TeknoPlace.Com - 

Baru saja Xiaomi melaporkan penjualan Mi Band mereka sudah mencapai 6 juta unit, ini artinya Mi Band menguasai 24.6% dari seluruh pasar wearable. Hanya saja ini kurang representatif karena wearable Mi Band bukan smart watch. Ini hanyalah sebuah gelang pelacak aktivitas alias activity tracker. Meski demikian produk ini sangat menarik karena harganya yang benar-benar terjangkau. Bahkan mungkin setara dengan pedometer yang bisa Anda beli di Gramedia. Nah daripada beli pedometer mending beli Mi Band dong. Ya kan?

Apaan sih Mi Band?

Mi Band adalah gelang canggih yang bisa merekam aktivitas Anda sehari-hari. Dan hanya 2 aktivitas yang direkam yaitu:
- Aktivitas jalan alias pedometer, setiap Anda melangkah maka angka pada layar ponsel Anda akan bertambah. Nah dengan perhitungan matematis nantinya langkah kaki bisa menentukan perkiraan kilometer yang sudah Anda jalani dan jika kilometer sudah tahu maka perkiraan pembakaran kalori juga bisa ditampilkan.Semudah itu. Jadi Pedometer >> Jarak >> Kalori.
- Aktivitas kedua yang direkam adalah aktivitas tidur. Tapi ingat tidur disini yang dihitung adalah tidur malam, Mi Band tidak mampu merekam tidur siang. Namun kemampuannya canggih juga, bukan hanya sekedar waktu tidur yang direkam tapi juga Deep Sleep alias tidur pulas berapa lama juga bisa direkam. Bahkan Mi Band bisa merekam waktu Anda bangun seketika saat tidur semisal pergi buang air kecil lalu tidur lagi, Mi Band bisa merekam dan memisahkannya dengan warna bar jingga. Keren kan?

Mungkin Anda menginginkan sensor jantung alias Heart Rate Monitor, Mi Band tidak bisa melakukannya jadi pastikan informasi yang Anda dapatkan jika pakai Mi Band hanya jalan dan tidur. Juga perhatikan beberapa hal dibawah ini:
- Mi Band bisa digunakan pada semua jenis Android tapi ingat versi Android minimal harus Kitkat. Serta bluetooth yang digunakan pada hape Anda haruslah Bluetooth LE alias Low Energy. Bagaimana bisa tahu? Installah ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=check.energy.low.bluetooth&hl=en jika muncul tanda silang hape Anda tak akan bisa konek ke Mi Band. Jangan beli!
- Mi Band adalah gelang yang sebenarnya bekerja sendiri, artinya tidak perlu terus-terusan konek dengan hape, semisal Anda pergi jogging tapi lupa bawa hape, gak masalah, Mi Band ada internal memory untuk menyimpan aktivitas Anda dan nanti saat pulang bisa disync dengan ponsel.
- Khusus Anda pemakai ponsel Xiaomi pastikan MIUI yang digunakan adalah versi stable global, jika pakai ROM beta China, Anda tidak mendapatkan fitur sync dengan Google Fit. Saya pakai ROM cina jadinya gak bisa review sync Google Fit.
- Software perlu diinstal di ponsel namanya Mi Fit

Beberapa fitur menarik lainnya adalah:
- Harga terjangkau Rp225.000 seluruh Indonesia sama harganya karena sudah dijual resmi di web Xiaomi :)
- Hampir tidak mempengaruhi pemakaian baterai ponsel (saking kecilnya daya yang digunakan)
- Meski Mi Band memakai koneksi bluetooth tapi tidak mengganggu kirim/terima file yang juga melalui bluetooth
- Ketahanan baterai sadis, pemakaian 5 hari baterai masih 84%, total baterai bisa 30 hari.
- Bisa dipakai untuk meng-unlock phone, jadi gak perlu sering-sering masukkan pattern/password saat buka hape (mungkin hanya untuk MIUI)
- Bisa bergetar, getaran/vibrate bisa diperuntukkan Alarm, SMS, Telepon dan Find Band.
- Hasil aktivitas bisa dishare ke sosmed.
- Semua serba otomatis, Anda hanya cukup charge full Mi Band, pakai dan lupakan. Karena pemakaian sehari-hari tidak perlu menekan apa-apa.
- Tahan air, sudah dites dipakai buat mandi 5 hari berturut-turut gak masalah.
- Bahan yang dipakai cukup nyaman dan aman, sudah melalui tes alergi kulit
- Ada 3 lampu LED yang bisa diatur warnanya.
- Ada fitur menghitung lompat tali (rope jump/skipping) dan sit up, tiap kali lompatan atau sit up akan dihitung dan hape Anda akan bunyi, ting, ting, ting....
.
Sisi kelemahannya:
- Software yang kurang stabil, sempat beberapa gak bisa sync terutama setelah menjauh antara Mi Band dan ponsel, cara solusinya cukup close app Mi Fit lalu jalankan lagi, baru connect.
- Jarak bluetooth LE gak sejauh bluetooth biasa
- Software banyak fitur gak jalan, menurut info app bisa sync ke Google Fit tapi ternyata gak ada menunya, ada fitur add friends juga gak pernah bisa menambah teman, Route Tracker untuk merekam rute aktivitas selalu melenceng dari posisi start pertama, sepertinya selalu terbaca start di pabrik Xiaomi di Cina. Jadinya hanya jalan 1km tapi terbaca sampai ribuan kilometer disebabkan posisi start yang keliru. Jadi fitur route tracker adalah percuma saja.
- Menurut manual ada fitur target dengan ditandai nyala LED, Saya set target sehari harus jalan 8000 langkah. Jika sudah capai 1/3 dari 8.000 maka 1 lampu LED akan nyala, jika sudah 2/3 maka 2 lampu nyala dan jika sudah capai 8000 langkah kaki maka 3 LED nyala, tapi Mi Band saya gak pernah nyala meski sudah capai 1/3 sampai 3/3 target. Padahal kalau SMS/telepon masuk nyala.
- Strapnya kecil dan hanya mengandalkan 1 lobang penahan, meski belum pernah terlepas tapi saya rasa cukup ringkih dan berpeluang besar kehilangan gelang ini jika melakukan aktivitas berat atau di tempat keramaian misal di angkutan umum (tersenggol-senggol/ketarik)
- Tidak ada suara, fitur mencari Band hanya menggetarkan Band, meski getaran cukup kuat tapi jika berada di permukaan lunak seperti sofa empuk, suara lebih berguna daripada getaran.
- Mi Band tidak menarik jika Anda sudah punya smart watch atau activity tracker lainnya yang lebih mahal karena fitur Mi Band pasti ada juga di perangkat lain.
- Gelang ini sebaiknya dilepas saat mandi karena jika dipakai mandi gelang ini berpotensi menjadi lembab dan menyebabkan kulit menjadi gatal, jadi jika terkena air disarankan segera lap gelang hingga kering.
- Perhitungan Pedometer terasa mengada-ngada, karena meski gak jalan tapi hanya mengayunkan lengan, steps tetap dihitung dan bahkan sempat selama 2 jam berkendara sepanjang jalan pantura yang tidak mulus juga dihitung steps lumayan banyak.
- Fitur backup hanya tersedia untuk user di China, Anda yang tidak tinggal di China siap-siap harus memastikan jangan sampai uninstall aplikasi Mi Fit, bisa-bisa data yang sudah terekam berhari-hari atau berbulan-bulan hilang begitu saja karena tidak ada sarana backup/restore. Sebenarnya ada fitur backup namanya Healthlink lagi-lagi hanya untuk user yang tinggal di mainland China.
- Alat charge jangan sampai hilang karena colokannya khusus, tanpa alat charger maka Mi Band tidak bisa dipakai lagi jika baterai sudah habis.
- Sudah ada kabar burung Xiaomi sedang merancang Mi Band 2 dengan fitur NFC dll yang lebih canggih, kalau benar, keterlaluan karena Mi Band baru diluncurkan di Indonesia 1-2 bulan ini, artinya sangat terlambat dari sejak peluncuran di negara asalnya China. Benar-benar short lifetime usage nih gelang. Jangan-jangan Mi Band Indonesia adalah gelang sisaan dari negara asalnya yang sudah hampir outdated :)
.
Berikut penampakan foto Xiaomi Mi Band:
Kotak Mi Band

Kotak tampak belakang

Mengiris segel

Unboxing

Unboxing

Isi kotak

Manual

Manual

Alat charge

Alat charge

Alat charge

Gelang tampak samping

Tampak depan

Tampak samping

Tampak bagian strap

Keseluruhan kelengkapan

Gelang warna hitam

Gelang

Module activity tracker

Tampak samping

Tampak bawah

Bagian konektor untuk charge

Perbandingan besaran dengan SIMcard biasa

Pasang di charger

Tekan sampai habis

Siap dicharge

Charger tampak belakang

Saat dipakai

Saat dipakai

Saat dipakai

Saat dipakai

Perbandingan dengan Casio GA-100

Perbandingan dengan Casio GA-100

Tes di dalam air

Waterproof

Waterproof

Waterproof

Instal aplikasi Mi Fit

Harus pairing dulu

Pilih Mi Band

Mi Band not found

Ternyata harus dicharge dulu

Kedipan saat charge

Lampu indikator 

Baru bisa dipaired setelah charge

Sudah mulai pairing

Sentuh bagian logam pada Mi Band untuk konfirmasi pairing

Tekan bagian metal saat kedip-kedip seperti ini

Begitu konek langsung Mi Fit mengupdate firmware Mi Band

Updating

Halaman awal

Halaman utama

Info steps (masih kosong)

Info berat badan

Informasi tidur

Menu

Settings

Atur warna LED

Settings

Mengatur tangan kiri / kanan gelang berada

Pengaturan unlock lock screen

Pengaturan unlock lock screen

Pengaturan unlock lock screen

Pengaturan vibrate saat telepon masuk

Pengaturan vibrate saat alarm bunyi

Pengaturan vibrate saat SMS masuk

Pengaturan notifikasi

Informasi progress

Lampu nyala saat target langkah kaki tercapai

Low bat juga akan nyala

Pengaturan alarm

Pengaturan profile

Pengaturan profile

Fitur tambahan untuk sit up dan skipping

Jumping rope

Sit up

Pengaturan unit

Route tracker

Route tracker

Friends

Friends

Accounts

Accounts

Share

Bisa buat unlock hape

LED warna biru

LED warna kuning

LED warna hijau

LED warna merah

Informasi tidur setelah pakai 6 hari

Informasi tidur


Informasi tidur

Informasi tidur

Informasi tidur

Informasi jalan

Informasi jalan


Kesimpulan:
Setelah mencoba beberapa hari fitur paling menarik justru adalah fitur tidur karena bekerja dengan sangat baik, untuk jalan sebenarnya oke juga hanya saja informasi jalan masih belum seakurat dibandingkan informasi tidur. Meski demikian jika Anda memang suka olahraga Mi Band ini adalah gelang paling terjangkau yang bisa ditemui di pasaran. Tidak semua orang sudi mengeluarkan uang berjuta-juta hanya untuk merekam kegiatan olahraga tapi bisa saja banyak orang merem aja kalau harganya seperti Mi Band ini. Sayangnya hanya Mi Band yang benar-benar bisa memberikan harga terbaik. Kalau saja produk lain seperti Nike, Garmin, Suunto, Fitbit dll bisa mengeluarkan produk di harga Rp200rban kurasa Mi Band bakal menghadapi kesulitan, namun kenyataannya hanya Mi Band yang berkuasa sendiri di pasar wearable termurah. Jadi jika Anda pemula dalam gadget wearable, beli saja deh karena harganya tidak akan mempengaruhi finansial Anda :)
Meski belum ada laporan Mi Band palsu, tapi disarankan membelinya di website Xiaomi, selain pasti asli juga kualitas lebih terjamin, yang terdengar malah ada yang jual karet gelang murahan yang mungkin kualitasnya sudah tak sama dengan asli.
Kalau pihak Xiaomi membaca ini, kusarankan produk berikut gunakan bahan resin seperti pada jam tangan Casio karena resin tidak menyebabkan gatal dan tidak mengeluarkan bau khas karet jika tercampur keringat.
.

Spesifikasi:

My other posts:



Smart Phone Android



Poskan Komentar Blogger

 
Top