TeknoPlace.Com - Google resmi merilis versi baru Android 6.0 beberapa waktu lalu namun tidak semua orang tahu semua fitur fitur terbaru Android 6.0 Marshmallow.Ada 3 fitur penting yang tersembunyi di Android 6.0 yang dirilis untuk versi Nexus dan Android One tetapi ada fitur yang dipangkas untuk Android One. 3 Fitur tersembunyi itu adalah diantaranya adalah :

System UI Tuner
System UI Tuner mempunyai fungsi untuk mengkustomisasi menu yang ada di status bar dan juga drop down menu sehingga dapat menambahkan angka persentase battery di logo ikon Battery dan berfungsi juga untuk merubah menu drop down sesuai selera pengguna. Untuk mengaktifkannya adalah tarik pull down notifikasi kebawah dan tahan ikon logo setting beberapa detik dan lepaskan maka akan muncul notifikasi bahwa system ui tuner telah aktif.



File Explorer
File Explorer adalah aplikasi untuk mengatur semua file yang ada di Internal memory smartphone pengguna. Semua jenis format file akan diatur di aplikasi File Explorer yang dapat digunakan untuk menghapus file , rename dan mengatur sesuai pengguna. menu ini dapat diatur melalui menu Setting - Storage & USB dan scroll ke bawah ke menu Explorer.


Mutiwindows
Fitur ini berfungsi membagi layar menjadi 2 buah tampilan yang berbeda sehingga pengguna dapat menampilkan jendela aktif sesuai yang diinginkan. Seperti contoh pengguna dapat membuka aplikasi facebook dan youtube dalam 1 layar smartphone yang terbagi dalam 2 bagian. Tampilan multiwindows juga dapat berjalan pada posisi layar landscape. Fitur ini harus diaktifkan menggunakan akses root dengan merubah atau mengedit build.prop dengan root explorer tau dapat menggunakan ES Explorer dengan cara sebagai berikut :
  • Masuk ke folder Root dan pilih System
  • Aktifkan pilihan Read/Write agar dapat di edit.
  • Cari dan backup file build.prop sebelum di edit di folder lain.
  • Buka build prop dengan text editor dan tambahkan script ini " persist.sys.debug.multi_window=true " di paling bawah. kemudian save dan reboot
  • Lihat gambar dibawah




Untuk mengaktifkan Multiwindow Masuk ke Setting-Developer Option dan Enable Multiwindow.
Namun apabila menu developer option tidak tersedia maka caranya adalah mentap atau klik berulang ulang sampai 7 kali menu About phone yang ada di menu setting paling bawah hingga muncul notifikasi " You’re a developer / Selamat anda developer sekarang "
Untuk memilih jendela multiwindow tekan menu recent apps ( Nav bar Kotak ) atau multitasking dan pilih 2 aplikasi yang ingin digunakan untuk multiwindow dan klik pada menu di lingkaran merah gambar dibawah ini. Kini anda sudah mendapatkan fitur Multiwindow.





Poskan Komentar Blogger

 
Top