TeknoPlace.Com - 100 Juta lebih penduduk Indonesia mengakses internet setiap harinya,koneksi internet sangat membantu kehiduapn manusia salah satunya adalah jalan untuk mencari uang atau mmebangun usaha atau bisnis lainnya yang terhubung ke Internet. Menkominfo baru baru ini meresmikan kerja sama dengan Google dengan program Balon raksasa nya yang akan mengantarkan sinyal internet ke seluruh wilayah Indonesia. 


Belum disebutkan wilayah mana yang akan dilakukan ujicoba lebih dulu namun yang pasti Indoensia Timur akan menjadi prioritas karena wilayah Timur sangat sulit dijangkau untuk meratakan akses Internetnya. Program ini masih pembahasan awal sebagai program inisiatif Kesepakatan tiga operator dengan Google ini masih berupa kerja sama uji teknis. Jadi belum ada pembicaraan soal komersialisasi nantinya.
Kesepakatan ini didukung oleh 3 Operator besar Indosat, Telkomsel, and XL Axiata sebagai penyedia jaringan telekomunikasinya. Balon raksaa Google atau Project Loon akan berfungsi menjadi menara telepon seluler terbang atau BTS dengan jangkauan radius 40 km dan askan di salurkan kebawah. Balon raksaa Google akan terbang di ketinggian 20 Km diatas permukaan tanah atau 10km lebih tinggi dari lalu lintas pesawat jadi tidak akan menggangu lalu lintas penerbangan udara. Dalam proyek ini CEO Google Sergey Brin berkata bahwa " Dalam waktu beberapa tahun ke depan, kami berharap Project Loon dapat bermitra dengan penyedia lokal untuk membangun koneksi Internet berkecepatan tinggi berbasis LTE agar dapat menghubungkan lebih dari 100 juta penduduk yang belum terhubungi—kecepatan ini baik untuk situs-web, menonton video, dan melakukan pembelian online. Dari Sabang sampai Merauke, banyak dari masyarakat ini tinggal di wilayah tanpa infrastruktur Internet yang sudah ada saat ini, jadi kami berharap Internet bertenaga-balon ini dapat suatu saat nanti membantu mereka agar memiliki akses informasi dan kesempatan yang ada di Internet.
Google memang sangat ingin semua orang di Dunia terhubung di Internet untuk itu Google juga membantu untuk merilis smartphone murah Android One yang merupakan teknologi baru dengan harga terjangkau bahkan Indonesia sebagai pengguna internet mobile terbesar di dunia akan sangat terbantu dengan program program dari Google tersebut.


Poskan Komentar Blogger

 
Top