TeknoPlace.Com - Akhir tahun 2015 dipastikan refarming frekuensi 4G dari 900 ke 1800 Mhz ditargetkan selesai 100% yang sekarang tengah dikerjakan refarmingnya di Pulau Jawa yang sebelumnya telah selesai di bagian Indonesia timur, kemudian refarming akan masuk ke area barat, khususnya Pulau Jawa, dan akan berakhir di Jakarta pada 23 November.
Dengan selesai nya jaringan 4G di frekuensi 1800 Mhz Rudiantara selaku Menkominfo menjanjikan bahwa akan ada smartphone murah 4G dari vendor global  yang menghargai dibawah 1 Juta. Cukup mengejutkan pasalnya belum ada vendor global manapun yang menjual dengan harga semurah itu untuk saat ini padahal vendor lokal Polytron saja menjual ponsel 4G nya masih diatas 1 juta yaitu tepatnya Rp 1.1 Juta.
Rudiantara belum mengungkap dari vendor mana yang akan menjual smartphone 4G pada awal bulan nantinya namun dengan lahirnya frekuensi 4G ini Rudiantara akan menargetkan bahwa ponsel 4G nantinya akan dijual dengan harga sekitar 600 Ribuan sehingga akan diikuti oleh vendor vendor global ataupun lokal lainnya.
Frekuensi 4G 1800 Mhz nantinya akan di gunakan oleh 5 operator besar yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat, dan Hutchison 3,sedangkan operator Smartfren dan Bolt berjalan pada frekuensi 2300 Mhz.
Menteri Rudiantara juga berharap para vendor nantinya memberikan kontribusi lebih besar untuk Indonesia melalui kebijakan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang dipatok 30% untuk setiap ponsel 4G yang dipasarkan pada awal 2017 nanti. Dengan TDKN tersebut maka nantinya persentase Impor pun akan semakin sedikit karena beberapa komponen termasuk software nya pun akan memenuhi kandungan lokal sesuai peraturan Kominfo.

Poskan Komentar Blogger

 
Top