitur



Unboxing :




Beberapa Penampakan



Contoh Penggunaan Langkah kaki sebanyak 202 langkah 






Sport Tracking :
Fitur ini berfungsi sebagai fitness tracker yang digunakan untuk keperluan olahraga seperti penghitangan jarak langkah termasuk lari,jauhnya jarak seberapa kita melangkah atau lari dan juga perhitungan calori yang dibakar. Semua perhitungan jarak langkah akan dihitung dengan prosessor serta sensor gerak yang tertanam di smartband ini jadi akan mendeteksi gerakan langkah kaki pengguna. Perhitungan calori yang dibakar dapat dihitung secara otomatis yang baik dapat ditampilkan di layar smartband itu sendiri atapun di layar aplikasi Smartphone. Untuk mengkoneksikan ke smartphone pada waktu awal harus di pairing di perangkat smartphone. Bila perangkat terhubung akan di tandai pada ScreenShoot dibawah ini.




Semua data akan ditampilkan di menu ini dari jejak langkah yang artinya seberapa jauh kita melangkah dan juga berapa nilai kalori yang dibakar. Selain itu ad ajuga menu jarak atau distance seberapa jauh kita berjalan atau berlari.
Sleep Monitoring
Data tidur melalui aplikasi dibagi menjadi deep sleep dan light sleep, sehingga kita bisa menganalisa pola tidur kita dan mulai mencari cara bagaimana untuk mendapatkan tidur nyenyak yang berkualitas. Deep sleep mengetahui seberapa besar kualitas tidur yang paling nyenyak dan Light Sleep menganalisa pada waktu tidur awal. Dengan adanya fitur alarm ini pengguna juga dapat digunakan sebagai alarm yangs ebelumnya dapat dis etting melalui aplikasi tersebut.


Remote Camera
Fitur ini dapat digunakan untuk mengambil capture foto jarak jauh dengan bluetoth jarak maximalnya selama terjangkau dengan Blueetoh capture foto masih dapat dilakukan. Kelemahan dari smartband ini adalah foto yang dihasilkan beresolusi sangat rendah jadi tidak cocok digunakan untuk foto untuk hal penting.

Dengan menekan icon camera atau Autodyne maka layar di smartband akan menjadi ikon camera yang siap untuk digunakan menjepret foto dari kamera smartphone.

Call n Message Reminding:
Fitur ini akan menampilkan semua notifikasi yang ada di smartphone untuk ditampilkan di smartband ini. Aplikasi yang dapat ditampilkan sesuai yang ada di pengaturan aplikasi berikut ini.pengguna tinggal setting aplikasi mana yang akan ditampilkan sebagai notifikasi.


Pesan sms akan ditampilkan isinya secara penuh namun selain sms notifikasi yang ditampilkan hanya sebatas nama pengirim termasuk bila ada penggilan masuk maka smartband akan bergetar dan akan ditampilkan nama penelponnya. Smartband ini tidak dapat untuk menjawab telepon layaknya power ranger jadi untuk menerima telepon sepenuhnya dilakukan dengan smartphone itu sendiri.

Sedentary Alerts:
Fitur ini digunakan sebagai tanda notifikasi yang akan bergetar bila ada pemberitahuan baru di smartphone pengguna. Fitur ini juga digunakan untuk penanda alarm sebagai pengingat ataupun untuk alarm untuk membangunkan saat kita tidur.

Find Your Phone :
Fitu ini berguna bila kita lupa waktu kita menaruh smartphone, dengan fungsi ini yang ditandakan dengan icon kaca pembesar dilayar smartband maka smartphone akan berbunyi seperti alarm namun dengan syarat sebelumnya harus terhubung ke smartband tersebut dan juga terjangkau oleh Blueetoh.Untuk menggunakannya pemilik smartband hanya tinggal mencari menu icon kaca pembesar di smartband dan klik tahan untuk memilihnya.

Data Synchonazism
Dengan aplikasi Zeroner untuk Android yang bisa di Download di PlayStore dan AppStore Untuk iOS iPhone semua data bisa di sinkronisasi termasuk data historis dalam harian mingguan ataupun bulanan. Untuk mengkoneksikan Smartband ini syarat smartphone harus menggunakan Android 4.3 atau keatas dan iOS versi 7 keatas. Tidak hanya itu saja versi Bluettoh smartband juga minimal harus versi v4.0 Low Energy. Karena bila menggunakan smartphone diluar syarat tersebut maka smartband tersebut tidak akan bekerja dengan aplikasi yang terhubung via smartphone. 
Dengan fitur ini Fungsi Jam dan Tangal dapat diatur secara otomatis mengikuti tampilan waktu dan tanggal di smartphone.


Ukuran Fisik SmartBand Fitness Tracker i5 Plus 


SmartBand Fitness Tracker i5 Plus ini mempunyai dimensi panjang 42mm x lebar 18,7 x tebal 8 mm yang cukup nyaman untuk dipakai, Pengait strap nya terbuat dari karet resin yang cukup kuat untuk digunakan sehari hari. Selama seharian dipakai smartband mengikat dengan erat.

Notifikasi :
Notifikasi yang dapat ditampilkan antara lain adalah Facebook, Twitter ,Whatsapp , Skype , Telepon dan SMS. Khusus untuk sms akan ditampilkan isinya penuh namun untuk aplikasi lainya hanya ditampilkan pengirimnya saja beserta nomornya bila tidak dikenali.


Daya Tahan Battery
Smartband ini menggunakan kapasitas battery hanya 75 mAH. Daya tahan battery dapat bertahan selama 4-5 hari bila tidak terkoneksi dengan smartphone namun bila dihubungkan dengan smartphone daya tahannya hanya 3 hari saja. Smartband akan penuh di charging dalam waktu 1 jam saja bahkan kurang. Perangkat dapat di charging melalui USB di Laptop ataupun via Powerbank namun disarankan untuk men charging dengan arus maximum 1A saja. Untuk mencharging body smartband nya harus dilepas dahulu dari strap rubbernya sehingga akan tampak body dengan lcd nya saja dan juga konektor USBnya,



Cara Control
Smartband ini dicontrol dengan melalui layar sentuh dan juga gesture untuk menggunakan jam tangan jadi dalam posisi layar mati dapat mengetuk 2 kali atau menggerakkan tangan ke hadapan wajah persis seperti kalu kita melihat jam tangan konvensional. Oh ya Smartband ini juga memiliki ketahanan air atau waterprrof dengan sertifikasi IP67.

OTA Update
Wearable ini disertai dukungan OTA update sehingga fitur apapun nantinya akan ditambah kan melalui update firmware khusus untuk perangkat ini. Contohnya aplikasi BBM yang sekarang ini belum mendukung untuk notifikasi mungkin suatu saat akan ditambahkan melalui update firmware.Untuk mengupdate firmware juga menggunakan aplikasi Zeroner yang ada di Google Play Store.


Kesimpulan 
Perangkat Wearable ini sangat membantu untuk mempunyai jam tangan secara unik,disamping berfungsi sebagai jam tanagn fitur fitur menariknya dapat digunakan untuk keperluan sehari hari contohnya bila kita mengendarai sepeda motor jika ada penelpon atau sms dari orang penting dan sepertinya menghasilkan uang maka kita akan cepat tahu dan perlu diketahui untuk secara hati hati menggunakannya dijalan. Alangkah baiknya menepi terlebih dahulu bila ada notifikasi panggilan telepon atau sms dari orang penting. Fitur olahraganya sangat membantu bagi mereka yang suka berolahraga cocok untuk digunakan untuk Guru Olahraga ataupun personal.

Kelebihan 
  • Simpel dan cukup tipis
  • Daya tahan Battery 5 hari
  • Pengaitnya cukup kuat karena lapisan Rubber nya merupakan campuran resin
  • Pengisian Battery Cepat dibawah 1 Jam
  • Otomatis tersambung ke smartphone bila Blueetoh di smartphone aktif
  • Layar Sentuh responsif
  • Harga Cukup Murah dipasaran Yakni Rp 399.000
Kekurangan
  • Belum Mendukung BBM
  • Tidak dapat menampilkan Full Pesan di Aplikasi SosMed
  • Chargingnya melepas dari strap tali cukup ribet dan mudah longgar
  • Tidak dapat menerima panggilan telepon
  • Tidak mempunyai Speaker
  • Tidak dapat mengontrol aplikasi Music Player

Poskan Komentar Blogger

 
Top